• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Berita Ada Pilot Tak Tahu Cara Mendaratkan Pesawat

L999

IndoForum Junior E
No. Urut
44983
Sejak
31 Mei 2008
Pesan
1.587
Nilai reaksi
38
Poin
48
o9LYrYXCyB.jpg


PARIS - Bayangkan bagaimana reaksi penumpang pesawat yang sedang mengangkasa di ketinggian 30.000 kaki, saat pilotnya mengumumkan "Maaf, saya tidak punya kualifikasi mendaratkan pesawat ini".

Yang jelas mereka pasti shock. Ini terjadi Selasa lalu saat pilot pesawat milik maskapai Flybe akan mendaratkan pesawat berpenumpang 80 orang itu di bandara internasional Charles de Gaulle Paris Prancis.

Seperti diberitakan Daily Mail, Kamis (18/12/2008), sang pilot sudah berpengalaman selama 30 tahun lebih. Namun dia mengaku baru kali ini menerbangkan pesawat jenis fog.

Setelah mengumumkan dia tidak bisa mendaratkan pesawat, ia membalikkannya ke bandara Cardriff, tempat di mana pesawat take off yang jaraknya 480 km lebih.

Seorang penumpang Cassandra Grant menceritakan, sang pilot mengeluarkan pengumuman "Sayang, saya tidak bisa mendaratkan pesawat ini di Paris, jadi kami harus kembali lagi ke Cardriff". Pengumuman itu disampaikan 20 menit sebelum mendarat di Paris.

Grant dan penumpang lainnya di pesawat dengan nomor penerbangan BE1431 itu akhirnya mendarat 3 jam kemudian di bandara internasional Cardriff pada Selasa pagi waktu setempat.

Untungnya, saat mendarat di Cardriff, jalur pendaratan tidak sibuk sehingga dapat mendarat dengan aman. Grant mengatakan, semua penumpang kecewa dan berkelakar seharusnya pilot mengatakan "Maaf, Anda (pilot) dapat menerbangkan pesawat ini, namun tidak bisa mendaratkannya".

Sementara juru bidara maskapai Flybe mengatakan, pilot yang disembunykan identitasnya itu baru saja ditransfer menerbangkan pesawat ke jenis Bombardier Q400. Dia menambahkan pilot juga tak bisa didaratkan oleh asistennya karena tidak memiliki kualifikasi untuk mendaratkan pesawat.

Keputusan pilot tersebut dianggap positif oleh otoritas penerbangan sipil Prancis Civil Aviation Authority (CAA). "Tindakannya dengan membatalkan pendaratan di Paris sudah benar," kata juru bicara CAA. Dia menambahkan, jika sang pilot memaksakan mendarat di Paris, dia bisa ditangkap.

"Ini tidak sama seperti mengendarai mobil yang masih sempat melihat buku panduan. Seorang pilot tidak mungkin melakukan itu di ketinggian 12.000 kaki dan ada 100 penumpang di belakangnya," paparnya.

Sementara seorang konsultan penerbangan Simon Gill mengatakan, kesalahan pilot itu adalah mengumumkan kalau dia tidak bisa mendaratkan pesawat. Namun jika dia mengatakan, pesawat tidak bisa mendarat karena cuaca buruk, mungkin tak ada orang yang meragukannya.
 
swt.. udah jujur masih dimaki2 aj y???

uda bagus dia jujur.. masih diprotes juga...
 
swt.. udah jujur masih dimaki2 aj y???

uda bagus dia jujur.. masih diprotes juga...

menurut gw itu wajar,karena gk byk org tw kalo pilot itu butuh sertifikat untuk mendarat...kalo gw dlm situasi itu,gw jg marah krn gw baru tw soal ini.../wah
 
beritanya kurang lengkap
Jumat, 19/12/2008 10:53 WIB
Wah... Pilot Mengaku Tak Penuhi Syarat Untuk Mendaratkan Pesawat!
Rita Uli Hutapea - detikNews

AFP
London - Sebuah pesawat penumpang Inggris terpaksa balik ke landasan padahal hanya beberapa menit lagi akan mendarat di Paris, Prancis. Gara-garanya, pilot mengaku tak memenuhi syarat untuk mendaratkan pesawat di tengah kabut tebal.

Juru bicara maskapai Inggris, Flybe menerangkan, saat akan mendekati Bandara Charles de Gaulle di Paris, pilot mengumumkan kepada para penumpang bahwa dirinya tak memiliki persyaratan untuk mendaratkan pesawat di Paris tersebut. Pesawat pun kembali ke Cardiff, Inggris.

Dikatakan juru bicara tersebut, sang pilot merupakan penerbang berpengalaman dengan lebih dari 30 tahun pengalaman aviasi komersial dengan menerbangkan sejumlah tip pesawat yang berbeda.

Namun diakuinya, pilot yang tak disebutkan namanya itu, belum menyelesaikan pelatihan visibilitas rendah yang disyaratkan untuk melakukan pendaratan dalam kondisi seperti kabut tebal yang terjadi di Charles de Gaulle, Paris.

"Karena itu kapten telah bertindak benar dengan memutar balik pesawat dan kembali ke Cardiff," ujar juru bicara tersebut. "Keputusan itu didukung perusahaan 100 persen," imbuhnya seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (19/12/2008).

Seorang penumpang, Cassandra Grant mengaku ketinggalan wawancara kerja di Paris gara-gara hal itu.

"Dua puluh menit sebelum Paris, kapten bilang: sayang sekali saya tidak memenuhi syarat untuk mendaratkan pesawat di Paris. Mereka meminta level dua untuk kualifikasi dan saya cuma punya level lima. Kita harus kembali," cerita Grant pada koran South Wales Echo.

Grant mengaku sangat terkejut. "Seandainya saya tidak di pesawat, saya tak akan mempercayai ini," katanya.

Otoritas Aviasi Sipil Inggris menggambarkan insiden itu "cukup aneh namun bukan tak pernah terdengar."

"Saya kira awalnya saat lepas landas dia berpikir bahwa kondisinya akan sesuai untuk dia mendarat," kata juru bicara Otoritas Aviasi Sipil Inggris.(ita/iy)

drpada jatoh ?? luw tanggung ??
 
tuh kan salah satu bukti.....

coba kl Orang indonesia yg jd pilotnya...

gw jamin...pasti isi komentarnya cuma ngJelek2in / mencaci maki deh....
 
kirain tu berita dr indonesia n maskapai indonesia?

coba pke pilot dr indonesia? ban gundul ja berani kq menerbangkan n mendaratkan pesawat
 
waduh
ni sala pihak yg minda in dya dunk
aruz na kan d beri pe lati an dulu
 
Nyang bloon perusahaan penerbangannya, masak pilotnya kagak diteliti dulu crazy face dah !!!!
 
wele koq bsia gitu ya.... cari sensasi nie hehehe
 
lho kok bisa gitu ya.. aneh. seharusnya Pilot yang sudah bisa takeoff dengan menggunakan aircraft yang dipakai, seharusnya juga bisa landing, kok bisa2nya pilot takeoff menggunakan pesawat yang dia tidak mumpuni untuk mengontrolnya, anehnya lag,i airlines yang bersangkutan, tidak membuat flight planning yang tepat, kok nggak ada correction sama pilot yang bakal terbang, klo nggak bisa landing yah... jangan dipakai donk Pilot yang tidak berkompeten, klo gw jadi penumpangnya gw bakal marah2 sama maskapai nya bukan sama pilotnya, trus gw minta diterbangin lagi pake Pesawat concorde dengan first class, n gratis
 
aneH" aJh nih..
bisa nerBaNgin nda isa ndaRaTin..

--"

awkawkawk~
 
ahahhahahaha

setju gw ama nih pilot..
pinter...

tapi..
terlalu jujur..
/heh /heh

kalo gw jadi pilotnya mending balik lagi..
sama kek dia.

mending slamet daripada celaka..
nyawa 80 orang di tangan broww..
seremm akh..
/heh /heh
 
ini gimana sih...?! kok bisa kayak gini...??

parah banget...!!
 
emangnya tombol2 di kokpit pesawat tu beda2 ya?!?
kalo motor mau jenis apapun kan cuma gitu2 aja...
 
wkwkwkw br liat yg kyk gini ... cita2 ge neh jadi pilot =)) skrg bnyak pilot bodong loh.. gw di ceritaain salah satu pilot Garuda =))
 
kayanya mungkin waktu lg tranning tuh pilot ketiduran:D
 
wah kacau baru liat yg kyk kitu :D hahaha... pilot bodong :D
 
hmm jujur juga pilot nya, salut gw sama pilot tapi mungkin seharusnya dia bilang sebelum takeoff? agar diganti pilotnya, gimana si ni maskapai penerbangannya, ga dicek dulu, untung pilotnya berani jujur dan balik arah ke Cardiff, coba kalo pilotnya ga berani jujur, beh yang disalain pilot apa maskapai penerbangan ya 80 orang tewas?
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.