Iman Perempuan Kanaan Matius 15 : 21-28

Discussion in 'Kristen' started by effie, 12 Sep 2007.

  1. effie

    effie IndoForum Staff Personnel Staff Member

    No. Urut:
    601
    Joined:
    17 Apr 2006
    Messages:
    8.576
    Likes Received:
    351
    Trophy Points:
    83
    Location:
    Solo
    Hari ini kita akan belajar dari seorang wanita yang dipuji imannya oleh Tuhan Yesus sehingga ia mengalami mujijat besar dalam hidupnya dan menyelamatkan anaknya. Iman seperti apakah yang dimiliki perempuan Kanaan ini sampai ia dipuji dan mengalami mujijat besar ?

    1 Iman yang membuatnya datang kepada Tuhan Yesus.

    a. Begitu wanita itu mendengar tentang Tuhan Yesus, maka segera ia berangkat untuk datang mencari Tuhan Yesus karena ia percaya didalam Tuhan Yesus ada pertolongan untuk anaknya (Matius 15: 21-22a)

    b. Artinya : iman membuat kita datang. Kalau kita berkata bahwa kita percaya pada Tuhan, maka kita pasti akan suka datang pada Tuhan dalam ibadah dan doa serta mendengarkan Firman Tuhan.

    c. Kalau Perempuan Kanaan ini tidak datang, maka ia tidak pernah mengalami mujijat besar seperti yang ia alami ini.

    d. Banyak orang tidak mengalami mujijat besar karena tidak punya kerinduan yang besar untuk datang pada Tuhan dalam doa, ibadah dan pengajaran Firman Tuhan.

    e. Kalau kita berkata percaya kepada Tuhan Yesus maka kita harus suka datang dalam ibadah dan doa, sehingga kita mudah mendapat anugerah dan mujijat dari Tuhan Yesus.

    2. Iman yang membuatnya meminta pertolongan dengan merendahkan diri kepada Tuhan Yesus.

    a. Setelah datang, perempuan ini segera meminta pertolongan dengan rendah hati kepada Tuhan Yesus-- tidak hanya sekedar melihat atau mendengar pengajarannya-- karena ia percaya Yesus itu Tuhan ( Matius 15:22b)

    b. Iman juga akan membuat kita menghormati Tuhan dalam ibadah dan doa kita kepada Tuhan.

    3. Iman yang membuatnya pantang menyerah.

    a. Sekalipun perempuan ini mengalami permohonanya tidak dijawab Yesus, murid Yesus ingin mengusirnya dan Yesus berkata Ia hanya diutus untuk umat Israel, tetapi perempuan ini tetap meminta pertolongan karena iman membuatnya pantang menyerah (Matius 15: 23-25)

    b. Kalau perempuan ini menyerah, maka sekalipun ia sudah datang pada Tuhan Yesus, ia akan pergi dengan kegagalan.

    c. Dalam perjuangan kita, seringkali kita juga mengalami hal-hal seperti ini, kelihatannya tidak ada jawaban, ditolak dan dikatakan bukan untuk kita, dll

    d. Saat-saat seperti itu jangan pernah menyerah, karena kalau kita menyerah maka sudah tidak ada kesempatan berhasil.

    e. Tetapi selama kita tidak menyerah, maka masih ada kesempatan mendapat pertolongan dari Tuhan dan mendapat keberhasilan.

    4. Iman yang membuatnya tetap meminta, sekalipun sebetulnya tidak bisa.

    a. Sekalipun sudah dikatakan Tuhan Yesus datang tidak untuk dia dan ia digambarkan seperti anjing yang tidak layak mendapat roti yang disediakan untuk anak, tetapi perempuan ini tetap meminta karena iman yang besar kepada Tuhan Yesus ada didalam hatinya (Matius 15: 26,27)

    b. Kalau perempuan ini merasa ia orang kafir/orang berdosa yang tidak mendapat anugerah Tuhan yang besar, maka ia akan menyerah dan tidak pernah mendapatkan mujijat besar.

    c. Sekalipun kita lahir dikeluarga yang miskin/ rusak dan sekalipun kita sendiri miskin, berpendidikan rendah, jatuh dalam dosa dll kita harus belajar seperti perempuan Kanaan ini yang tetap percaya dan meminta pertolongan pada Tuhan Yesus.

    d. Iman seperti ini membuat perempuan ini dipuji dan mengalami mujijat (Matius 15:28).

    e. Waktu segala sesuatu kelihatannya tidak mungkin -- tetapi kita tetap percaya-- itulah yang disebut oleh Tuhan Yesus iman yang besar.

    f. Iman yang seperti ini yang dipuji oleh Tuhan Yesus dan mendatangkan mujijat besar.

    Marilah kita lakukan 4 hal ini sehingga kitapun dipuji dan mengalami mujijat yang besar dalam kehidupan kita.

Share This Page

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG