Gondongen

Discussion in 'Forum Kesehatan' started by effie, 14 May 2007.

  1. effie

    effie IndoForum Staff Personnel Staff Member

    No. Urut:
    601
    Joined:
    17 Apr 2006
    Messages:
    8.576
    Likes Received:
    351
    Trophy Points:
    83
    Location:
    Solo
    Gondongen atau bengok, biasanya orang Jawa menyebutnya Gondongen adalah suatu penyakit berjangkit /mewabah yang sering terjadi pada anak-anak dan remaja usia 5 - 15 tahun untuk bayi biasanya kebal.

    Kebanyakan orang hanya mendapat atau terkena gondongen 1 Kali seumur hidup, tetapi 1 : 10 mungkin akan mendapat serangan kedua. Penyakit gondongen disebabkan oleh : Virus yang menyerang " kelenjar-kelenjar parotis " yang terletak pada tiap-tiap sisi muka tepat dibawah dan didepan telinga.

    Sesudah seseorang atau seorang anak kena kontak dengan penderita, barulah ia mendapat penyakit itu. Biasanya terasa nyeri bila menelan atau mengunyah dan akan bertambah buruk apabila menelan cairan asam seperti cuka dan air jeruk. Pembengkakan yang nyeri terjadi pada sisi-sisi muka dan bawah telinga.

    Kelenjar-kelenjar di bawah dagu mungkin terasa demam sedikit, pembengkakan berlangsung 2-3 hari.

    Komplikasi

    Gondongen biasanya merupakan suatu penyakit yang ringan pada anak-anak yang lebih kecil. selama masa remaja sering lebih berat, anak remaja laki-laki mungkin juga mendapat gondongen pada buah pelir, rasanya sakit sekali dan dapat mengakibatkan kemandulan.

    Komplikasi yang lebih serius lagi, terjadi bila virus gondong menyerang otak dan susunan urat syaraf, menyebabkan radang selaput otak dan jaringan otak.

    Perawatan.

    1. Istirahat ditempat tidur beberapa hari sampai suhu tubuh normal.
    2. Kompres panas dengan kantong es pada bagian yang sakit.
    3. Berkumur dengan obat kumur yang baik untuk membersihkan lendir mulut.
    4. Usahakan minum yang banyak.
    5. Makan makanan yang lembek.
    6. Bila penderita remaja laki-laki harus diberi gamma globulin sebanyak 20 cc untuk melindungi terhadap peradangan buah pelir.

    Pengobatan tradisional
    Pada bagian yang bengkak diolesi dengan latak ( obat buat batik )
  2. Fusionist

    Fusionist IndoForum Senior D

    No. Urut:
    109
    Joined:
    26 Mar 2006
    Messages:
    4.373
    Likes Received:
    969
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Downloader & Uploader
    Location:
    究極のx64ウィンドウズビスタ
    pernah kena n rasanya sakit banget di bawah telinga~_~
    1 person likes this.
  3. quintie

    quintie IndoForum Junior E

    No. Urut:
    1001
    Joined:
    8 May 2006
    Messages:
    1.608
    Likes Received:
    558
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    StRipPeR
    Location:
    SoMeWheRe I BeLonG~
    Mak,,penyakitnya isa buat kemandulan /omg/omg


    Hiiiiii,,,Serem ihhh /wah /wah
    1 person likes this.
  4. Da_VivoS

    Da_VivoS IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    11231
    Joined:
    8 Feb 2007
    Messages:
    1.054
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    48
    Occupation:
    Student
    Location:
    AReMa City
    bedanya ama gondokan apa ya????
    masi bingun ampe sekarang
    apa cuman beda nama aja
  5. LoVe_ChiKa

    LoVe_ChiKa IndoForum Junior A

    No. Urut:
    8777
    Joined:
    17 Nov 2006
    Messages:
    3.571
    Likes Received:
    380
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    aozora.net
    Location:
    semarang
    aku juga pernah kena tapi waktu SMP, sakit banget di pipi di bawah telinga, jadi ga napsu makan soale susah untuk menelan...
  6. alcapone

    alcapone IndoForum Senior C

    No. Urut:
    6907
    Joined:
    17 Sep 2006
    Messages:
    5.787
    Likes Received:
    297
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    Anak Kuliahan :)
    Location:
    Yogyakarta & Jakarta
    pernah & 3x /.../.../...
  7. effie

    effie IndoForum Staff Personnel Staff Member

    No. Urut:
    601
    Joined:
    17 Apr 2006
    Messages:
    8.576
    Likes Received:
    351
    Trophy Points:
    83
    Location:
    Solo
    @Da Vivos
    godongen dengan gondok lain kk....
    setahu gw kalau gondongen bisa sembuh seperti post diatas.
    tapi kalau gondoken adalah penyakit kekurangan yodium, jadi ada pembesaran dileher gitu, dan perlu operasi.
  8. fresh_orange

    fresh_orange IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    12909
    Joined:
    20 Mar 2007
    Messages:
    1.281
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    48
    mudah2an gw g' pernah kena ya... takut juga....

    gw pernah lihat sepupu gw kena begituan, pipinya bengkak kilat pula kek mau meletus aja, sakit banget katanya, nyut-nyut lg.... :( :(
  9. Winter Sea

    Winter Sea IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    13263
    Joined:
    27 Mar 2007
    Messages:
    1.225
    Likes Received:
    532
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Niimiya Sea Guardian
    Location:
    Laguna Point
    weq.... /omg
    kaget gw baca yg ini... /swt

    cara mencegahnnya gmn cc effie?? /?
    ato ada makanan2 apa aja yg dapat mencegah penyakit ini/?
    3 people like this.
  10. fresh_orange

    fresh_orange IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    12909
    Joined:
    20 Mar 2007
    Messages:
    1.281
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    48
    wakwakwkakwkawkawkkaw =)) =))

    si winter ketakutan... btw gw juga takut... kalo gw mandul ntar suami gw g' dpt keturunan... bahhhhhhhhhhhh... :-O :-O
    1 person likes this.
  11. effie

    effie IndoForum Staff Personnel Staff Member

    No. Urut:
    601
    Joined:
    17 Apr 2006
    Messages:
    8.576
    Likes Received:
    351
    Trophy Points:
    83
    Location:
    Solo
    @Winter Sea
    pencegahannya apa ya.... mungin jauhi saja penderita gondongen tadi, karena melalui nafas penderita gondong bisa saja membuat kita tertular.
    sakit gondongen memang sakit bgt :D
    bagian yang sakit tadi sangat membantu jika di olesi bahan batik latak bisa cepat sembuh dan rasanya jadi dingin disekitar terjadi pembengkakan tadi.
    tapi jika berobah ke dokter, mungkin ga disarankan, jadi ya kasih sendiri /heh
  12. droc

    droc IndoForum Newbie B

    No. Urut:
    12705
    Joined:
    15 Mar 2007
    Messages:
    186
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    itu yang diatas yang bener "KELENJAR PAROTIS" bukan "PEROTIS"..
  13. bue_mochi

    bue_mochi IndoForum Beginner D

    No. Urut:
    11494
    Joined:
    14 Feb 2007
    Messages:
    576
    Likes Received:
    53
    Trophy Points:
    28
    gondongen itu sama dengan bengo ya? baru2 ini ada mahasiswaku yg kena gara2 kecapean dan panas dalam bukan ya?
  14. pepitha

    pepitha IndoForum Junior A

    No. Urut:
    9942
    Joined:
    29 Dec 2006
    Messages:
    3.242
    Likes Received:
    593
    Trophy Points:
    113
    Location:
    In Bathroom
    /hmm/hmmgw ga ngerti ama penyakitny/wah
    kira2 ada istilah yg lainny ga yah/?/?
    trus gejala2 awal ny seperti apa/?
    krn kek ny serem y penyakitny,apalagi buat yg cowo2,bisa bkn mandul khan/omg/omg
    1 person likes this.
  15. droc

    droc IndoForum Newbie B

    No. Urut:
    12705
    Joined:
    15 Mar 2007
    Messages:
    186
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    kalo gondongen bahasa kerennya MUMPS/MEASLESS.
    gejala awal demam dan nyeri pipi belakang atau bawah telinga

Share This Page

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG