Pacaran Menurut Pandangan Islam

Discussion in 'Islam' started by aden, 13 Feb 2007.

  1. aden

    aden IndoForum Beginner B

    No. Urut:
    9883
    Joined:
    28 Dec 2006
    Messages:
    933
    Likes Received:
    33
    Trophy Points:
    28
    Occupation:
    college student
    Location:
    http://www.indoforum.org/showthread.php?t=10424
    Gimana sih pacaran menurut Islam, dibolehkan apa nggak ?
    Setahu gw Islam melarang yang namanya pacaran, itu bisa mendekatkan kita pada zina.
    Tapi gimana kalau mau menikah, kan harus saling kenal dulu, caranya gimana kalau nggak pacaran.
  2. Da_VivoS

    Da_VivoS IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    11231
    Joined:
    8 Feb 2007
    Messages:
    1.054
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    48
    Occupation:
    Student
    Location:
    AReMa City
    wele ni org (1 skul kayanya ^^)

    dah blajar dulu sono mikir ginian lom waktunya uy ^^
    mo ujian kan ????? lagian ikut KIASS napa gk nanya aja?
  3. aden

    aden IndoForum Beginner B

    No. Urut:
    9883
    Joined:
    28 Dec 2006
    Messages:
    933
    Likes Received:
    33
    Trophy Points:
    28
    Occupation:
    college student
    Location:
    http://www.indoforum.org/showthread.php?t=10424
    mtau dari mana satu skull, lagian KIASS tu apa?
  4. Da_VivoS

    Da_VivoS IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    11231
    Joined:
    8 Feb 2007
    Messages:
    1.054
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    48
    Occupation:
    Student
    Location:
    AReMa City
    gini low
    dalam islam dilarang sudah jelas kalo sesama lawan jenis dilarang berduaan ataw berdekatan (bukan muhrim pastinya) islam hanya memperbolehkan berdekatan sesama lawan jenis dalam hal : pendidikan,kesehatan (yg atunya wa lupa pokonya ada 3)

    back to topic
    kalo pengen kenalan kenalan aja seperti biasa, jgn ampe ada yg namanya pacaran. kalo pengen saling kenal dalam hal ap dulu? kalo kebiasaan2nya kan isa nanya ama temennya ato sodara adek dll. yg dkt ama dia, trus kalo yg pribadi. ngapain juga pengen taw hal pribadi org, rahasia pribadi jgn disebar2 lah.

    mungkin cmn itu kali y. lom perna pacaran gw :) ni cmn dr logika aja.

    yg laennya mungkin isa bantu gw.


    NB: postingan pertama kacangin aj (sok t gw)
  5. aden

    aden IndoForum Beginner B

    No. Urut:
    9883
    Joined:
    28 Dec 2006
    Messages:
    933
    Likes Received:
    33
    Trophy Points:
    28
    Occupation:
    college student
    Location:
    http://www.indoforum.org/showthread.php?t=10424
    kan nanya doank nggak cukup
  6. idaho

    idaho IndoForum Newbie C

    No. Urut:
    9754
    Joined:
    23 Dec 2006
    Messages:
    168
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Pacaran yang sewajar nya aja...ga usah pake hal yang aneh aneh...
    Ingat Dosa aja :D
    Apa lagi mau dijadiin istri,nanti juga bisa di pake sepuas nya...
  7. slay3r

    slay3r IndoForum Newbie F

    No. Urut:
    5975
    Joined:
    3 Sep 2006
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    wa coba jawabnya yaa..

    afwan sebelomnya kalo penjelasan ana nantinya jauh dari memuaskan..:D

    gene loo ...
    emng bener kalo di dalam agama yang kita cintai ini pacaran tidak diperbolehkan.
    Apapun alasannya...
    Entah karena alasan pendekatan kek..,pacaran islami kek..,pingin tahu sifat dia gimana kek ..
    dan sebagainya. (loh kok jadi banyak tokeknya see...:P )
    qiqiqi...balik ke topik ah...! X(
    tentu saja pelarangan ini bukan karena Alloh benci ama kita .
    justru sebaliknya Alloh tuh sayang... banget ama kita .
    Dia yang lebih mengetahui segala kelebihan dan kekurangan kita.
    Ana kasih contoh dikit yaaaa..
    buat referensi..., yang lain coba dipikir sendiri trus direnungin sendiri..;)

    Antum dam Anti semua kan dah tau kalo pacaran tuh lebih banyak mudharotnya tinimbang manfaatnya.
    bayangin ajah ..,orang bilang dan emng bener katanya kalo lagi pacaran "dunia terasa milik kita berdua say..:-* "
    tuh kan ..!
    kasian ama yang lain dong...
    mentang2 milik berdua, yang lainnya ngekos deh..
    jadi boleh dong zah zah ajah kita2 ciuman di depan umum, berpelukan di depan umum..,remas remasan tangan di depan umum.
    toh yang lain cuma ngekos... huehehe...
    Kira kira menurut kalian bagus nggak budaya kayak gitu..?
    Nauzubillah mindzalik kalo ada yang punya pikiran seperti itu.
    apalagi bagi kaum hawa..
    wahai calon penghulu para bidadari surga dimana segala kehormatan dan kebanggaanmu..?
    kayakna udah terputus urat rasa malu antum dan anti sekalian deeh.
    contoh lain sepasang kekasih yang jatuh cinta tentunya tak dapat melupakan kekasihnya barang 1 menit saja..
    mau tidur ingat si dia..,makan inget si dia..., mau sekolah inget si dia..,
    mau boker inget...(jawab ndiri ah). :-O
    tanpa kita sadari kita kebawa lo ama musrik kecil..
    loh kok isa sih kita dikatain menyekutukan Alloh.
    ya tentu saja bisa...
    Islam itu agama yang Agung, dimana disitu diajarkan supaya kita menempatkan Alloh diatas segala-galanya.
    tak terkecuali di dalam mencintai sesuatu.
    kita harus memprioritaskan-Nya di urutan pertama.
    Numero uno laaaa
    bahkan saudara kita kaum Nasrani pun mengakuinya loo
    mau bukti..?
    ingat hukum kasih..? ( yang nasrani mesti ngerti deh..)
    dimana disitu kita dianjurkan mencintai Alloh terlebih dahulu baru.. orang lain.
    Nahh baru tau kan kalo ternyata Alloh kita sangat pencemburu....?
    gimana nggak cemburu kalo panggilan sayangNya terdengar (suara Adzan maksudnya)
    kita bukannya bergegas ngambil air wudhu tapi malah asyik ngliatin fotona si dia dikamar sambil mbayangin yang nggak nggak...
    qiqiqi..
    artinya...
    ya jelas laa ternyata kita lebih mencintai si dia dibanding yang menciptakan kita :P .
    padahal apa sih artinya kita dihadapan Dia..?

    yang jelas kalo kita pacaran akan banyak sekali larangan dari Alloh yang akan kita langgar.
    padahal melanggar perintah Nya adalah dosa.
    seperti menatap yang bukan muhrimnya..., mengharap sesuatu yang belum pasti..., panjang angan angan, berdua2an tanpa muhrimnya
    ( kalo ada muhrimnya yaa jelas nggak asyik laa bagi orang pacaran) dsb.
    intinya satu pacarn tu dosa dan nggak boleh.

    aku mau kasih contoh yang lain dah ngantuk jadi disambung besok bab pernikahannya..
    ini share cuma sebagian kecil lom tuntas semuanya kalo pingin lebih puas tanyakan pada orang yang ahli dan dapat dipercaya kadar keimanannya.
    sekali lagi afwan kalo lom memuaskan atas pertanyaan saudaraku seiman.
    soalnya kalo ditulis disini ntar kayak nulis buku deh ...
    nggak bakalan habis deh kalo cuma satu halaman.
  8. ch4oz

    ch4oz IndoForum Junior E

    No. Urut:
    5042
    Joined:
    17 Aug 2006
    Messages:
    1.726
    Likes Received:
    634
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Pengangguran Nih,... SOB. Kalo ada Lowongan jadi I
    Location:
    Berpijak di Bumi, Berjalan diatas Angin, dan Tidur
    kalo menurut gw n sepengetahuan gw dalam Islam memang tidak ada istilah pacaran,
    cuma orang Islam mengenal apa itu pacaran...
    dalam Islam yang ada itu istilah perkenalan,
    jadi pacaran itu adalah perkenalan agar antar pasangan yang kelak akan menuju jenjang pernikahan saling mengenal
    lalu dilanjutkan dengan tahapan tunangan,
    agar pada saat masuk kedalam jenjang pernikahan sudah benar saling
    mengenal dan mengerti satu sama lainnya,
    dan agar tidak ada rasa beban dikemudian harinya.
    jika ada pendapat pacaraan menjurus kearah zina,
    kita kembali kepada pribadi masing2 apakah pacaran yang kita lakukan ini menjurus kearah atau tidak,
    dan bagaimana membentengi diri ini dari perbuatan zina pada saat pacaran.

    mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan diatas...
  9. aden

    aden IndoForum Beginner B

    No. Urut:
    9883
    Joined:
    28 Dec 2006
    Messages:
    933
    Likes Received:
    33
    Trophy Points:
    28
    Occupation:
    college student
    Location:
    http://www.indoforum.org/showthread.php?t=10424
    trus gimana proses pengenalan sama calon pasangan sebelum married
  10. Dark_Angel

    Dark_Angel IndoForum Senior D

    No. Urut:
    8392
    Joined:
    2 Nov 2006
    Messages:
    4.411
    Likes Received:
    811
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Eat ????
    Location:
    Wandering Cat
    dijodohin aja ma org tua /no1
  11. ch4oz

    ch4oz IndoForum Junior E

    No. Urut:
    5042
    Joined:
    17 Aug 2006
    Messages:
    1.726
    Likes Received:
    634
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Pengangguran Nih,... SOB. Kalo ada Lowongan jadi I
    Location:
    Berpijak di Bumi, Berjalan diatas Angin, dan Tidur
    @aden
    baca baik2 isi post gw deh, kayaknya dah gw tulis disitu jawabannya
  12. riffa_aja

    riffa_aja IndoForum Beginner D

    No. Urut:
    11137
    Joined:
    7 Feb 2007
    Messages:
    572
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Occupation:
    gamers
    Location:
    diatas tanah dibawah langit..di planet bumi
    sepertinya gw setuju sama slayer...islam melarang pacaran...kenal boleh tapi kalo pacaran jangan deh diusahakan sebisa mungkin...gw pernah dengar ceramah ust.arfin ilham di tempat kantor gw dia bil lebih bail megang besi panas dari pada megang wanita...dari situ dah jelas..mudah2 an kita semua dapat menjaga diri sebisa n sekuat mungkin dengan wanita...mungkin gw lebih suka kenalan n mis dia mau serius, ya udah tunggu berapa bulan atau tahun baru nikah...sebelum nikah paling ya saling mengenal dalam arti positif bisa menjaga diri, tapi jangan pacaran...mudah2 an kita selalu diberi petunjuk oleh Allah SWT...amin
  13. R__1

    R__1 IndoForum Newbie C

    No. Urut:
    9014
    Joined:
    29 Nov 2006
    Messages:
    121
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Location:
    di depankomp ku yg gak pernah beres
    klo menurut gw pacaran itu gpp untuk mengenal seseorang lebih dalam,klo dijodohin itu seperti 'membeli kucing dalam karung' dan seperti yg kk idaho bilang " yang sewajar nya aja...ga usah pake hal yang aneh aneh... "

    makasih n klo ada yang salah mohon ditegur :D :D :D
  14. jasmine

    jasmine IndoForum Newbie B

    No. Urut:
    5184
    Joined:
    19 Aug 2006
    Messages:
    229
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    sensifitif :D opps
    sensitif, neh thred :-O
  15. Saga

    Saga IndoForum Newbie C

    No. Urut:
    3202
    Joined:
    14 Jul 2006
    Messages:
    162
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    kalp menurut g seh sebenernya konsep pacaran datang dari mereka yang berusaha merusak inti dari ajaran islam itu sendiri sehingga membuat mereka terlena akan duniawi dan melupakan kewajiban terhadap tuhannya sang pencipta yang maha agung, sebagaimana termaktub didalam qur'an itu sendiri "tidaklah aku menciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembahku ( g lupa surat apa :D) tetapi didalam qur'an juga tertulis bahwa manusia diciptakan berpasang2an.
    ini menandakan kita memang harus mengenal satu sama lain dengan lawan jenis
    untuk melanjutkan keturunan tetapi dalam kontex yang di perbolehkan lewat qur'an dan hadits rasulullah SAW.
    metoda pacaran yang banyak beredar di sekitar kita lebih identik dengan yang namanya kontak fisik sehingga menjerumuskan kita kedalam perzinahan..naudzubillahi min dzalik. sebagaimana dalam hadits rasulullah SAW " bilamana berada 2 manusia yang berbeda jenis dalam satu tempat maka orang ketiga adalah syaithan. segala macam tata cara hidup kita telah diatur didalam qur'an dan hadits dan semuanya sudah mencakup hingga akhir zaman karena hukum al qur'an memang berlaku hingga akhir zaman.

    Just my 2 cents
  16. aden

    aden IndoForum Beginner B

    No. Urut:
    9883
    Joined:
    28 Dec 2006
    Messages:
    933
    Likes Received:
    33
    Trophy Points:
    28
    Occupation:
    college student
    Location:
    http://www.indoforum.org/showthread.php?t=10424
    tapi apa kita bisa yakin kalo pasangan kita itu orang baek-baek ato sejalan dengan pikiran kita
  17. ch4oz

    ch4oz IndoForum Junior E

    No. Urut:
    5042
    Joined:
    17 Aug 2006
    Messages:
    1.726
    Likes Received:
    634
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Pengangguran Nih,... SOB. Kalo ada Lowongan jadi I
    Location:
    Berpijak di Bumi, Berjalan diatas Angin, dan Tidur
    @aden
    nih gw quote ulang :
    istilah pacaran mang ga ada, tapi dalam Islam = Perkenalan
    jadi kalo masalah yakin atau nggak nya, orang baek-baek ato sejalan dengan pikiran kita atau ngga itu tergantung seberapa jauh loe mengenal dia
  18. baby huey

    baby huey IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    2614
    Joined:
    26 Jun 2006
    Messages:
    1.049
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    48
    Location:
    Dawn of The Moon
    Ok sekarang jaman da maju, kan g perlu ketemuan and pacaran untuk mengenal lebih jauh. Lo bisa telpon2an, smsan, atau lewat chating.

    Allah g mungkin menetapkan hal ini klo bukan untuk kebaikan kita. Klo mank kalo kalian ngaku islam ya jngan pertayakan hal ini, katakan dan laksanakan yang hak itu hak dan yang batil itu batil.
  19. microgroup

    microgroup IndoForum Newbie E

    No. Urut:
    11566
    Joined:
    15 Feb 2007
    Messages:
    55
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Occupation:
    Admin
    Location:
    Bogor
    Pacaran?
    Apa c yang t'lintas dalam fikiran saat mendengar, melihat, membaca tulisan "pacaran"?
    Apa c pacaran?
    Berduaan?
    Jalan berdua?
    Makan berdua?
    Ngobrol berdua?
    Berdua ditempat sepi dengan rasa nyaman?
    Tuing"... serba berdua?
    Atau hanya sekedar ingin mengenal "siapakah dia"?
    Hehe...
    Kalau sudah mengenal gimana?
    Mau dilanjutin atau tetap mengharapkan yang lebih baik dari yang sudah dikenal??
    GubraQ.. Tuing"...
    Hihihi... itu makanya Allah melarang pacaran dalam Islam.
    Allah takut hati makhlukNya tersakiti dengan perasaan yang meluap-luap (apa itu rindu, kangen, marah, cemburu atau yang lainnya) sedangkan Allah belum ridho (karena belum menikah).
    Yang paling Allah takutkan nantinya terjadi apa yang dinamakan dengan "zinah". Zinah kecil maupun zinah besar. Naudzubillahiminzalik.

    Jadi teringat Reff lagunya Crisye. Ntah judulnya apa. Yang jelas bunyinya gini
    Tuing"... merinding bulu kuduku denger lagu itu.
    Jelas sekali Allah sangat amat sayang 'ma kita semua. Bayangin coba nanti saat waktunya kita bertemu Allah, tangan kita berkata "Ya Rabb, aku selama di dunia selalu melakukan zinah memegang tangan lawan jenis" atau kaki kita berkata "Ya Rabb, selama di dunia aku selalu berjalan menuju rumah si fulan.. si fulan.. si fulan..."

    Huaaaaaaaa..... tidaaaakk... gubraQ.
    Karena itu pacaran dilarang 'ma Allah untuk menghindari hal-hal seperti itu.

    Trus gimana dong perkenalanya?
    Banyak cara. Yang dicontohkan Rasull dan para sahabatnya diantaranya:
    1. Memperkenalkan diri pada orang tuanya dan menyampaikan maksud hati kita untuk meminang sang gadis. Dengan mengenal kehidupan orang tuanya kita bisa melihat dengan jelas bagaimana kehidupan sang gadis (calon pasangan). Insya Allah kalau Allah ridho bakalan dipertemukan dalam sebuah perjodohan.

    2. Bertanya saudaranya. Bagaimana si fulan. Kesukaannya apa si fulan. Dan sebagainya. Sebab setelah orang tua pasti saudaranya yang mengenal si gadis. Betul tidak?

    3. Bertanya pada teman dekatnya. Ingat ya... hanya teman dekat. Tidak teman yang lain. Kenapa? Takut terjebak dalam gibhah *gosip*. Hehe... dan ini urutan paling terakhir, dalam arti pintu darurat kalau tidak ada sanak famili yang bisa kita tanyai. Heheh...

    Begitu dulu aja deh :)
  20. ch4oz

    ch4oz IndoForum Junior E

    No. Urut:
    5042
    Joined:
    17 Aug 2006
    Messages:
    1.726
    Likes Received:
    634
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Pengangguran Nih,... SOB. Kalo ada Lowongan jadi I
    Location:
    Berpijak di Bumi, Berjalan diatas Angin, dan Tidur
    o0owh iya, tambahan dikit nih.
    pacran = mengenal yang gw maksud agar lebih tau bagaimana, sifat, perilaku, kebiasaan, cara berfikir, dan apakah dia bisa sejalan dengan kita dikemudian hari agar kita dapat kebahagiaan dunia akhirat, InsyaAllah.
    bukan pacaran mengenal bagian tubuh calon pasangan atau yang megang2 n sexwilda, kecap kecup, dsb. itu mah haram om /gg
    1 person likes this.

Share This Page

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG