Putri Duyung, Legenda, atau Nyata, Masih misteri

Discussion in 'Forum Misteri' started by aanrusdyie, 16 Jun 2010.

  1. aanrusdyie

    aanrusdyie IndoForum Senior D

    No. Urut:
    65793
    Joined:
    6 Mar 2009
    Messages:
    4.828
    Likes Received:
    352
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    student in college sports
    Location:
    ( o Y o )
    Ada banyak kisah duyung dari Jepang, namun kisah yang satu ini berbasis pada legenda kuno 1.400 tahun lalu. Satu kisah yang berasal dari kisah kepercayaan Shinto di Kota Fujinomiya dekat kaki Gunung Fuji, Jepang.

    Tidak diketahui pasti apakah legenda soal duyung berasal dari kisah nyata atau bukan. Namun berdasarkan telaah ilmiah di beberapa perairan yang di masa lalu duyung sering dikisahkan, justru memang dihuni hewan-hewan spesial.

    Beberapa hewan spesial itu hingga kini masih hidup di perairan tawar atau asin. Hewan-hewan inilah yang sering disalahtafsirkan sebagai duyung. Mungkin karena kebiasaan hidupnya, bentuknya dan performanya yang memang mirip. Apalagi bila dilihat dari kejauhan.

    Hewan-hewan ini dikenal sebagai “dugong“, “manatee” dan “sapi laut (sea cow)”. Ketiga spesies ini memiliki bentuk tubuh yang mirip, namun hidup di lingkungan perairan yang berbeda. Tergolong sebagai mamalia yang suka menyusui dan berjemur di batu karang dan tepi-tepi perairan, atau mengeluh dan bersuara lantang.

    Dugong adalah mamalia laut pemakan tumbuhan. Bisa ditemukan di perairan dangkal kawasan pantai India, Pasifik Selatan (dari wilayah pantai timur Afrika sampai utara Australia), perairan pantai Papua, dan kepulauan lain di Pasifik. Dugong berwarna cokelat kelabu, tubuhnya sepanjang 2,7 meter dan mampu hidup sampai usia 70 tahun.

    Manatee.
    Ada tiga jenis manatee yang sudah dikenal. Ada yang hidup di perairan Karibia dan sepanjang pantai tenggara Amerika Selatan.

    [​IMG]

    Ada yang di sepanjang perairan pantai dan muara sungai Florida (AS), dan jenis ketiga yang hidup di perairan tawar sungai Amazon. Manatee ini ada yang hidup di air tawar dan air asin. Warna manatee kelabu, dengan ukuran panjang tubuh 4 meter.

    Sapi Laut (sea cow).
    Pertama kali ditemukan dan diidentifikasi pada tahun 1741 di dekat Pulau Commander di Laut Bering. Sapi laut biasanya suka hidup di perairan dangkal dekat pantai. Ukuran tubuhnya bisa sepanjang 7,6 meter dan warnanya kelabu kecokelatan dengan pola polkadot samar.

    Ketiga hewan air yang menyusui anaknya ini termasuk dalam kelompok ordo (grup) hewan mamalia air yang disebut Sirenia.

    Penamaan kelompok mamalia air ini dibuat para ilmuwan berdasarkan kepercayaan kuno (mitologi) bahwa hewan-hewan sirenia inilah yang dulu diyakini para pelaut sebagai sirens atau duyung.

    [​IMG]

    Duyung pertama kali muncul dalam mitologi di Assyria (1000 SM). Atargatis, ibu dari ratu Assyria, Semiramis, adalah dewi yang mencintai seorang gembala namun kemudian ia membunuhnya karena cintanya ditolak. Merasa malu ia melompat ke dalam danau dan berubah menjadi ikan. Dalam transformasi menebus malu itu ia berubah menjadi duyung.

    Lalu pada masa 500 SM, kisah duyung terdengar lagi dari seorang filsuf dari Ionia (wilayah Yunani) bernama Anaximander. Ia berpendapat bahwa manusia berasal dari satu spesies hewan air. Teori ini kemudian disebut sebagai evolusi hewan air ke manusia. Pendapatnya ini dianggap sebagai pembenaran bahwa duyung adalah hewan air yang sedang berevolusi menjadi manusia.

    Begitu populernya duyung ini, sehingga tercantum dalam perkamen dan naskah-naskah tua. Bahwa dalam catatan Alexander the Great, sang penguasa Macedonia, (356-323 SM) kisah duyung juga terselip di sana. Saudara perempuan Alexander bernama Thessalonike disebutkan berubah menjadi duyung setelah kematiannya.

    Legenda dan kisah duyung ini tersebar ke mana-mana. Dikisahkan oleh para pelaut dan penjelajah samudera. Umumnya duyung digambarkan sebagai perempuan cantik berekor ikan, berambut panjang, bersuara merdu, suka berjemur di karang dan tepi pantai. Namun tak ada bukti pasti mengenai eksistensinya. Kecuali yang tertinggal dalam bentuk sketsa kuno dan tergambar di mata uang kaum Corinthian (Yunani).

    [​IMG]

    Namun ada sebuah buku bertahun 1718 yang terbit di Amsterdam Belanda, yang mengupas soal kehidupan aneka satwa di Samudera Hindia. Buku ini dilengkapi artikel deskripsi, aneka sketsa dan gambar.

    Dalam buku ini ada satu catatan detail soal duyung :
    “Ada monster berwujud wanita setengah ikan, tertangkap di perairan Amboyna (gugus kepulauan Maluku, Indonesia).

    Berdasarkan pengukuran memiliki tubuh sepanjang 59 inci (147,5 cm), bentuknya mirip belut laut (moa). Makhluk ini hanya bertahan hidup selama 103 jam (4,5 hari) setelah ditangkap, dan mati di akuarium. Selama pengurungan diberi makan ikan-ikan kecil dan hasil laut lainnya, namun ia tidak merespons makanan tersebut.”

    Agaknya duyung memang masih misteri. Dipercaya ada, namun bukti yang terlihat sampai kini tak pernah pasti soal wujud duyung yang ada di legenda. Para ahli bahkan menyimpulkan bahwa kemungkinan duyung itu adalah mamalia air yang dikenal sebagai dugong, manatee dan sea cow (Sapi laut), yang disalahtafsir oleh pelaut masa lalu.
  2. effie

    effie IndoForum Staff Personnel Staff Member

    No. Urut:
    601
    Joined:
    17 Apr 2006
    Messages:
    8.576
    Likes Received:
    350
    Trophy Points:
    83
    Location:
    Solo
    kalau ketemu putri duyung sih belum /heh
    kalau dengar cerita nya wah sering apalagi pas masa anak2 /heh
  3. paddye

    paddye IndoForum Newbie A

    No. Urut:
    86571
    Joined:
    9 Dec 2009
    Messages:
    340
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Occupation:
    Merchant
    Location:
    Binjai
    bokap gw dlu pernah foto bareng ma duyung di pinggiran pantai
    percaya apa gak di foto yg masih hitam putih itu
    ada duyung setenga wanita setengah ikan
    dari pinggang ke atas bentuknya ikan
    pinggang ke bawah bentuk kaki wanita o_0
  4. aanrusdyie

    aanrusdyie IndoForum Senior D

    No. Urut:
    65793
    Joined:
    6 Mar 2009
    Messages:
    4.828
    Likes Received:
    352
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    student in college sports
    Location:
    ( o Y o )
    wew mana om, liat...:-O
    di scan om foto nya :-O
    liat om :-O
  5. Nemesis

    Nemesis IndoForum Activist E

    No. Urut:
    55724
    Joined:
    26 Oct 2008
    Messages:
    9.732
    Likes Received:
    503
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Consultant, Astalavista.... (◑‿◐)
    Location:
    Say ┌∩┐(◣_◢)┌∩┐ to malaySHIT..!!!
    kalo diliat dari mumi nya kecil2x gitu yak :-?

    wah yg bener nih ?? :-O
  6. EverLasting Friend

    EverLasting Friend IndoForum Senior B

    No. Urut:
    45216
    Joined:
    3 Jun 2008
    Messages:
    5.867
    Likes Received:
    260
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    fangirl-ing those awesome oppas♥
    Location:
    here..
    itu yang mumi2 alien aneh kecil itu beneran duyung?? /hmm
    kyknya emang ada ya, soalnya ada bbrp catatan2 gtu ttg duyung..
    nan jeongmal mystery mystery.. ;))

    @paddye
    kok kebalik sih??? =)) ga kebayang gw, atas ikan bawah manusia.. wkwkkw.. /heh
    share dong disini... :)
  7. Heaven Guardian

    Heaven Guardian IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    13500
    Joined:
    31 Mar 2007
    Messages:
    1.453
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    38
    ^
    Swt ni anak malah nyanyi laguny B2ST - Mystery.....

    Scan dunk om biar pada ga penasaran
  8. puspita

    puspita IndoForum Beginner E

    No. Urut:
    97511
    Joined:
    17 May 2010
    Messages:
    426
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    duyung masih menjadi legenda :D
  9. EverLasting Friend

    EverLasting Friend IndoForum Senior B

    No. Urut:
    45216
    Joined:
    3 Jun 2008
    Messages:
    5.867
    Likes Received:
    260
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    fangirl-ing those awesome oppas♥
    Location:
    here..
    @Heaven Guardian
    gapapa dong, kan putri duyung emang menjadi mystery..
    wwkwkkw mystery mystery
  10. Florentina

    Florentina IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    3755
    Joined:
    26 Jul 2006
    Messages:
    1.108
    Likes Received:
    151
    Trophy Points:
    63
    Jadi mermaid ada beneran ya :-/
  11. paddye

    paddye IndoForum Newbie A

    No. Urut:
    86571
    Joined:
    9 Dec 2009
    Messages:
    340
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Occupation:
    Merchant
    Location:
    Binjai
    emh
    ni gw coba tampilin gambarnya
    abis bongkar2 lemari peninggalan ayah
    cmn ketemu 1 foto putri duyung ini tapi ga ketemu yg lagi duduk bareng duyungnya ma kawannya
    [​IMG]
  12. paddye

    paddye IndoForum Newbie A

    No. Urut:
    86571
    Joined:
    9 Dec 2009
    Messages:
    340
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Occupation:
    Merchant
    Location:
    Binjai
    cara masukin foto gmn ya?
  13. aanrusdyie

    aanrusdyie IndoForum Senior D

    No. Urut:
    65793
    Joined:
    6 Mar 2009
    Messages:
    4.828
    Likes Received:
    352
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    student in college sports
    Location:
    ( o Y o )
    ajebb =))=))=))
    di upload dolo om disini /no1
  14. paddye

    paddye IndoForum Newbie A

    No. Urut:
    86571
    Joined:
    9 Dec 2009
    Messages:
    340
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Occupation:
    Merchant
    Location:
    Binjai
    ea akhirnya
    ni gw tampilin
    percaya gak percaya masa bodo
    asli ni foto perna gw liat dari waktu gw kecil ampe di simpan bokap gw dlu karena gw masi kecil wkkwkow


    [​IMG]
  15. paddye

    paddye IndoForum Newbie A

    No. Urut:
    86571
    Joined:
    9 Dec 2009
    Messages:
    340
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Occupation:
    Merchant
    Location:
    Binjai
    [​IMG]
    kok kena deleted y
  16. aanrusdyie

    aanrusdyie IndoForum Senior D

    No. Urut:
    65793
    Joined:
    6 Mar 2009
    Messages:
    4.828
    Likes Received:
    352
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    student in college sports
    Location:
    ( o Y o )
    wew langsung di delete ya, berarti ada apa2x nya tuh ..
    coba upload disini om :-?
  17. EverLasting Friend

    EverLasting Friend IndoForum Senior B

    No. Urut:
    45216
    Joined:
    3 Jun 2008
    Messages:
    5.867
    Likes Received:
    260
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    fangirl-ing those awesome oppas♥
    Location:
    here..
    wew, 1973 udah ada photoshop belum ya?? hehhe /heh
    tapi kok gw merasa fotonya gimanaa gitu..
    kurang bsa dipercaya kalau gw ga liat sendiri tuh ikan. /heh
    but, thanks for sharing /no1
    keren nih..!
  18. aanrusdyie

    aanrusdyie IndoForum Senior D

    No. Urut:
    65793
    Joined:
    6 Mar 2009
    Messages:
    4.828
    Likes Received:
    352
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    student in college sports
    Location:
    ( o Y o )
    [​IMG]

    beneran ini om /wah
    btw, itu aneh ya, jadi kepala nya yangikan, bukan ekor nya /wah
    nunggu komen yang di bawah saya aja deh /heh
  19. Nemesis

    Nemesis IndoForum Activist E

    No. Urut:
    55724
    Joined:
    26 Oct 2008
    Messages:
    9.732
    Likes Received:
    503
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Consultant, Astalavista.... (◑‿◐)
    Location:
    Say ┌∩┐(◣_◢)┌∩┐ to malaySHIT..!!!
    ohh... itu sih dulu gw jg pernah liat. Hoax sih katanya :-?
  20. aanrusdyie

    aanrusdyie IndoForum Senior D

    No. Urut:
    65793
    Joined:
    6 Mar 2009
    Messages:
    4.828
    Likes Received:
    352
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    student in college sports
    Location:
    ( o Y o )
    ^
    berarti bukan yang foto ama bokap nya om paddye? :-?

Share This Page

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG