kenapa sih malaysia gak bosen bosennya claim budaya indonesia?

Discussion in 'Forum Komplain' started by manusia ganteng, 29 Sep 2009.

  1. manusia ganteng

    manusia ganteng IndoForum Newbie A

    No. Urut:
    79997
    Joined:
    11 Sep 2009
    Messages:
    324
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Occupation:
    playboy bispak
    Location:
    Di depan monitor lu
    setelah pulau sipadan & ligitan di embat sama malaysia, beberapa rentetan claim dari malaysia atas budaya indonesia juga akhir akhir ini sangat merebak, malaysia mengaku kalau ketupat, tumpeng & debus adalah budaya-nyaX(. apa sebenarnya tujuan malaysia ini apakah promosi terselubung agar terus menerus mendapat perhatian dari dunia luar ataukah karena malaysia adalah satu satunya negara didunia yang tidak memiliki budaya?
  2. byakuya

    byakuya IndoForum Activist C

    No. Urut:
    46894
    Joined:
    25 Jun 2008
    Messages:
    14.460
    Likes Received:
    288
    Trophy Points:
    83
    ^
    kurang budaya sich.......
    jadi wajar2 aj sich......

    biar ad hal2 yg bisa dibanggakan di luar asia
  3. FiexenHere

    FiexenHere IndoForum Senior E

    No. Urut:
    64689
    Joined:
    19 Feb 2009
    Messages:
    4.269
    Likes Received:
    254
    Trophy Points:
    83
    Gender:
    Male
    Occupation:
    pengangguran nyari kuliah /swt
    Location:
    Makassar
    mereka kan hanya negara kecil /hmm
    jadi kebudayaan sdikit...
    bahkan lagu juga di klaim milik mereka... X(X(X(
  4. locke cole

    locke cole IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    13984
    Joined:
    10 Apr 2007
    Messages:
    1.460
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    Occupation:
    blon ada wong blon lulus
    Location:
    depan komputer
    harap maklum deh
    namanya juga negara g punya sumber daya alam...
    dpt devisa aje pas2an
    pake acara harus jual aer ke singapore
    sm dr pariwisata..
    berhubung mereka g punya culture laen selaen budaya melayu yah apa blh buat comot2 aje...
    ampe2 lagu kebangsaannya juga nyolong lagu org khan ;))
  5. WW The Saint

    WW The Saint IndoForum Newbie A

    No. Urut:
    25957
    Joined:
    17 Nov 2007
    Messages:
    388
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Occupation:
    Sales
    Location:
    Surabaya
    Memang cuma kreatif di bajak membajak...
    Belum lagi kayu yang kita yang di curi dijual ama mereka...X(
  6. Equity

    Equity IndoForum Junior D

    No. Urut:
    43069
    Joined:
    9 May 2008
    Messages:
    1.796
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    38
    Location:
    on the earth
    ga bosen,lha klo pas rame ma di publikasi, indonesia cuma minta permintaan maaf aja dari malaysia.
    mudah kan.....
    seharusnya malaysia didenda juga dong
  7. Shu Shirakawa

    Shu Shirakawa IndoForum Newbie E

    No. Urut:
    72896
    Joined:
    10 Jun 2009
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    karena budaya Indonesia itu indah bro!
    banyak yg ngiri
  8. Sejarahmania

    Sejarahmania IndoForum Newbie A

    No. Urut:
    74095
    Joined:
    25 Jun 2009
    Messages:
    267
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Occupation:
    Mahasiswa
    Location:
    Padang
    Editlah bro!
    Mana yang diubah nanti jadi malaysia!

    Gue rasa Malaysia tak mengenal seluruhnya budaya indonesia yang kaya ini
    Kemungkinan besar mereka tidak tahu, kemungkinan lain mereka tahu tetapi pura-pira mungkin:-/

    Coba tanya deh ma orang malaysia(langsung)!
    Chatting ma orang malaysia!
  9. Ozma

    Ozma IndoForum Junior B

    No. Urut:
    25506
    Joined:
    11 Nov 2007
    Messages:
    2.509
    Likes Received:
    49
    Trophy Points:
    48
    Gender:
    Female
    ini terkesan terlalu memojokan malaysia yah.
    kalau kita lihat dalam sejarah, malaysia dan indonesia itu 1 rumpun..

    jadi wajar kalau punya beberapa kebudayaan yang sama..
    lagipula mungkin saja malaysia sendiri tidak tau kalau budaya yg mereka klaim itu indo juga punya..

    soalnya masyarakat indo sendiri kan pada dasarnya masa bodoh dengan budaya2 itu..
    wajar negara lain tidak tau akan adanya budaya tsb..
    hanya stelah diklaim baru de sibuk sana sini..

    waktu blum diklaim..kemana nie orang2 sok sibuk ini ?
    apa mereka perduli dgn budayanya ? :)
  10. AnekaVoucher

    AnekaVoucher IndoForum Newbie F

    No. Urut:
    87804
    Joined:
    25 Dec 2009
    Messages:
    27
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    serakah itu malaysia.........
    ~ Merged ~
    padahal negara tetangga aa pun malaysia buat ampe gt...
  11. Invisible Star

    Invisible Star IndoForum Newbie A

    No. Urut:
    88832
    Joined:
    7 Jan 2010
    Messages:
    336
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    Kayaknya sudah mendarah daging orang malay tuh g suka sama Indo en emncoba merampok Indo... gw dah buktiin......seminggu sama orang Malay kayaknya seabad.... /swt nyebelin bangetz,.
  12. MasterOfAlchemy

    MasterOfAlchemy IndoForum Senior D

    No. Urut:
    67707
    Joined:
    1 Apr 2009
    Messages:
    4.780
    Likes Received:
    300
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    Mangaka, Alchemist State.
    Location:
    אלכימיה מעבדה
    kalo dari konsep logika, memang sepertinya ada pihak lain utk "sengaja" memang membuat perseteruan antara indo dan malay...... karena tujuan2 tertentu..../hmm
  13. rosa89

    rosa89 IndoForum Junior A

    No. Urut:
    77770
    Joined:
    13 Aug 2009
    Messages:
    2.688
    Likes Received:
    165
    Trophy Points:
    63
    Gender:
    Female
    Occupation:
    Staff @ PIMSF GPS
    Location:
    Serang ~ Unique World...
    Sorry /sry before...

    Barangkali karena Qt juga terlalu tidak peduli dengan budaya Qt sendiri :D, makanya Qt bisa tidak tahu kalau budaya Qt ada yang diklaim oleh mereka. Qt bisa tahu cuma gara2 peran media massa kan?, penggunaan budaya Qt sudah pernah dilakukan oleh mereka sebelumnya... Mungkin karena Qt juga bersikap terlalu cuek dengan budaya Qt sendiri...

    Peace /gawi, damai itu indah /ho.
  14. Amadeus

    Amadeus IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    71442
    Joined:
    25 May 2009
    Messages:
    1.149
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    38
    Occupation:
    mahasiswa
    Location:
    medan,Indonesia
    setuju ama mbak rosa....
    sebenarnya orang Indonesia sendiri pun tidak tau kebudayaan Indonesia kek mana...
    saya sendiri pun tidak tau seluruh kebudayaan Indonesia...

    n lagian warga Indonesia hanya buka mulut ketika media massa uda mgeluarkan suara...
    dan kenapa bisa terus terjadi perdebatan pencaplokan budaya,tuh karena kebudayaan Indonesia hanya beberapa persen yg diproteksi ke kebudayaan international..
    dan banyak yg g diproteksi secara hukum dan tidak diklaim yg akhirnya di lihat oleh malaysia(yg pada dasarnya serumpun dengan Indonesia)maka diklaim la...

    contoh ilustrasi laen: klo kita punya tanah 1 hektar,tapi kita tidak memiliki surat tanah yang sah,dan setelah beberapa tahun (ktia cuek karena merasa tuh kebudayaan sendiri dan tidak mengklaim tanah tersebut)maka suatu hari pasti ada orang yg akan mengklaim tanah tersebut dan akhirnya terjadi pertarungan yg seru....

    intinya semua karena kesalahan sendiri...
    maaf bukan mw membela negara laen..tapi ktia perlu tau kesalahan ktia sendiri kenapa selalu muncul masalah dalam kebudayaan dan dalam negara...
  15. bojongkenyod

    bojongkenyod IndoForum Senior D

    No. Urut:
    77756
    Joined:
    13 Aug 2009
    Messages:
    4.463
    Likes Received:
    215
    Trophy Points:
    63
    Occupation:
    pengangguran
    Location:
    C:\Desa_Bojongkenyod\Rumah\Toilet\Kloset
    mreka ga kreatif sekreatif kita soalnya...
  16. rosa89

    rosa89 IndoForum Junior A

    No. Urut:
    77770
    Joined:
    13 Aug 2009
    Messages:
    2.688
    Likes Received:
    165
    Trophy Points:
    63
    Gender:
    Female
    Occupation:
    Staff @ PIMSF GPS
    Location:
    Serang ~ Unique World...
    Sorry /sry before.

    Qt kan memiliki rumpun yang kurang-lebih sama dengan malaysia, barangkali ada baiknya Qt tidak men-judge keseluruhan malaysia hanya karena kesalahan beberapa orang saja. Kalau Qt lebih peduli dengan budaya kita hal ini juga tidak akan terjadi kan? ;).

    Peace /gawi damai itu indah /ho.
  17. Beam Ashigawa

    Beam Ashigawa IndoForum Senior E

    No. Urut:
    88430
    Joined:
    2 Jan 2010
    Messages:
    4.181
    Likes Received:
    33
    Trophy Points:
    48
    Occupation:
    Duelist
    Location:
    Ancient Paradise
    warga Indo kayak nya memasa bodohkan dengan hal gituan, ntar kalau udah gini baru rusuh gini..
    setidaknya Malaysia sudah berbagi kepada Indo ( Teroris )
  18. paswa

    paswa IndoForum Newbie D

    No. Urut:
    81612
    Joined:
    5 Oct 2009
    Messages:
    72
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Awalnya kalau engga salah dari orang Indonesia yang bermukim disana terus membuat kumpulan dan dipertunjukan terus pemerintah malayasia melihat wah bagus nih ayo dikembangkan...jadilah budaya Indonesia yang dibesarkan dan diperkenalkan di malayasia diakui sebagi budayanya...engga mungkinlah orang melayu bisa nge REOG contohnya:D:D
  19. Samantha

    Samantha IndoForum Senior B

    No. Urut:
    43737
    Joined:
    17 May 2008
    Messages:
    6.450
    Likes Received:
    155
    Trophy Points:
    63
    Occupation:
    Mod in some Forums,S/Aop in some Chan of MIRC AllN
    Location:
    "Only when the mountains fail to speak, the s
    mm...
    mungkin belom dapat hukuman yang bener-bener bikin jera :D
  20. arcala

    arcala IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    89881
    Joined:
    20 Jan 2010
    Messages:
    1.120
    Likes Received:
    71
    Trophy Points:
    48
    Occupation:
    All-time Newbie
    Location:
    Neverland
    Sebenarnya bibit perseteruan ini bukan cerita baru lagi.
    awal-awal tahun 1960 (sekitar 1963-1964), bibit konflik Malaysia dan Indonesia sudah tampak dengan di keluarkannya seruan oleh Ir. Soekarno (Pres. Indonesia waktu itu) untuk melakukan gerakan GANYANG MALAYSIA. Saat itu konflik ini disusupi oleh negara asing (US dan Inggris). dan bisa jadi yang di katakan oleh -MOA- diatas benar.

    selain 1 rumpun, penduduk Malaysia juga banyak yang berasal dari keturunan Indonesia. contohnya adalah Negeri Sembilan, yang mayoritas penduduknya adalah keturunan Minang Kabau. kabarnya mantan Deputi Perdana Menteri-nya (Dato' Anwar Ibrahim) juga memiliki darah Indonesia. makanya di malaysia banyak daerah/Kampung yang sama dengan nama daerah/suku di Indonesia. cth, Kampung Jawa, Kampung Bugis, Kampung Kerinci, dll. Sehingga sedikit banyak ada persamaan kebudayaan dengan Indonesia (bukan membela Malaysia ya..). hal ini bisa terjadi karena adanya proses Asimilasi/percampuran antara pendatang dari Indonesia dengan Penduduk asli Malaysia (perlu dicatat juga, bahwa sampai tahun 1984 Pemerintah Malaysia masih menerima pendatang dari Indonesia untuk bertimpat tinggal dan menjadi penduduk tetap di Negara tersebut tanpa proses yang berbelit-belit seperti beberapa tahun belakangan ini).

    Inilah akibat dari gencarnya arus modernisasi. Orang-orang sibuk memikirkan bagaimana penampilannya biar dibilang modern dengan memakan mentah-mentah kebudayaan asing tanpa menyaringnya terlebih dahulu. mereka jadi Apatis dengan keadaan di sekelilingnya dan bersifat -"SIAPA LU, SIAPA GUE"-. sehingga disaat bangsa asing (dalam hal ini bangsa barat) mempelajari budaya indonesia, bangsa indonesia malah menyibukkan diri mempelajari budaya barat. jangan - jangan tahun 2100 nanti (kalo belum kiamat), masyarakat Indonesia sudah tidak mengenal angklung, rabab, gamelan, sasando atau kesenian lainnya lagi. Jangan jangan kita hanya menjadi penonton saat orang asing (bangsa asing) mempertunjukkan ini "lho "bekas" kebudayaan Indonesia itu".

    jadi miris ane. hiks.,../sob/sob

Share This Page

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG