yan raditya
IndoForum Addict E
- No. Urut
- 163658
- Sejak
- 31 Jan 2012
- Pesan
- 24.461
- Nilai reaksi
- 72
- Poin
- 48
Namun, kini ia mengatakan tidak tahu apakah bus-bus tidak bisa masuk karena desain terminal atau sengaja tidak mau masuk.
"Mereka (Dinas Perhubungan dan Transportasi) rencananya mungkin mau bongkar salah satu gedungnya agar lebih luas, tapi kalau dibongkar lebih luas pun tetap akan susah. Nah, saya enggak tahu ini tuh apa sengaja bus enggak mau masuk danngetem di luar karena kan bus memang enggak suka masuk (ke terminal). Dia lebih suka ngetem di luar karena ada setoran," kata Basuki, di Balai Kota, Kamis (28/5/2015).
Oleh karena itu, pihaknya harus mempelajari terlebih dahulu letak kesalahan pembangunan gedung ini. Menurut Basuki, tidak hanya konsultan yang salah merancang desain konstruksi Terminal Rawamangun, tetapi bisa jadi oknum Dishubtrans DKI yang "bermain mata" dengan konsultan.
"Makanya, kami akan pelajari secara hukum, kami bisa menang enggak," kata Basuki.
Basuki mengaku tidak memahami secara teknis pembangunan dan perbaikan Terminal Rawamangun. Hal ini mengingat terminal itu terdiri dari tiga jalur bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan 1 jalur bus DAMRI khusus dari bandara. Selain itu, di jalur untuk angkutan kota, ada jalur sempit dan menanjak dengan kelokan tajam menukik.
Mantan Bupati Belitung Timur ini juga membeberkan bahwa perencanaan revitalisasi Terminal Rawamangun tersebut dilaksanakan pada masa jabatan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Priastono. Terminal Bus Rawamangun ini dibangun oleh kontraktor PT Jaya Konstruksi dengan konsep Mezanine pada Agustus-Desember 2014.
"Itu bus-bus AKAP bukan baru muncul setelah ada terminal. Sama kayak kamu punya burung merpati, tapi baru bikin kandangnyagitu lho, terus burungnya enggak bisa masuk kandang. Nah, itu yang salah siapa? Desain sarang kandangnya dong. Saya mesti pelajari dulu secara hukum," kata Basuki.