Firman Tuhan

Discussion in 'Kristen' started by effie, 8 Nov 2008.

  1. effie

    effie IndoForum Staff Personnel Staff Member

    No. Urut:
    601
    Joined:
    17 Apr 2006
    Messages:
    8.576
    Likes Received:
    350
    Trophy Points:
    83
    Location:
    Solo
    Apakah Alkitab itu ?

    Istilah Alkitab berasal dari kata "Bible" (Yunani= biblos). Alkitab berbentuk sejarah, syair/puisi, nubuat, maupun surat-surat.

    Alkitab terdiri dari 2 bagian, yaitu Perjanjian Lama dan Perjanjian baru. Perjanjian Lama adalah Perjanjian yang dibuat Allah mengenai hubungan-Nya dengan manusia sebelum Tuhan Yesus datang kedunia. Didalam Perjanjian Lama kita mempunyai perjanjian dari Hukum taurat dan berisi nubuatan tentang kedatangan Tuhan Yesus (Mesias). Perjanjian Baru adalah Perjanjian yang dibuat Allah mengenai hubungan Allah bapa dengan manusia sesudah Tuhan yesus datang kedunia. Didalam Perjanjian baru kita mempunyai perjanjian dari kasih / anugerah melalui Yesus Kristus.

    Lampiran untuk diketahui :


    Perjanjian Lama

    Perjanjian Lama terdiri dari 39 kitab yang berisi 929 pasal dan 23214 ayat.

    a. Kitab tentang sejarah yang dibagi dalam 2 bagian :

    - Taurat Musa (Pentateuch) : Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, Ulangan.

    - Sejarah bangsa-bangsa : Yosua, Hakim-hakim, Rut, 1 Samuel. 2 Samuel, 1 Raja-Raja, 2 raja-Raja, 1 Tawarikh, 2 Tawarick, Ezra, nehemia, Ester.

    b. Kitab berupa puisi-puisi /sajak-sajak : Ayub, Mazmur, Amsal, Pengkotbhah, Kidung Agung.

    c. Kitab-Kitab Nubuatan, dibagi 2 kelompok, menurut urutannya:
    - 5 Kitab yag pertama adalah kitab nabi-nabi besar/utama, yaitu : Yesaya Yeremia, ratapan, Yehezkiel, Daniel.

    - 12 Kitab selanjutnya adalah kitab nabi-nabi kecil : Hosea, Yoel, Amos, Obaja, Yunus, Mikha< Nahum, Habakuk, Zefanya, Hagai, Zakharia, maleakhi.

    Perjanjian Baru

    perjanjian Baru terdiri dari 27 kitab yang berisi 260 pasal dan 959 ayat.

    a. Kitab-kitabInjil yaitu Matius, Markus, Lukas, Yohanes.

    b. Kisah Para Rasul (Kitab Sejarah)

    c. 21 Kitab berikutnya adalah berupa surat-surat :
    Tulisan Rasul Paulus, dibagi dalam 2 kelompok yaitu :

    - Surat ditulis untuk gereja/jemaat : Roma, 1 Korintus, 2 Korintus, galatia, Efesus, Kolose, Filipi, 1 Tesalonika, 2 Tesalonika.

    - Surat-surat pribadi atau perorangan atau ditulis untuk menggembalakan : 1 Timotius, 2 Timotius, Titus, Filemon, Ibrani.

    d. Tujuh surat berikut adalah surat-surat yang umum dan nama surat-surat ini adalah nama penulisnya : Yakobus, 1 Petrus, 2 Petrus, 1 Yohanes, 2 Yohanes, 3 Yohanes, Yudas,

    e. Satu Kitab yang terakhir yaitu Kitab Wahyu : berisikan nubutan yakni Wahyu Tuhan Yesus Kristus yang diberikan pada rasul Yohanes di Pulau Patmos ( Wahyu 1 : 1)

    B. Alkitab adalah Firman Tuhan.

    Lita meyakini bahwa Alkitab Perjanjian Lama da Perjanjian Baru adalah Firman Tuhan. Ada beberapa hal yang bisa menguatkan iman percaya kita kepada hal ini, antara lain :

    1. Alkitab Menegaskan Dirinya Sebagai Firman Allah.

    a. Didalam Perjanjian Lama terdapat 3.808 kata "Allah Berfirman" dipakai.

    b. Beberapa penulis Alkitab menyatakan bahwa Allah yang memerintahkan mereka untuk menulis (Keluaran 34 : 27 ; yeremia 30: 1-2; 1 Korintus 14:320.

    c. Beberapa kali juga dikatakan bahwa Alkitan adlah Firman Allah (Matius 22:9; 5:18; Roma 3: 1-2)

    d. Tuhan Yesus sendiri menyaksikan bahwa Alkitab adalah Filham Allah yang berotoritas (Matius 19:4-5;22:41-46).

    2. Alkitab memiliki Kesatuan Isi.

    Sejarah penulisan Alkitab membuktikan bahwa sekalipun ditulis oleh 40 orang yang berbeda kedudukan sosialnya, masanya, dan tidak saling mengenal karena jarak penulis pertama dan terakhir sekitar 1.600 tahun, tetapi memiliki isi yag saling berkesinambungan dalam 1 tema yaitu penyelamatan manusia oleh Yesus Kristus. Jika bukan karena Alkitab adalah perkataaan Tuhan, tentu hal itu tidak mungkin.

    3. Keseluruhan Alkitab diilhami oleh Roh Kudus dan berfaedah bagi kita

    "Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran." (2 Tim 3:16)

    Semua yang tertulis didalam Alkitab baik dalam bentuk sejarah, syair, kisah para nabi, surat-surat, semuanya adalah Firman/perkataan Tuhan sendiri. Terjadinya Alkitab melalui proses pengilhaman, yaitu Allah memberi ilham / wahyu kepada manusia yang telah dipilih-Nya, lalu mereka menuliskan dalam bentuk kitab. Tujuannya adalah supaya manusia mengetahui kehendak-Nya. Ilham Allah diberikan melalui Roh-Nya pada pikiran manuisa melalui kejadian, peristiwa, visi (penglihatan) dan segal ahal yang diilhaminya, kemudian Roh Allah mendorong mereka untuk menyatakan/mengungkapkandengan tulisan tepat seperti apa yang Allah kehendaki.

    4. kalau dipercayai dan dilakukan mendatangkan anugerah.

    Jika Firman Tuhan dipercayai dan diterima dalam hat i kita, maka Firman Tuhan akan menjamah dan memperbarui hati kita, maka kita seperti orang bijaksana yang mendirikan rumahnya diatas batu karang. (Matius 7 :24)
    "Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.

    Sedangkan orang yang tidak mempercayai-Nya dan tidak melakukannya, ia seperti orang bodoh yang mendirikan rumahnya diatas pasir, maka ia akan mudah roboh. (Mat7:26,27)
    Contoh:
    a. Jika kita mempecayai kebenaran didalam Alkitab bahwa Allah itu peyembuh, maka kita mengalami kesembuhan dari Tuhan.

    b. Jika kita mempercayai janji-janji didalam Alkitab tentang keselamatan, maka kita akan menerima keselamatan, dll.

    5. Alkitab tetap terjaga sepanjang masa.

    Walaupun dicoba dimusnahkan, namun Alkitab tetap bertahan, bahkan terus tersebar diperbagai belahan dunia. Alkitab paling banyak dicetak dalam berbagai bahasa. Alkitab selalu up to date dan menjawab segala kebutuhan.

    C Bagaimana kita mendapat berkat dari Firman Allah ?

    Satu-satunya yang harus kita lakukan agar kita dapat berkat Firman Tuhan didalam Alkitab adalah, dengan mempelajari dan mengaplikasikan Firman Tuhan dalam kehidupan kita. Ada 4 langkah yang dapat kita lakukan untuk mempelajari dan mengaplikasikan Firman Tuhan, ini kita sebut dengan istilah "4 D" yaitu :

    1. Dicatat. ( Yohanes 20 :31)
    tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

    Langkah untuk mencatat dapat kita lakukan melalui :

    a. Mendengarkan Firman Tuhan.

    Rom 10:17
    Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

    Untuk mendengarkan Firman Tuhan bisa kita lakukan dengan banyak cara, antara lain:

    1. mendengarkan kotbah di ibadah Raya.
    2. mendengarkan kotbah Radio
    3. mendengarkan kaset-kaset kotbah.
    4. Mendengarkan kotbah TV/VCD, DVD

    Pada saat teduh, bacalah Firman Tuhan dengan bersuara agar telinga kita mendengarkan Firman Tuhan.

    B. Membaca Firman Tuhan.
    Ul 17:19
    Itulah yang harus ada di sampingnya dan haruslah ia membacanya seumur hidupnya untuk belajar takut akan TUHAN, Allahnya, dengan berpegang pada segala isi hukum dan ketetapan ini untuk dilakukannya,

    MEmbaca adalah bagian penting dalam memahami Firman Tuhan. Seberapa sering saya harus membaca Firman Allah ? ... Setiap hari !! Dan disetiap kesempatan ! Jika saudara membaca kira2 15 menit setiap hari, saudara dapat membaca seluruh Alkitab setahun sekali ! Mulailah sekarang, hanya 15 menit saja, nanti saudara akan meningkatkan sendiri jumlah waktunya.



    C. Mencatat Firman Tuhan.

    Setelah kita mendengar dan membaca Firman Tuhan, segeralah untuk mencatatnya. Ada keuntungan yang akan kita dapatkan, yaitu :

    1. Kita akan lebih berkonsentrasi dalam mendengarkan dan membaca.
    2. Kita akan lebih mengerti sebab dapat dipelajari dikemudian hari.

    2 Direnungkan (Mazmur 1: 2-3)
    Maz 1:2 tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.
    Maz 1:3 Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.


    Arti merenungkan adalah mengfokuskan pikiran dan hati kita pada ayat-ayat Firman Tuhan sampai kita mendapatkan atau menemukan kehendak Tuhan melalui Firman Tuhan bagi kita secara pribadi. Tujuan merenungkan adalah suapaya kita dapat menghisap Firman Tuhan, menerma hikmat / rhema /petunjuk / wahyu dari Allah dan pengurapan Allah. Kemudian petunjuk dari Allah itu mulai diterapkan dalam hidup kita.

    Keuntungan merenungkan Firman Tuhan

    a. Kunci untuk menjadi serupa dengan Kristus.

    "Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna." Roma 12:2

    "Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar." 2 Kor 3 : 18

    b. Kunci kepada Doa yang dijawab.

    "Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya." Yohanes 15 :7

    c. Kunci kepada kehidupan yang berhasil.

    "Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi." Joshua 1 : 7
  2. stanza

    stanza IndoForum Staff Staff Member

    No. Urut:
    44969
    Joined:
    31 May 2008
    Messages:
    441
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Location:
    stanza
    3. Dilakukan (Matius 24:46-47)
    Firman Tuhan yang telah kita renungkan kemudian harus dilakukan/ diaplikasikan.
    Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan, antara lain:

    a. Menghafal Firman Tuhan

    Kalau kita menghafalkan banyak ayat-ayat Firman Tuhan, maka akan memberikan banyak manfaat, yaitu:

    1) Suatu Firman itu akan menjadi "rhema" pada saat kita diperhadapkan pada masalah, dan Firman itu akan menjadi petunjuk kita untuk bertindak.

    "Atas petunjuk peringatan-peringatan-Mu aku bergembira..." (Mazmur 119:14)

    2) Membuat hidup kita jadi bijak dan menolong kita membuat keputusan yang bijak. Firman Tuhan yang kita hafal akan menjadi alat Tuhan untuk mengingatkan kita setiap kali kita membutuhkannya, sebab jika kita tidak menghafal, tidak ada yang dapat Tuhan ingatkan.

    "Perintah-Mu membuat aku lebih bijaksana dari pada musuh-musuhku." (Mazmur 119:98)

    "Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku" (Mazmur 119:105)


    3) Memberi kekuatan bagi kita ketika berada dalam tekanan. Setiap orang pasti pernah mengalami tekanan dalam hidup. Firman Tuhan yang menjadi rhema akan memberikan kepada kita kekuatan iman, sebab janji-janji Tuhan itu sangat berkuasa ketika kita mempercayainya.

    "...Firman yang Kaukatakan kepada hamba-Mu...telah membuat aku berharap." (Mazmur 119:49)

    4) Menghibur saat sedih
    Penghiburan dari manusia dangat terbatas, tetapi penghiburan Allah tidak terbatas. Pertolongan-Nya untuk semua orang dan setiap waktu. Jika kita mempercayai Firman Tuhan dengan sungguh, maka Roh Kudus akan memberikan kekuatan di hati kita.

    "...Firman-Mu itu menjadi kegirangan bagiku, dan menjadi kekuatan hatimu..." (Yeremia 15:16)

    5) Menolong kita untuk menolak dosa
    Firman Tuhan itu kekuatan kita untuk bertindak menolak tawaran dosa. Orang yang hidupnya dekat dengan Allah dan firman-Nya, maka ia akan mendapat kekuatan untuk melawan badai dosa yang menggoda.

    "Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau." (Mazmur 119:1)

    b. Mempercayai dan menerimanya untuk kehidupan kita sendiri

    Dan karena itulah kami tidak putus-putusnya mengucap syukur juga kepada Allah, sebab kamu telah menerima firman Allah yang kami beritakan itu, bukan sebagai pekerjaan manusia, tetapi dan memang sunguh-sungguh demikian sebagai firman Allah, yang bekerja juga di dalam kamu yang percaya. (1 Tesalonika 2:13)

    Firman Tuhan yang sudah kita dengar, kita baca, kita hafal dan kita renungkan, Firman Tuhan itu juga yang harus kita percayai. Sebab ketika kita mempercayainya sebagai perkataan Allah sendiri, maka firman Tuhan akan bekerja dan memberikan kuasa dalam hidup kita.

    c. Komitmen

    Lakukan proyek ketaatanatau tindakan yang kana dilakukan untuk menerapkan kebenaran Firman Tuhan. Tidak melakukan yang dilarang Firman Tuhan, dan melakukan yang dianjurkan Firman Tuhan.

    Lebih aik jika setiap hari Saudara memiliki waktu khusus untuk bersaat teduh.. Karena pada saat itulah kita memiliki waktu yang banyak untuk mendengar suara Tuhan. Apa yang Firman Tuhan katakan, segeralah untuk melakukannya, maka Saudara akan mengalami kedasyatan Tuhan.

    4. Diceritakan (Yohanes 4:28-30)

    "Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri." (Yakobus 1:22)

    Ceritakan dan saksikan kepada orang laim tujuannya supaya kita dapat menjadi terang/ saksi Tuhan/ memuliakan Tuhan, membangun orang lain,dankita akan semakin dikuatkan.

    D. FAEDAH MEMPELAJARI ALKITAB

    "Janganlah engkau memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati..., sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung" (Yosua 1:8)

    I. Tindakan kita akan hati-hati dan hidup kita akan berhasil dan beruntung

    Didirikanlah bagimu rambu-rambu jalan, pasanglah bagimu tanda-tanda jalan; perhatikanlah jalan raya baik-baik, yakni jalan yang telah kautempuh! Kembalilah, hai anak dara Israel, kembalilah ke kota-kotamu ini! (Yeremia 31:21)

    Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

    (Yeremia 29:11) "Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu." (Mazmur 119:9)

    Firman Tuhan akan menjadi rambu-rambu bagi jalan hidup kita. Kita akan dituntun dalam hidup kita sesuai dengan kehendak Tuhan. Janji Tuhan bagi kita adalah jaminan yang pasti. Jika Ia berjanji akan memberikan masa depan yang penuh harapan dan kita mempercayainya, maka hal itu akan terjadi dalam hidup kita.

    Firman Tuhan adalah rel yang akan membawa kita kepada kehendak Allah. Ketika kita mendengar didikan Firman Tuhan, memang kadangkala sangat tidak enak bagi daging kita, tetapi itu sangat baik untuk membuat roh kita menjadi kuat. Keinginan roh itu yang berkenan di hati Allah.

    2. Membuat kita mengenal dan mengerti kebenaran Allah

    Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah." (Yohanes 1:1)

    "Jadikanlah mereka milik khusus Bapa melalui kebenaran; perkataan Bapa itulah kebenaran." (Yohanes 17:17)


    Firman itu adalah Allah sendiri. Jadi ketika kita semakin membaca dan mengenal Firman-Nya, kita sedang belajar mengenal Dia. Orang-orang yang sungguh-sungguh mengenal Allah adalah orang-orang yang kuat (Daniel 10:32)

    3. Memberi kemerdekaan rohani

    "..."Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekaan kamu." (Yohanes 8:31-32)

    "Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau." (Mazmur 119:11)


    Dosa yang kita lakukan akan menjadi selah bagi iblis untuk menyerang dan membelenggu kita. Dengan kekuatan kita sendiri mustahil kita dapat bebas. Firman Allah jaminan bagi kemerdekaan kita sebab Firman itu adalah perkataan Allah sendiri yang berkuasa.

    4. Memberi kesucian dan kebersihan rohani

    "Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu." (Yohanes 15:3)

    "untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikan dengan memandikan dengan air dan firman" (Efesus 5:26)


    Firman Allah adalah kudus. Firman Tuhan yang kita dengar dan percayai akan menuntun hidup kita kepada kesucian hidup.

    5. Memberi terang dalam kehidupan kita

    "Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku." (Mazmur 119:105)

    Kita berada di dalam dunia yang gelap, iblis dengan segala tipu dayanya berusaha menguasai berbagai aspek hiddup manusia. Firman Tuhan menjadi pelita bagi kita agar kita tidak tersesat atau terjebak ke jalan yang salah dan jerat yang dipasang iblis. Firman Tuhan menuntun kita untuk tetap berada di dalam terang Allah.

    6. Membangun iman kita

    ...karena Injil adalah kekuatan Allah... di dalamnya nyata keberatan Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada eman, seperti ada tertulis: "Orang benar akan hidup oleh iman. (Roma 1:16-17)

    Apa yang kita dengar dapat mempengaruhi hidup kita. Hal-hal negatif yang kita dengar dapat merusak hidup kita. Mendengar Firman Tuhan adalah mendengar hal yan positif. Karena Firman Tuhan itu hidup dan berkuasa, maka saat kita mendengar Firman Tuhan, Firman itu akan bekerja dalam hidup kita, dan Firman itu akan membangun iman kita.

    7. Mendapat kesehatan/ Kesembuhan

    "Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara TUHAN,Allahmu, dan melakukan apa yang benar di mata-Nya dan memasang telingamu kepada perintah-perintah-Nya dan tetap mengikuti segala ketetapan-Nya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit manapun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Aku Tuhanlah yang menyembuhkan engkau." (Keluaran 15:26)

    "tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang mengahsilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil." (Mazmur 1:2-3)


    Orang yang kesukaannya adalah Firman Tuhan dan merenungkan Firman itu siang dan malam akan seperti pohon yang tumbuh segar, ia akan terpelihara kesehatannya dan tidak dibiarkan kesegaran tubuhnya hilang. Bagi yang sakit, jika Firman Tuhan diterima dengan iman akan memiliki kuasa kesembuhan. Perwira di Kapernaum percaya bahwa satu kata saja dari Tuhan Yesus berkuasa menyembuhkan hambanya yang sakit, dan hal itu benar-benar terjadi

Share This Page

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG