(ask)cara masak kepiting yang enak

Discussion in 'Forum Kuliner' started by GreatKamisama, 25 Jul 2007.

  1. GreatKamisama

    GreatKamisama IndoForum Junior C

    No. Urut:
    13664
    Joined:
    4 Apr 2007
    Messages:
    2.189
    Likes Received:
    389
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    waw
    Location:
    deket jakarta
    gmana yak caranya??
    kalo isa sama minta resep nasi goreng seafood donk yang enak
  2. LoVe_ChiKa

    LoVe_ChiKa IndoForum Junior A

    No. Urut:
    8777
    Joined:
    17 Nov 2006
    Messages:
    3.571
    Likes Received:
    380
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    aozora.net
    Location:
    semarang
    Tips2 Persiapan memasak kepiting FROM ftjenet

    Cara mateni kepiting

    * Supaya mati tetapi tidak sadis dan dagingnya tetap enak, caranya sebagai berikut: MATANE KEPITING DI "ITIK-ITK" NGANGGO SUJEN SATE SAMPAI MATI.
    -- Pudjiono'80
    * Pembantu ortuku di kampung bekas ahli masak hotel (dulu), memasak kepiting dengan cara dicelupin air mendidih langsung. Jangan pakai teknik mutilasi atau ditusuk dulu biar mati baru dimasak. Cairan tubuhnya banyak keluar dan ujungnya, dagingnya ndak penuh lagi. So, cara 'hot dip' memang yang paling baik.
    -- hien86
    * Cong, saya kasih cara yg rada canggih sedikit. Itu kepiting yg mo di bunuh dicuci dulu yg bersih, kemudian masukkan aja ke MICROWAVE OVEN Barang 15 detik setting power Max, ditanggung Bablas.
    -- Budi Sotya'84
    * Ini ada tip utk melumpuhkan kepiting, dijamin manjur, dan tidak bakal dijepit.
    Kalau kita beli kepiting biasanya dalam keadaan hidup, tapi diikat tali. (Kecuali ucul...) Waktu masih diikat, taruh aja di dalam air es beberapa menit. Kepiting akan lumpuh (termasuk jepitnya), kmd. buka ikatannya, cuci dulu supaya bersih, lalu cemplungkan ke air mendidih. Wis matek....kepitinge.
    -- Suwandhy '87
    * Cara mateni kepiting yang teksek:
    Balik badan kepiting, cari titik tengah pertemuan tutup perut bagian bawah, tancapkan sebatang bambu/sumpit/pisau, lalu ditinggal pergi, kembali lagi 2-3 menit yang bersangkutan dijamin sudah menghadap giam lo ong
    -- Ben Astono '83


    Beda kepiting jantan dan betina

    * kalau cuma bedakan kepiting jantan dan betina mah muda, yg betina dibadan bagian bawah ada bagian yg bisa dibuka dan lebar bentukanya, kalau yg jantan lebih sempit bukaannya.
    (Lha bagian yang anda maksud itu yang mana ? Kalo cuman lebar sempit manusia juga sama dimana yang betina dibadan bagian bawah ada yang bisa dibuka dan lebar bentuknya, kalo yang jantan lebih sempit bukaannya cuman bentuknya kayak lenjer (empek-empek palembang)....he..he..he.....
    -- VeriS '92)
    Yang saya maksud, dibagian perut kalau anda perhatikan ada semacam tutup yg berbentuk "segitiga" (seperti manusia lagi ?), kalau bentuk segitiganya lancip itu cowok, tapi kalau segitiganya melebar itu cewek.
    -- robert'76
    * Untuk membedakan kepiting berkelamin jantan dan betina dilihat dari bentuk dan ukuran tutup perutnya. Kepiting jantan memiliki tutup perut yang lancip menyempit, sedangkan kepiting betina tutup perutnya bundar dan lebar. Dari segi fisik pada umumnya yang jantan lebih gede dan betina sebaliknya.
    -- Ben Astono'83
    * Ada satu lagi pak. Yang disebut Kepiting Banci. Kepiting jenis ini pada bagian segitiga perutnya tidak menyempit dan juga tidak melebar alias di antara keduanya. Kalau yang doyan kepiting mestinya tahu kepiting banci ini, karena rasa 'telor'nya (sebenarnya bukan telor, agak berwarna putih) jauh lebih enak daripada yang betina. Kalau membedakan jantan dan betina saja tidak bisa, ya mungkin agak susah untuk menentukan jenis kepiting ini.
    -- Yo Hanapi '80
    * Asal jawabanya jangan spt anekdot spt ini:
    beda kepiting betina dan jantan adalah mudah. Kepiting betina adalah kepiting yg memakan nyamuk jantan dan kepiting jantan adalah kepiting yg memakan nyamuk betina.
    Lalu bgm membedakan nyamukjantan dan nyamuk betina, waaahh... itu bukan keahlian "Pendekar Kepiting", tanya saja kpd "Pendekar Nyamuk". Lha..!
    -- ferryanto'81
    * Utk yg jago main teka-teki, coba jawab ANAK KEPITING LEHERNYA DIMANA?
    -- Pranata72.
    (Catatan redaksi: unsolved mistery...)


    Tips lainnya

    * Kepiting itu akan bertelur pada saat bulan purnama, kalau kepiting sooka itu bukan kepiting anakan spt yg pernah ditulis oleh salah satu milis kemarin tapi merupakan metamorh pergantian kulit, semua binatang bercangkang selalu pada saat tertentu akan melepas kulit yg keras untuk menjadi lebih dewasa dan saat ganti kulit inilah untuk kepiting jadi disebut kepiting sooka. Hal ini juga terjadi pada udang sampai lobster, mereka akan meninggalkan "rumah' yg keras dan membawa kulit baru yg masih lunak.
    Itu memang susah dibayangkan, tapi begitulah alam telah menentukan nasib buat binatang bercangkang.
    -- robert'76
    * Satu lagi rahasia kakek nenek nih, kalau merebus kepiting airnya harus diberi arang (baik yg dari batok kelapa maupun yg kayu) untuk menghilangkan racun, serta boleh ditambah jahe (kalau ini pasti banyak yg tahu) untuk menghilangkan bau amisnya.
    -- robert'76
    * Saya lupa satu hal, untuk check ada tidaknya telor juga bisa dilihat dari segitiga itu juga, anda tinggal buka 'sedikit saja, kalau memang bertelor akan langsung kelihatan warna orange/kuning. Bukanya di segitiga yg lebar lho, kalau yg segitiga sempit nggak bakal ada telornya, yg ada hanya kotoran warna hitam atau hijau
    hiiii.
    -- robert'76
    * Jangan terkecoh oleh warna orange/kuning itu pasti telor kepiting.
    Kadang-kadang oleh penjualnya diisi wortel yang diirisi kecil-kecil supaya dikira pembeli kepeting bertelor...
    -- Sutanto Riyono '75


    Cara nangkep

    * Sampai sekarang aku masih ingat di waktu kecil pernah 'mancing' kepiting di pinggir laut. Tepatnya di laut Cirebon. Jadi kesimpulanku kepiting juga hidup di laut, cuma adanya persis di pinggiran yang banyak lumpurnya.
    Nah, cara mancingnya simple saja. Ikatkan saja potongan ikan (bisa tongkol, tenggiri atau ikan lainnya) pada seutas tali. Lantas kita celupkan ke tempat yang kita pikir ada kepitingnya. Bilamana tongkat penyangganya bergoyang itu pertanda si kepiting sedang memangsa ikan kita. Kita angkat tongkatnya pelan-pelan sampai si kepiting terangkat ke permukaan air. Kalau sudah nampak tinggal embat saja dengan jaring tangan dan ketangkaplah dia dan siap untuk dihidangkan. Kalau si kepiting masih bandel tidak mau diam diembat saja pakai tang sebelum kita keluarkan dari jaring. Beres.
    -- Yo Hanapi '80



    Saran pendekar kepiting

    Ini ada beberapa tip tradisional yang terbukti efektif sampai hari ini untuk urusan per-kepiting-an

    1. Kepiting harus dibeli yang HIDUP (URIP) kalo mati yha busuk. Tipuan penjual kepiting di Jakarta adalah mencampur kepiting mati di antara kepiting hidup, jadi pada saat Anda memilih akan ditunjukkan yang hidup dan waspadai kalo-kalo dikantongin yang sudah mati. Ditanggung istri Anda yang lagi ngidam kehilangan seleranya.
    2. Harga Kepiting yang reasonable adalah Jantan +/- Rp. 15,000/kg (yang besar dapat 2); yang betina + telur +/- Rp. 20-25,000/kg (kurang lebih dapat 3)
    3. Kepiting yang kelihatan garang, titik terlemahnya ada di matanya dan paling takut dengan nyamuk yang suka mengincar matanya. Begitu matanya kegigit buta maka yang bersangkutan tinggal tunggu ajal saja seperti ....
    4. Cara menjaga agar kepiting awet hidup sampai beberapa hari yakni masukkan dalam panci, beri air garam, jangan lupa ditutup kain (kelambu) agar tidak digigit nyamuk. Bisa tahan beberapa hari
    5. Cara mateni kepiting yang teksek:
    Balik badan kepiting, cari titik tengah pertemuan tutup perut bagian bawah, tancapkan sebatang bambu/sumpit/pisau, lalu ditinggal pergi, kembali lagi 2-3 menit yang bersangkutan dijamin sudah menghadap giam lo ong
    6. Untuk membedakan kepiting berkelamin jantan dan betina dilihat dari bentuk dan ukuran tutup perutnya. Kepiting jantan memiliki tutup perut yang lancip menyempit, sedangkan kepiting betina tutup perutnya bundar dan lebar. Dari segi fisik pada umumnya yang jantan lebih gede dan betina sebaliknya.
    7. Pilih kepiting, baik yang jantan maupun betina sebaiknya yang padat jangan yang gembos, itu kepiting masuk angin. Bisa diketahui dengan menekan atau meneput cangkangnya, dan jangan beli kepiting pada saat full moon. Jangan beli kepiting yang diikat penuh lilitan tali jangan-jangan untuk mengelabui kepiting yang capitnya sudah putus.
    8. Kepiting jantan pada umumnya untuk direbus dan diambil dagingnya, kepiting betina biasa dipakai untuk dimasak dengan bumbu/saus (ang sio; saus padang; lada hitam; saus tiram, ..ngiler gua). Untuk membedakan taik ama telor (gile kalo lu kagak bisa bedain taik ama telor..) yha sebaiknya buang taiknya pada waktu dibelah dan dicuci (berikut insangnya). Yang kuning itu jelas bukan taiknya tapi telornya, lebih baik lagi yang merah. Dengan mengintip / menyingkap belahan kepiting bagian bawah bisa kelihatan telornya. Atau ada juga penjual yang bersedia membuat sayatan kecil dicangkap atas untuk menunjukkan telornya.
    9. Dan Tjong, kepiting mah tidak hidup dilaut tapi dilumpur-lumpur payau, kayak di hutan bakau jadi emang yang di Muara Karang bukan dari laut utara Jakarta, ada ada aja khayalan lu. Coba ke beberapa tempat ini, di pinggir jalan bulevar barat kelapa gading sebelah selatan dekat bundaran; pasar gotong royong; pinggir rel kereta pademangan; kadang di jalan tembus tol bandara ke kapuk kamal. Dan jangan beli kepiting malam hari, banyak ketipunya deh, selamat berburu.

    -- Ben Astono'83
  3. tamandewi

    tamandewi IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    154144
    Joined:
    13 Oct 2011
    Messages:
    1.272
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    38
    Location:
    kehamilan-kewanitaan.blogspot.com
    banyak juga ya tipsnya....hehe..
  4. dhire

    dhire IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    82012
    Joined:
    11 Oct 2009
    Messages:
    1.316
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    38
    mantab.......nice info bro...............!!
  5. dhire

    dhire IndoForum Beginner A

    No. Urut:
    82012
    Joined:
    11 Oct 2009
    Messages:
    1.316
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    38
    mantab.......nice info bro...............!!
  6. propan

    propan IndoForum Newbie E

    No. Urut:
    180445
    Joined:
    25 Aug 2012
    Messages:
    32
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    lengkap banget tipnya,,
  7. abigails1

    abigails1 IndoForum Newbie F

    No. Urut:
    180957
    Joined:
    29 Aug 2012
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    waduh... aeda yang ngasih tutorial tp awalnya serem banget "cara metani kepiting"
  8. HkToyShop

    HkToyShop IndoForum Addict D

    No. Urut:
    52354
    Joined:
    10 Sep 2008
    Messages:
    25.458
    Likes Received:
    73
    Trophy Points:
    48
    wah info yang sangat bernmanfaat ni gan
    ane juga mau coba di rumah
  9. gandiwor

    gandiwor IndoForum Newbie F

    No. Urut:
    183872
    Joined:
    22 Sep 2012
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    banyak tutorialnya gan
    cari aja di google
  10. grosirkotakembang

    grosirkotakembang IndoForum Newbie B

    No. Urut:
    186183
    Joined:
    15 Oct 2012
    Messages:
    212
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    nice info .. /thx/thx

Share This Page

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG