• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

3 Diduga Langgar UU Anti Monopoli

p0peye_let0ye

IndoForum Newbie A
No. Urut
14025
Sejak
12 Apr 2007
Pesan
287
Nilai reaksi
22
Poin
18
Jakarta, Hutchison CP Telecommunication Indonesia (HCPT) sebagai operator seluler 3 (three) diduga melanggar Undang-Undang Anti Monopoli karena menerapkan tarif SMS Rp 0 antar sesama pelanggannya.

Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Dr. Ir. Bambang P. Adiwiyoto, M.Sc, menyebutkan dugaan pelanggaran tersebut mengacu pada UU No. 5/1999 Pasal 20 tentang Praktek Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Pasal itu menyebutkan, pelaku usaha dilarang memasukan barang dengan jual rugi atau menetapkan harga yang sangat rendah dengan maksud untuk menyingkirkan atau mematikan usaha pesaingnya di pasar bersangkutan sehingga dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat.

Bambang mengatakan praktek tarif SMS Rp 0 tersebut dikhawatirkan menjadi predatory pricing alias 'pemberian harga yang mematikan persaingan'. BRTI, ujarnya, telah memanggil Hutchison pada 20 Mei 2007 lalu dan mengimbau agar tarif tersebut diubah, minimal sama dengan daftar penawaran interkoneksi Rp 38.

"Bukan gratisnya yang jadi permasalahan, tapi dengan harga Rp 0 Hutchison yang sudah besar di pasar internasional bisa saja menjadi posisi dominan nantinya dalam jangka menengah dan panjang begitu operator pesaingnya di Indonesia bertumbangan. Setelah itu mereka bisa saja mengenakan tarif tinggi seenaknya karena monopoli," jelas Bambang.

Namun demikian, menurut Bambang, Hutchison menganggap tindakan pemasarannya tidak akan mematikan operator yang lain karena pihaknya bukan operator dominan (incumbent). "Walau mereka bukan incumbent, tapi pemodal internasional mereka kuat sehingga berpotensi memicu monopoli di kemudian hari," ujarnya.

"Saya sudah bilang ke mereka, jika dalam waktu sebulan setelah pertemuan (hingga akhir Juni 2007) tarif tersebut tidak diubah, maka BRTI akan melaporkan kasus ini pada KPPU," Bambang menandaskan.
 
cengli lah dikira pinter kale ga ngikutin dunia persaingan, malah langsung ngambil jalan pintas....ck ck ck

ini salah satu langkah praktis mentang2 sumber dah ada tapi ga liat2 sekelilingnya dulu....

tp peraturan dibuat utk dilanggar, hehe so gw rasa mereka dah gain nama yang "mayan cepat" ketimbang saingannya yg cere2, betul ?
 
aku cinta XL...hehehe...

3 emank parah sih bikin persaingan ngak sehat aja...
 
gila juga sih masa SMS sesama 3 Rp 0 Rupiah gila aja /swt /swt gimana ga mau timbang eh tumbang tuh operator lain...
tapi gw masi demen mentari sama telkomsel huehehe
 
sms Rp. 0 apa salah?
bukankah itu trik menarik customer?
 
salah dunk..kan itu jual rugi...diatas disebutkan kalo nili minimal interkoneksi Rp. 38....ini bisa bikin persaingan ngak sehat...hehehe
 
Just wait n see....
BTW kota-kota mana aja se yang udah support jaringan 3 ini?
 
yey...Namanya operator baru....Mo narik minat konsumen...Promosi kayak gitu kan bole2 aja.....Kecuali kalo itu operatornya uda taunan di Indo...Trus tiba2 menetapkan harga rendah (Jual rugi) nah itu yang jadi masalahnya....

Lagian dulu XL (Jempol) n kartu AS juga pernah ada SmS gratis kan??
Koq mereka gak diprotes yach?? /hmm
n setaw gw yg SmS gratis itu juga gak selamanya koq......

lagian kalo perusahaan baru lagi promosi uda mao meraup omset yang setinggi-tingginya tanpa promosi....gw yakin pasti tuh perusahaan bakalan cepet bangkrut d.....

Itu pendapat gw doank sich (Soalnya 3 kan masih baru masuk di Indo kan?)
 
asala ada jangka waktunya tarif 0 itu sampe kapan sih g mslh
asal jgn pas dy udah lama di indo trz2an 0 tarifnya tiba2 naeQ jadi 350 /swt kan itu bner2 monopoli d /swt
 
salah dunk..kan itu jual rugi...diatas disebutkan kalo nili minimal interkoneksi Rp. 38....ini bisa bikin persaingan ngak sehat...hehehe

tapi lihat dulu, kan ada jangka waktunya :D
selama masa promosi adalah saat2 dimana produsen menarik konsumen besar2an
 
selama itu ga dipegang ama pemerintah dengan UUD tentang perekonomiannya yang berbunyi ( semua hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara).. Gw kira akan damai aja
ga bakal selamanya dia bakal mau rugi
kalo dia naekin harga atau mau monopoli ya pindah operator
gitu aja kok susah
 
ya namanya juga promosi.
kalo lihat Esia yg iklan nya make si "Ringgo" itu khan juga menjatuhkan operator lain tujuannya
so,....... yg namanya promosi, siap2 aja ada yg sakit/tidak sehat /gg/e4
 
hmmm rp o buset deh ah tp gue ga minat tuh ama 3 gue masih cinta ama indosat /kis /kis /kis
 
i Lupx XL..
mnurut g ga salah sih 3 bikin gituan,tapi jaringan mendukung ga?
As ma xL kan jg lg ngadain promo sms gratis..
Ini sih ulah pesaing 3 aja yg bikin brita gituan..
Buktinya pas jaman dolo xL bikin sms gratis,telkomsel tetap berjaya mpe skrg..
 
lah XL ke sesama bebas gratis kan??...

/swt... ngiri aja neh yang ngaduin....

kalo ngiri ya ikutin aja, jangan maen ginian donk....

sampah bener....
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.