Parangtritis: antara indahnya pantai dan mitos Nyi roro kidul

Discussion in 'Forum Misteri' started by heriyasha, 19 Oct 2007.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. heriyasha

    heriyasha IndoForum Newbie B

    No. Urut:
    7405
    Joined:
    29 Sep 2006
    Messages:
    192
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Occupation:
    PELAJAZR!!!hehe
    Location:
    batam, yg penuh kemunafikan
    [​IMG][/IMG]
    Di pesisir selatan Yogyakarta, terdapat sekitar 13 obyek pantai yang memiliki pesona wisata, ternyata Pantai Parangtritis yang selalu menempati peringkat teratas dalam angka kunjungan wisata, dibanding pantai-pantai lainnya. Pantai yang Berlokasi sekitar 27 Km dari kota Yogyakarta ini, dapat dicapai melalui desa Kretek atau rute yang lebih panjang, tetapi pemandangannya lebih indah yaitu melalui Imogiri dan desa Siluk.





    Pantai yang termasuk wilayah Bantul ini merupakan pantai yang landai, dengan bukit berbatu, pesisir dan berpasir putih serta pemandangan bukit kapur di sebelah utara pantai. Di kawasan ini wisatawan dapat berkeliling pantai menggunakan bendi dan kuda yang disewakan dan dikemudikan oleh penduduk setempat. Selain terkenal sebagai tempat rekreasi, parangtritis juga merupakan tempat keramat. Banyak pengunjung yang datang untuk bermeditasi. Pantai ini merupakan salah satu tempat untuk melakukan upacara Labuhan dari Kraton Yogyakarta.





    Pada musim kemarau, angin bertiup kencang seperti tak mau kalah dengan deburan ombak yang rata-rata setinggi 2-3 meter. Sering terdengar kabar ada pengunjung pantai selatan hilang terseret gelombang. Anehnya, jenazah pengunjung yang nahas itu, menghilang bagaikan ditelan bumi. Tim SAR rata-rata baru bisa menemukan jenazahnya 2-3 hari kemudian setelah melakukan penyisiran. Biasanya, lokasi penemuan mayat tidak pada area di mana pengunjung tersebut tertelan ombak. Mayat ditemukan ratusan meter, bahkan kadang beberapa kilometer dari lokasi semula.

    Di kalangan masyarakat setempat, kejadian misterius semacam itu, semakin menguatkan mitos bahwa penguasa laut yang lazim disebut Nyi Roro Kidul (Ratu Pantai Selatan), suka "melenyapkan" orang yang tidak mengindahkan kaidah alam. Dari sisi ilmiah, kejadian semacam itu makin menguatkan teori bahwa palung laut selatan Jawa memang sarat arus bawah yang terus bergerak. Benda apa saja yang terseret ombak dari bibir pantai, terseret ke bawah dan terdampar pada lokasi berbeda.

    Kepercayaan masyarakat setempat tentang legenda Nyi Roro Kidul juga dengan sendirinya melahirkan pesona tersendiri. Hampir setiap malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon, para pengunjung maupun nelayan setempat melakukan upacara ritual di pantai tersebut. Acara ritual diwarnai pelarungan sesajen dan kembang warna-warni ke laut. Puncak acara ritual biasanya terjadi pada malam 1 Suro, dan dua-tiga hari setelah hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Intinya, nelayan meminta keselamatan dan kemurahan rezeki dari penguasa bumi dan langit.
  2. Akatsuki~PEIN

    Akatsuki~PEIN IndoForum Newbie B

    No. Urut:
    22815
    Joined:
    25 Sep 2007
    Messages:
    249
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Occupation:
    akatsuki leader
    Location:
    Rain Village
    SIRIK itu mah namanya

    percaya yg kek gitu /pif
  3. chesster

    chesster IndoForum Junior A

    No. Urut:
    9428
    Joined:
    11 Dec 2006
    Messages:
    3.191
    Likes Received:
    428
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    ngelamun
    Location:
    Home
    alah gw pake baju ijo aja gpp waktu itu ke Parangtritis, jalan2 di pantainya....

    masih idup gw....

    mitos sampah....
  4. T!T!~ch@/\/

    T!T!~ch@/\/ IndoForum Banned

    No. Urut:
    1035
    Joined:
    11 May 2006
    Messages:
    21.523
    Likes Received:
    1.324
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Owner LiRoNet and Founder Livindre
    Location:
    Surabaya
    ada kalanya sesuatu tersebut tidak dapat d pikir secara logika tetapi inget lah ada kekuatan yang ada d dunia ini /no1 sebenernya sih gue ga perrcaya tp y auntuk lebih amannya lebih baik d ikuti aja deh apa aja pantangannya /no1
  5. xillence

    xillence IndoForum Junior E

    No. Urut:
    20064
    Joined:
    7 Aug 2007
    Messages:
    1.606
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    48
    Occupation:
    masi anak sekolahan
    Location:
    Jakarta Barat
    gw kmrn ini ke situ
    keq ada org yg lg bikin ritual
    tp sampah itu pantai
    ga bs di pake renang
    ombak nya pecah di dket2 sini
    banyak palung
    wajar banyak yg mati
  6. dhietyatama

    dhietyatama IndoForum Newbie E

    No. Urut:
    12959
    Joined:
    21 Mar 2007
    Messages:
    48
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    waks..menurut wa pantangan2 seperti itu g usah diikutin,toh yg mengatur nyawa kita sang pencipta,bukan dari yg diciptakannya!!lagian manusia itu makhluk paling sempurna,harusnya mereka(jin) yg mengikuti aturan kita!!:P
  7. effie

    effie IndoForum Staff Personnel Staff Member

    No. Urut:
    601
    Joined:
    17 Apr 2006
    Messages:
    8.576
    Likes Received:
    350
    Trophy Points:
    83
    Location:
    Solo
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG