Tips agar gorengan tetap renyah

Discussion in 'Forum Kuliner' started by SweetHeart, 30 May 2009.

  1. SweetHeart

    SweetHeart IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    65447
    Joined:
    1 Mar 2009
    Messages:
    1.263
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Occupation:
    Secretary
    Location:
    my sweet home
    [​IMG]

    Bagaimana cara menjaga kerenyahan penganan gorengan jika kita tidak langsung menyajikannya setelah digoreng? Berikut beberapa tips mengenai serba-serbi gorengan...

    - Digoreng jangan terlalu lama sebelum disajikan (kalau disajikan siang hari, goreng pagi harinya saja, jangan malam sebelumnya), atau dalam adonannya tepungnya ditambahkan tepung beras.

    - Bisa juga dihangatkan di oven dengan api kecil.

    - Setelah digoreng langsung letakkan di tissue/kitchen towel, dan jangan ditumpuk langsung dengan gorengan lainnya. Fungsinya tissue/kitchen towel tersebut untuk menyerap minyak supaya gorengan tidak lengket satu sama yang lain.

    - Untuk menambah kerenyahan, pada adonan tepung untuk menggoreng bisa dicampurkan tepung sagu/kanji dengan perbandingan 1 sendok teh tepung sagu/kanji untuk 3-5 sendok makan tepung terigu. Sebaiknya dicoba dulu sampai pas perbandingannya, karena kalau terlalu banyak sagu/kanji bisa jadi keras sekali.

    - Untuk menambah kegurihan, tambahin sedikit aja garam, atau kadang aku kasih royco rasa ayam sejumput saja.

    - Setelah digoreng jangan langsung disimpan ditempat tertutup. Biarkan dulu kena angin dan baru ditaruh di tempat tertutup kalau mau dibawa ke tempat tujuan.

    - Kalau gorengan sudah kurang renyah, agak melempem, bisa dipanaskan sebentar dalam panggangan roti yang seperti oven (toaster oven), supaya jadi renyah lagi.

    - Bisa juga ditambahin sedikit air kapur sirih di adonan tepungnya supaya gorengan tetap renyah. Terus, gorengnya sebaiknya dengan minyak yang banyak. Jadi, biarpun bertumpuk-tumpuk, gorengan dijamin tetap renyah. Tapi hati-hati, kalau kebanyakan air kapur sirih, malah jadi keras gorengannya.

    - Cara membuat air kapur sirih: beli kapur sirih dipasar, ditukang bunga rampai atau ditukang jual bumbu dapur. Taruh ditoples kaca, tutupin. Kalau mau dipakai kasih air sedikit, goyang-goyang botolnya supaya kapurnya larut sedikit. Tinggal tuang airnya, siap dipakai.

    - Ada yang bikin pisang goreng, tapi tepungnya pake tepung beras Rose Brand. Tepung berasnya cuma dicampur dengan telur, 1 gram pewarna kuning biar gak pucet dan air kapur sirih sedikit. Terus digoreng.

    - Ada yang bikin tepung pisang goreng dengan cara mirip yang diatas, cuman ditambah tepung kanji dengan perbandingan 1:2 untuk tepung kanji sama tepung beras. Kemudian pakai 1 butir telur puyuh, garam dan gula pasir dikit (supaya tepungnya berwarna agak kecoklatan) terus air kapur sirih.

    - Cara berikut ini lebih enak, tepung lebih renyah, garing dan awet, tapi bikinnya lebih susah. Tepungnya pake segitiga dikasih mentega, diaduk terus sampai rata, baru dikasih air sedikit sedikit sampai cukup konsentrasinya (tidak terlalu encer).

    - Untuk menjaga gorengan tetap renyah:
    1. Tambahkan santan di adonan tepung
    2. Tambahkan tepung beras dan tepung tapioka di adonan tepung terigu.
    3. Jangan tutup wadah gorengan sebelum dingin betul
    4. Sisa minyak goreng harus benar-benar tiris
    5. Untuk gorengan yang gurih-gurih (martabak, bakwan, perkedel dll), tambahkan putih telur diadonan tepung
    4 people like this.
  2. effie

    effie IndoForum Staff Personnel Staff Member

    No. Urut:
    601
    Joined:
    17 Apr 2006
    Messages:
    8.576
    Likes Received:
    350
    Trophy Points:
    83
    Location:
    Solo
    Nice info kk, info yang penting agar jika menggoreng tetap renyah dalam waktu yang lebih lama /no1
  3. Amadeus

    Amadeus IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    71442
    Joined:
    25 May 2009
    Messages:
    1.149
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    38
    Occupation:
    mahasiswa
    Location:
    medan,Indonesia
    yummyyy...
    saya tes dulu...
    hehe
  4. Artama_kwok

    Artama_kwok IndoForum Senior A

    No. Urut:
    3197
    Joined:
    13 Jul 2006
    Messages:
    7.693
    Likes Received:
    252
    Trophy Points:
    83
    Location:
    Rumah
    kalo begini caranya bgus dah. daripada masukin sedotan ke dalam minyak yang sudah panas untuk bikin gorengan tetep renyah walaupun sudah bermalam
  5. ProHacker

    ProHacker IndoForum Junior A

    No. Urut:
    1348
    Joined:
    27 May 2006
    Messages:
    2.918
    Likes Received:
    82
    Trophy Points:
    48
    Occupation:
    Your job
    Location:
    {XXXXX}[>>>>>>>>>>&g
    ^
    wew jadi gak sehat donk.... brarti abang2 yg suka jual gorengan pake sedotan ya??? @_@
  6. masterkey

    masterkey IndoForum Newbie F

    No. Urut:
    60388
    Joined:
    31 Dec 2008
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    sayang anak sayang istri.... buat gorengan Nyukkkkkkkk !!!!
  7. Artama_kwok

    Artama_kwok IndoForum Senior A

    No. Urut:
    3197
    Joined:
    13 Jul 2006
    Messages:
    7.693
    Likes Received:
    252
    Trophy Points:
    83
    Location:
    Rumah
    @prohacker.
    kebanyakan sie gitu. biar dibawa keliling juga tetep renyah hahaha
  8. omndut

    omndut IndoForum Junior E

    No. Urut:
    71886
    Joined:
    31 May 2009
    Messages:
    1.531
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    38
    Occupation:
    Kuli...Ah...!!!
    Location:
    Paris Van Java
    Amit...Amit...
    Anak Bagong mau post...

    Oooo gtu toh cara biar gorengan tetep garing..... /hmm
    Nais info & Keep Posting....... /no1
    Grazie...... /thx /thx /thx
  9. Nuri Herdiansyah

    Nuri Herdiansyah IndoForum Newbie A

    No. Urut:
    156544
    Joined:
    8 Nov 2011
    Messages:
    262
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Owh gtu yach...!!!
    Tar d coba dech..
    makasih...
  10. butzisme

    butzisme IndoForum Newbie D

    No. Urut:
    151876
    Joined:
    18 Sep 2011
    Messages:
    99
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Location:
    Bandung
    nice info kk :D.. tengkyuuuu..
  11. Mufaz

    Mufaz IndoForum Newbie E

    No. Urut:
    160104
    Joined:
    16 Dec 2011
    Messages:
    57
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    tnk gan infonya...kalau tips untuk supaya kentang goreng tetap renyah gimana gan? minta infinya juga dong
    Toko Bunga
  12. tamandewi

    tamandewi IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    154144
    Joined:
    13 Oct 2011
    Messages:
    1.272
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    kehamilan-kewanitaan.blogspot.com
    bisa dicoba nich kayaknya...
  13. okelohdotcom

    okelohdotcom IndoForum Junior E

    No. Urut:
    106453
    Joined:
    8 Oct 2010
    Messages:
    1.550
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    36
    Location:
    Okeloh.com Toko Online CD
    Mantaps deh....

    Nice share yach :)
  14. dhire

    dhire IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    82012
    Joined:
    11 Oct 2009
    Messages:
    1.316
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    38
    Mantab.............................izin save yah...............................
  15. hardwares

    hardwares IndoForum Newbie F

    No. Urut:
    177702
    Joined:
    23 Jul 2012
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Thx u infonya
  16. HkToyShop

    HkToyShop IndoForum Addict D

    No. Urut:
    52354
    Joined:
    10 Sep 2008
    Messages:
    25.458
    Likes Received:
    73
    Trophy Points:
    48
    makasi ya buat infona gorengan saya jadi gak gampang melempem
  17. PandaVoucher

    PandaVoucher IndoForum Newbie F

    No. Urut:
    180442
    Joined:
    25 Aug 2012
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    makais infonya bro.. untung ga perlu pake plastik ya hahaha
  18. epicdistro

    epicdistro IndoForum Newbie E

    No. Urut:
    180405
    Joined:
    25 Aug 2012
    Messages:
    49
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Location:
    epicdistro.com
    thx infonya, boleh nih dishare tipsnya
  19. Best Sales

    Best Sales IndoForum Newbie A

    No. Urut:
    179194
    Joined:
    14 Aug 2012
    Messages:
    305
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    mantappp lezzaatt
  20. nindywhite

    nindywhite IndoForum Newbie E

    No. Urut:
    180959
    Joined:
    29 Aug 2012
    Messages:
    36
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    infonya keren kk, saat goreng sesuatu biasanya ga tahan lama

Share This Page

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG