Bumi Terancam Tabrakan Asteroid

Discussion in 'Science & Philosophy' started by Bulubabi, 22 Feb 2007.

  1. Bulubabi

    Bulubabi IndoForum Junior B

    No. Urut:
    6034
    Joined:
    4 Sep 2006
    Messages:
    2.583
    Likes Received:
    239
    Trophy Points:
    63
    Location:
    Classified
    Bumi Terancam Tabrakan Asteroid


    [​IMG]
    Foto asteroid bernama 243 Ida yang diambil wahana Galileo milik NASA pada tahun 2003.

    SAN FRANSISCO, RABU - Sebuah asteroid diperkirakan akan melintas dekat Bumi pada tahun 2036. Jika tabrakan tak dapat dihindarkan, sebuah kota bahkan kawasan yang lebih luas bisa luluh lantak. Karena itu, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) didesak untuk meyiapkan strategi khusus menghadapi ancaman semacam ini.

    Sebuah asteroid yang diberi nama Apophis akan melintas pada posisi terdekat dengan Bumi pada 13 April 2036. Peluangnya menabrak Bumi 1 berbanding 45.000. Meski peluang tabrakan dengan Bumi relatif kecil, Badan Antariksa AS (NASA) telah mendeteksi ratusan bahkan ribuan asteroid yang saat ini tengah bergerak mendekati Bumi. Bahkan, NASA telah diberi mandat Konggres AS untuk mengamati secara lebih rinci pergerakan asteroid-asteroid yang melintas ke arah Bumi.

    "Tidak hanya Apophis yang kami amati. Setiap negara berisiko terancam. Kami membutuhkan prinsip-prinsip dasar untuk menghadapi masalah ini," ungkap Rusty Schweickart, mantan astronot Apollo 9 yang mengorbit Bumi pada tahun 1969, di depan konferensi Asosiasi untuk kemajuan Sains Amerika (AAAS). Ia juga akan menyampaikan usulan penyusunan cetak biru untuk menghadapai ancaman asteroid di depan kepada Komite PBB Pemanfaatan Ruang Angkasa untuk Tujuan Damai minggu depan.

    Schweickart menambahkan, sejumlah mantan astronot dan kosmonot yang tergabung dalam Asosiasi Penjelajahan Ruang Angkasa berencana menggelar rangkaian workshop tingkat tinggi untuk mendiskusikan langkah yang dibutuhkan. Hasil kegiatan ini akan dijadikan dasar penyusunan proposal resmi yang akan diajukan kepada PBB pada tahun 2009. Harapannya, PBB dapat mengadopsi metode tersebut untuk menghadapi setiap ancaman asteroid dan dapat menentukan kapan dan apa yang harus dilakukan.

    Salah satu pendekatan jitu yang telah mengemuka saat ini adalah mengubah jalur pergerakan asteroid dengan memanfaatkan gaya gravitasi. Ed Lu, mantan astronot yang pernah bertugas di Stasiun Antariksa Internasional (ISS), menyatakan sebuah wahana mungkin sebaiknya dikirim ke sana sebagai Traktor Gravitasi yang akan menarik asteroid sedikit demi sedikit sehingga jalurnya berbelok. Sebaliknya, menghancurkan sebuah asteroid dengan bom atom seperti yang digambarkan film-film fiksi ilmiah, menurutnya, justru memperbesar peluang pecahan-pecahannya menabrak Bumi.

    Untuk membelokkan asteroid seukuran Apophis yang panjangnya mencapai 140 meter dibutuhkan waktu sekitar 12 hari. Meskipun demikian, NASA memperkirakan pengaruh gaya tarik sangat tergantung jenis batuan yang menyusun asteroid dan sudut kerjanya. Biaya yang dibutuhkan diperkirakan sekitar 300 juta dollar AS. Makin cepat diluncurkan, makin sedikit energi dan ongkos yang dibutuhkan. Tingkat keberhasilannya menjauhkan dari Bumi juga semakin besar.
  2. Erica

    Erica IndoForum Senior B

    No. Urut:
    8373
    Joined:
    1 Nov 2006
    Messages:
    5.821
    Likes Received:
    381
    Trophy Points:
    83
    Location:
    Be Aware Nothing For Free
    apakah kejadian purbakala akan terulang lagi /wah
  3. micro

    micro IndoForum Junior E

    No. Urut:
    667
    Joined:
    20 Apr 2006
    Messages:
    1.648
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    48
    Occupation:
    Gak poenya Job
    Location:
    Gak poenya Location
    Dan kiamat itu hanyalah sebuah kejadian kecil di sistem tata surya???
  4. Ueto Aya

    Ueto Aya IndoForum Junior E

    No. Urut:
    3134
    Joined:
    12 Jul 2006
    Messages:
    1.655
    Likes Received:
    108
    Trophy Points:
    63
    Occupation:
    Programmer
    Location:
    Nerima-ku, Tokyo, Japan
    2036.... hmm 29 tahun lagi... berarti umur gw 24+29 = sekian.... udah cukup lah menikmati hidup.../ok/ok
  5. T!T!~ch@/\/

    T!T!~ch@/\/ IndoForum Banned

    No. Urut:
    1035
    Joined:
    11 May 2006
    Messages:
    21.523
    Likes Received:
    1.324
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Owner LiRoNet and Founder Livindre
    Location:
    Surabaya
    wew berarti akan terjadi kepunahan /swt /wah
  6. Clow

    Clow IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    7297
    Joined:
    25 Sep 2006
    Messages:
    1.438
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    48
    Waaaahh....gawat donk...itu belum tau bakalan jatuh dimn yah?
  7. Bulubabi

    Bulubabi IndoForum Junior B

    No. Urut:
    6034
    Joined:
    4 Sep 2006
    Messages:
    2.583
    Likes Received:
    239
    Trophy Points:
    63
    Location:
    Classified
    bedeh...

    berlebihan kalo di bilang sampe kiamat...

    kalo ga bisa di hindari, paling yang hancur cuman sebesar 1 kota besar ato paling parah 1 negara.... tapi ga sampe kiamat larrrrr/e4/e4/e4
    1 person likes this.
  8. T!T!~ch@/\/

    T!T!~ch@/\/ IndoForum Banned

    No. Urut:
    1035
    Joined:
    11 May 2006
    Messages:
    21.523
    Likes Received:
    1.324
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Owner LiRoNet and Founder Livindre
    Location:
    Surabaya
    negara mana ya kira kira yg bakalanmusnah /wah /swt
  9. ch4oz

    ch4oz IndoForum Junior E

    No. Urut:
    5042
    Joined:
    17 Aug 2006
    Messages:
    1.726
    Likes Received:
    634
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Pengangguran Nih,... SOB. Kalo ada Lowongan jadi I
    Location:
    Berpijak di Bumi, Berjalan diatas Angin, dan Tidur
    wah kalo yg satu itu dah siap nih kayaknya Korea Utara
    dia siapin nuklir yang paling wah
    kalo kira2 tuh Asteroid mendekat ke bumi, dia luncurkan roketnya lalu BOOM
    nga sampe dah tuh Asteroid /e4
  10. T!T!~ch@/\/

    T!T!~ch@/\/ IndoForum Banned

    No. Urut:
    1035
    Joined:
    11 May 2006
    Messages:
    21.523
    Likes Received:
    1.324
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Owner LiRoNet and Founder Livindre
    Location:
    Surabaya
    berarti terima kasih ama korut dunk /gg
  11. second_walkrue

    second_walkrue IndoForum Beginner D

    No. Urut:
    9501
    Joined:
    14 Dec 2006
    Messages:
    644
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    Occupation:
    duduk di depan kompi
    Location:
    di tangerang skrg...
    tp bukannya klo pake nuklir masi ad kemungkinan pecahan2nya nabrak bumi/?
  12. ch4oz

    ch4oz IndoForum Junior E

    No. Urut:
    5042
    Joined:
    17 Aug 2006
    Messages:
    1.726
    Likes Received:
    634
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Pengangguran Nih,... SOB. Kalo ada Lowongan jadi I
    Location:
    Berpijak di Bumi, Berjalan diatas Angin, dan Tidur
    khan ledakinnya diluar atmosfer bumi, dan sisa pecahannya yang akan masuk ke bumi akan terbakar di atmosfer dan menjadi serpihan2 kecil bahkan mungkin tidak sampe ke bumi /ok
  13. T!T!~ch@/\/

    T!T!~ch@/\/ IndoForum Banned

    No. Urut:
    1035
    Joined:
    11 May 2006
    Messages:
    21.523
    Likes Received:
    1.324
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Owner LiRoNet and Founder Livindre
    Location:
    Surabaya
    semoga aja bisa d bom dengan uklir deh /no1
  14. ch4oz

    ch4oz IndoForum Junior E

    No. Urut:
    5042
    Joined:
    17 Aug 2006
    Messages:
    1.726
    Likes Received:
    634
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Pengangguran Nih,... SOB. Kalo ada Lowongan jadi I
    Location:
    Berpijak di Bumi, Berjalan diatas Angin, dan Tidur
    kalo doa gw :
    semoga hal tersebut diatas ( tabrakan ) tersebut tidak terjadi /e18
  15. second_walkrue

    second_walkrue IndoForum Beginner D

    No. Urut:
    9501
    Joined:
    14 Dec 2006
    Messages:
    644
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    Occupation:
    duduk di depan kompi
    Location:
    di tangerang skrg...
    yah semoga aj gak terjadi /hmm

    tp manusia setidaknya musti berusaha jg sii

    kan akhirnya nuklir berguna jg /heh bkn untuk ngancurin bumi tp untuk nyelametin /no1
  16. T!T!~ch@/\/

    T!T!~ch@/\/ IndoForum Banned

    No. Urut:
    1035
    Joined:
    11 May 2006
    Messages:
    21.523
    Likes Received:
    1.324
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Owner LiRoNet and Founder Livindre
    Location:
    Surabaya
    klo d buat negatif sih bisa negatif tp klo d buat positif bisa positif juga tuh nuklir /no1 tergantung dari manusianya /gg
  17. ch4oz

    ch4oz IndoForum Junior E

    No. Urut:
    5042
    Joined:
    17 Aug 2006
    Messages:
    1.726
    Likes Received:
    634
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Pengangguran Nih,... SOB. Kalo ada Lowongan jadi I
    Location:
    Berpijak di Bumi, Berjalan diatas Angin, dan Tidur
    ya betul cc T!T!, nuklir emang bisa tuk kebaikan n kejahatan
    kalo baik ya untuk sumber energi
    kalo jaat ya untuk menghancurkan
    pisau untuk memotong sayur aje bisa jadi alat membunuh apalagi nuklir
    sama seperti otak manusia, sebab otak adalah senjata yang paling berbahaya
  18. T!T!~ch@/\/

    T!T!~ch@/\/ IndoForum Banned

    No. Urut:
    1035
    Joined:
    11 May 2006
    Messages:
    21.523
    Likes Received:
    1.324
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Owner LiRoNet and Founder Livindre
    Location:
    Surabaya
    bener tuh om caos semua berawal dari otak manusia /wah semakin jaat tuh otak maka semakin berbahaya tuh tindakan yg akan d lakuin oleh manusia itu sendiri /sob
  19. ch4oz

    ch4oz IndoForum Junior E

    No. Urut:
    5042
    Joined:
    17 Aug 2006
    Messages:
    1.726
    Likes Received:
    634
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Pengangguran Nih,... SOB. Kalo ada Lowongan jadi I
    Location:
    Berpijak di Bumi, Berjalan diatas Angin, dan Tidur
    kenapa yah kalau orang sudah memiliki kekuatan selalu ingin berkuasa /?
    mengapa mereka tidak menggunakan kekuatan yg mereka miliki tuk membantu yg lemah, eh ini malah menginjak yg lemah, dasar /pif
  20. LoVe_ChiKa

    LoVe_ChiKa IndoForum Junior A

    No. Urut:
    8777
    Joined:
    17 Nov 2006
    Messages:
    3.571
    Likes Received:
    380
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    aozora.net
    Location:
    semarang
    yang jelas... klo tabrakan ini sampai terjadi.... kita cuma ada 2 pilihan say...
    hidup atau mati /gg /gg

    mudahan aja nuklirnya korut berhasil menghalau asteroid itu

Share This Page

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG