Aneka Tips Dapur

Discussion in 'Forum Kuliner' started by LoVe_ChiKa, 25 Apr 2007.

  1. LoVe_ChiKa

    LoVe_ChiKa IndoForum Junior A

    No. Urut:
    8777
    Joined:
    17 Nov 2006
    Messages:
    3.571
    Likes Received:
    380
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    aozora.net
    Location:
    semarang
    bagi yang punya tips2 dapur bisa post disini yah.....
    Dan aku harap jgn oot plz, jgn junk, n jgn chit chat di bagian ini.
    Ini khusus kumpulan tips2 dapur yg mungkin suatu saat berguna banget buat kita... dan kita lgs inget : " oh iya yah, dulu aku pernah baca di IF "[​IMG]

    oce aku mulai dengan beberapa tips yah :[​IMG]

    Kentang Goreng Tidak Menggumpal

    Sebelum digoreng masukkan kentang yg baru dipotong2 ke dalam air selama 5menit, kemudian buang airnya lalu tiriskan hingga kering. Bisa juga dikeringkan dengan bantuan kertas penyerap/tissue makan sampai benar2 kering sehingga saat di goreng kentang tidak menggumpal.
    Dan agar saat di goreng kentang menjadi renyah, taburkan sedikit tepung sebelum digoreng. Dijamin kentang goreng kita ga kalah sama kentang goreng resto yg renyah loh[​IMG]

    Kentang Tidak berubah warna
    Supaya kentang yang sudah di kupas tidak berubah warna menjadi coklat, masukkan ke dalam air kemudian taruh sepotong roti tawar diatasnya. Dengan cara ini kentang yg sudah dikupas ga akan segera berubah warna.

    Sendok dan Gelas Ukur
    Jika anda tidak mempunyai sendok/gelas khusus untuk menakar bahan-bahan kue, jangan langsung patah semangat dan mogok bikin kue. Gunakan saja sendok obat bekas yg tidak terpakai sebagai takaran dan botol susunya dapat Anda gunakan untuk mengukur cairan yang tertera di resep.... praktis kan /no1
    1 person likes this.
  2. Silfadrive

    Silfadrive IndoForum Junior A

    No. Urut:
    5337
    Joined:
    22 Aug 2006
    Messages:
    2.727
    Likes Received:
    172
    Trophy Points:
    63
    Occupation:
    Maha Student
    Location:
    depan meja komp
    untuk mencuci bambu muda (rebung) biar ga berbau
    masak air sampai agak mendidih,masukkan rebungnya kedalam air tersebut
    kasih garam ,tapi ga usah terlalu banyak
    tiris sampe bener2 kering,diemin sampe ga panas lagi.masak ato masukin frezer juga jadi :)
  3. LoVe_ChiKa

    LoVe_ChiKa IndoForum Junior A

    No. Urut:
    8777
    Joined:
    17 Nov 2006
    Messages:
    3.571
    Likes Received:
    380
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    aozora.net
    Location:
    semarang
    SATE HARUM
    Agar sate lebih harum dan lezat rasanya tambahkan irisan bawang merah di bara api yang digunakan untuk membakar sate Anda

    BASKOM BERMINYAK
    Baskom berminyak tidak bisa digunakan untuk mengocok putih telur. Untuk menghilangkan bekas minyaknya, seduh baskom dengan air panas yang ditambah sedikit garam. Diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

    MENGUPAS LABU SIAM
    Getah labu siam membuat tangan kotor saat mengupasnya. Untuk mengatasinya, olesi tangan dengan minyak goreng sebelum mengupas labu siam. Setelah selesai cuci tangan seperti biasa.
  4. SiLeNcE

    SiLeNcE IndoForum Newbie E

    No. Urut:
    13947
    Joined:
    10 Apr 2007
    Messages:
    61
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    wah cc, cara yg buat mengupas labu siam itu juga bisa dipake untuk mengupas buah dan sayur yg mengeluarkan getah loh misalnya aja waktu mengupas nangka biar getahnya ga lengket dan bikin kotor tangan..../no1
  5. Usagi_Tsukino

    Usagi_Tsukino IndoForum Beginner E

    No. Urut:
    14533
    Joined:
    22 Apr 2007
    Messages:
    451
    Likes Received:
    123
    Trophy Points:
    43
    trs buat ngupas bawang tuh biar mata ga nangis mending d dktnya air /no1
  6. pepitha

    pepitha IndoForum Junior A

    No. Urut:
    9942
    Joined:
    29 Dec 2006
    Messages:
    3.242
    Likes Received:
    593
    Trophy Points:
    113
    Location:
    In Bathroom
    klo kt mak gw,supaya ga pedih waktu ngpas bawang,kita harus ambil 1 bawang,trus ditancepin di ujung pisauny deh/gg,ktny mata kita ga bakal pedih lagi/heh
  7. LoVe_ChiKa

    LoVe_ChiKa IndoForum Junior A

    No. Urut:
    8777
    Joined:
    17 Nov 2006
    Messages:
    3.571
    Likes Received:
    380
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    aozora.net
    Location:
    semarang
    Tips Memilih Kerang

    Saat ingin membeli kerang kupas segar, pastikan ciri2nya sebagai berikut :
    - Warna daging putih agak kekuning2an atau berwarna sedikit orange.
    - Dagingnya masi utuh, kenyal dan baunya segar.

    Bila tidak mendapatkan kerang kupas, kerang yang bercangkang juga bisa dgn ciri2 :
    - Daging kerang harus masih menempel kuat pada cangkangnya.
    - Dagingnya kenyal, tidak lembek dan masih utuh atau tidak koyak.

    Cara Melepaskan daging kerang dari cangkangnya :
    - Masukkan kerang dalam panci berisi air, rebus dengan api sedang. Setelah 5 menit air mendidih, angkat dan segera tiriskan, maka daging kerang akan mudah di copot dari cangkangnya.
  8. hiro2006

    hiro2006 IndoForum Newbie F

    No. Urut:
    16305
    Joined:
    29 May 2007
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    cc chika tanya dunk..
    kalo beli kerang d pasar kan suka kotor tu cangkang nya
    gimana cara na biar bersi sebelum d masak
    soal na ak cuci beberapa kali nda bersih2
    mohon pencerahan nya...
  9. LoVe_ChiKa

    LoVe_ChiKa IndoForum Junior A

    No. Urut:
    8777
    Joined:
    17 Nov 2006
    Messages:
    3.571
    Likes Received:
    380
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    aozora.net
    Location:
    semarang
    @hiro2006
    maap yah, baru balas sekarang, jujur aja aku blom pernah masak kerang karena aku alergi berat berbagai macam kerang apapun.

    tapi setelh aku tanya ibu2 yg sering aku temui dipasar /heh
    cara mereka membersihkan kotoran kerang katanya waktu di cuci, kerang tersebut harus dicuci dibawah air keran yg mengucur dan agak disikat dengan sikat gigi lembut untuk menghilangkan kotoran yang menempel.
    Tapi aku blom pernah coba cara ini sih, soalnya aku benar2 ga isa masak kerang ..../sry /sry

    Beberapa tips tambahan ni yg aku temukan di TABLOID NOVA
    yang menyangkut UDANG DAN SEJENISNYA.../heh

    UDANG
    Memilih udang segar:
    - Udang segar akan menyebarkan aroma yang khas.
    - Jangan pilih udang yang sudah berbau busuk.
    - Udang yang sudah membusuk, badannya lembek. Karena itu, pilih udang yang badannya masih keras.
    - Warna udang segar jernih berseri, tidak ada bintik-bintik hitam.

    Cara menguliti:
    Menguliti udang yang kecil memang tak mudah. Selain licin, kulitnya pun seakan menempel pad dagingnya. Nah, supaya mudah mengolahnya, cucilah lebih dulu udang hingga bersih. Masukkan ke dalam sebuah wadah, lalu siram dengan air panas secukupnya. Seketika, warna kulit udang pun akan berubah menjadi merah. Setelah itu, buang air panasnya. Kini, udang siap dikuliti.
    Untuk menguliti udang, peganglah udang dengan kepala ada di tangan kanan. Putuskan kepalanya tepat di antara batas kepala dan badan. Setelah kepala lepas, kuliti seluruh tubuh udang, mulai bagian atas ke bawah. Jika Anda harus menyisakan ekornya, berhentilah menguliti hingga ruas kulit kedua dari ekor.
    Belah punggung udang yang sudah Anda kuliti, sepanjang badannya dan tak lebih dari setengah cm dalamnya. Keluarkan isi perut udang yang berada di punggung tersebut, yang bentuknya seperti tali berwarna hitam. Setelah itu, cuci bersih. Untuk mengawetkannya dalam freezer, tiriskan udang tersebut untuk beberapa saat lamanya, lalu masukkan ke dalam kantong plastik atau wadah lain.


    Tips memasak udang:
    Daging udang amat lembut, karena itu, hindari memasak terlalu lama di atas api. Pakailah api besar supaya udang cepat matang. Jika terlalu lama, akan menyebabkan air tubuh udang yang sebenarnya penuh gizi jadi larut. Supaya udang rebus tampak cantik kemerah-merahan dan tidak anyir, masukkan setetes cuka ke dalam air rebusannya.



    KEPITING DAN RAJUNGAN
    Memilih kepiting atau rajungan segar:
    - Pilih kepiting atau rajungan yang masih lengkap jari-jarinya, terutama yang capitnya belum putus.
    - Perhatikan matanya, jika bergerak masuk-keluar, tandanya ia masih hidup. Jari-jari yang bergerak pun bisa dijadikan patokan apakah binatang itu masih hidup atau sudah mati.
    - Karena lazimnya dijual dalam keadaan terikat, angkatlah badannya. Bila terasa ringan, artinya dagingnya kurang padat. Kepiting yang berat adalah yang gemuk.
    - Jangan sekali-sekali memilih kepiting yang kecil-kecil, karena sulit untuk mengeluarkan dagingnya.


    Cara membersihkan kepiting:
    Dengan keadaan masih terikat, tanpa dicuci lebih dulu, letakkan kepiting atau rajungan di atas talenan, dengan bagian dada menghadap ke Anda. Belah kepiting tepat di tengah badan dengan pisau tajam. Setelah jari-jarinya tak bergerak lagi, lepaskan tali yang mengikat badannya. Tanggalkan batok yang tinggal separuh, Anda akan melihat insang kepiting. Angkat dan buang. Tanggalkan pula ujung-ujung jari kepiting yang tak ikut dimasak karena tak ada dagingnya.
    Cucilah bersih-bersih di bawah keran air, sambil membuang isi perut yang tampak kehijau-hijauan. Bagian yang berwarna kekuning-kuningan di dalam tubuh kepiting bukanlah kotoran, melainkan lemak. Jika Anda suka, bisa ikut dimasak.
    Setelah benar-benar bersih, pukul capi dengan gagang pisau supaya tak retak. Dengan demikian, bumbu akan meresap hingga ke daging capit dan saat makan Anda tak sulit lagi mencari alat untuk memecahkannya. Batok kulit yang sudah dilepas tak perlu dibuang, jika di sekitar bagian dalam tampak ada sesuatu yang menempel. Bagian ini pun enak dimakan. Cuci saja di bawah aliran air, tanpa dikorek.


    Tips memasak kepiting:
    Cuci kepiting di bawah keran air dengan tuuh masih terikat. Gunakan sikat gigi untuk menyikat sela-sela jari yang biasanya terkena lumpur. Setelah itu, rebus sepanci air. Bila sudah mendidih, masukkan kepiting satu-persatu. Setelah kira-kira 15 menit dan batok kepiting sudah berwarna merah, angkat lalu tiriskan. Kini, dengan mudah Anda dapat menguliti kepiting dan mengumpulkan dagingnya untuk dimasak (misalnya untuk sup kepiting).

    CUMI-CUMI
    Memilih cumi-cumi segar:
    - Cumi-cumi yang kecil biasanya badannya berwarna keunguan bertitik-titik hitam, sedang cumi-cumi yang besar (hingga 20 cm) biasanya berwarna putih dengan sedikit titik-titik hitam. Pilihlah cumi yang badannya kenyal dan tampak segar. Cumi yang layu dan tidak mengkilap lagi biasanya sudah hampir membusuk.
    - Cumi akan menciut usai diolah. Karena itu, hitunglah berapa jumlah ekornya dalam sekilo. Dengan demikian, Anda tidak kecewa ketika sekilo cumi yang Anda beli ternyata hanya menjadi satu porsi hidangan, yang tentu tak sepadan dengan jumlah anggota keluarga.


    Membersihkan cumi-cumi:
    Pisahkan kepala dari badan dengan menariknya perlahan. Buanglah
    kantung tinta yang terdapat di bawah rahang dengan pisau. Jika Anda tak berhati-hati, kantung tinta itu bisa pecah. Bagi yang suka, kantung tinta ini bisa ikut diolah, karena lebih gurih. Namun, demi penampilan, biasanya kantung tinta ini dibuang.
    Masukkan telunjuk ke dalam kantung tubuh cumi dan tarik keluar kotoran yang ada di dalamnya yang bentuknya bulatan kecil. Selebihnya, yanga da di kantung tubuh adalah lemaknya. Ketika Anda memasukkan jari ke dalam tubuh cumi, Anda akan menyentuh tulang rawan di bagian pungung sebelah dalam. Tulang rawan ini mencuat ke atas, persis di tengah punggung. Tariklah tulang rawan yang pipih bening berbentuk perisai tersebut.
    Setelah itu, cuci badan cumi di bawah aliran keran hingga benar-benar bersih, termasuk kepalanya. Setelah bersih, masukkan kepala cumi ke badan masing-masing. Sebaiknya, masukkan secara terbalik. Dengan cara ini, cumi yang sudah diolah kan tampak bulat dan tidak peot.


    Tips memasak cumi:
    Masukkan cumi yang sudah dicuci bersih ke dalam wajan. Taburkan sedikit garam dan gula pasir, nyalakan api kecil, dan tutup wajan. Tak lama kemudian, cumi akan mengeluarkan air. Setelah airnya surut, tuangkan sedikit minyak goreng. Bolak-balik hingga airnya betul-betul kering.
  10. effie

    effie IndoForum Staff Personnel Staff Member

    No. Urut:
    601
    Joined:
    17 Apr 2006
    Messages:
    8.576
    Likes Received:
    350
    Trophy Points:
    83
    Location:
    Solo
    Cara merebus telur agar tetap utuh.

    Seringkali telur menjadi retak atau pecah saat direbus. Jika kita ingin telur tetap utuh, teteskan sedikit cuka kedalam air rebusan tersebut.
    Ini akan membuat kulit telur lebih kuat dan tidak pecah hingga matang.
    Selamat mencoba :)
  11. Asereje

    Asereje IndoForum Newbie A

    No. Urut:
    20655
    Joined:
    18 Aug 2007
    Messages:
    272
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Occupation:
    Mahasiswa
    Location:
    Jakarta
    membedakan daging babi dengan daging sapi

    perbedaan yang terlihat jelas antara daging babi dengan daging sapi adalah serat serat pada dagingnya, pada daging babi, serat daging agak halus tidak seperti pada daging sapi yang benar2 serat daging yang kokoh, mudah untuk dipotong. daging babi ketika di potong agak lebih sulit daripada memotong daging sapi, dan tampilan pada serat daging babi adalah lebih pucat kurang terlihat jelas serat serat dagingnya, tidak seperti daging sapi yang merona merahnya, serat2nya terlihat sangat jelas, dan ketika di rebus, daging babi akan berubah menjadi putih, dan sebaliknya daging sapi akan berubah warna menjadi keabu-abuan saat direbus dalam air panas, serta pada daging babi setelah direbus akan tampak lebih mulus seratnya dibandingkan daging sapi yang seratnya terlihat mengeriput setelah direbus.
  12. closethedoor

    closethedoor IndoForum Newbie A

    No. Urut:
    20985
    Joined:
    24 Aug 2007
    Messages:
    378
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    pd tau srimping ga?? ituu.. yg bentuknya mirip kerang tp cangkangnya lebar n warnanya putih..

    aku klo masak srimping, pasirnya suka ngga ilang.. gmn y biar ga ada pasirnya gt..
  13. Rokyuju

    Rokyuju IndoForum Newbie B

    No. Urut:
    25756
    Joined:
    14 Nov 2007
    Messages:
    214
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Occupation:
    Just a student
    Location:
    Near Ocean i like ocean
    Kalo mau masak nasi goreng enakan goreng pake mentega daripada minyak
    Kalo mau goreng telor enakan di oreng pake minyak wijen
    Kalo mau goreng kentang juga sebaiknya pake mentega lebih wangi
  14. T!T!~ch@/\/

    T!T!~ch@/\/ IndoForum Banned

    No. Urut:
    1035
    Joined:
    11 May 2006
    Messages:
    21.523
    Likes Received:
    1.324
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Owner LiRoNet and Founder Livindre
    Location:
    Surabaya
    1. Punya buku resep tebal dan Anda tak menyusunnya secara rapi? Nah, gunakan jepitan kertas (paper clip) warna-warni untk menandai masing-masing jenis resep masakan. Misalnya, warna kuning untuk hidangan utama, merah untuk resep makanan pencuci mulut, dan kuning untuk minuman. Dengan demikian, Anda dapat menemukan dengan mudah resep yang diperlukan.

    Agar buku resep tak cepat kotor dan rusak, masukkan (dengan halaman terbuka) ke dalam kantung plastik tembus pandang sehingga Anda dapat membacanya dengan mudah dan buku resep tetap bersih.

    2. Campurkan garam dan merica bersama-sama di satu tempat. Tak perlu ditempatkan terpisah. Taruh di meja makan atau di dapur, agar mudah dipakai jika dibutuhkan.

    3. Agar sandwich tetap enak, tidak basah atau lembek ketika akan dimakan siang hari, sebaiknya oleskan mayones atau saus lainnya di antara daging dan sayuran. Jangan langsung dioleskan di atas roti.

    Cara lain, bungkus secara terpisah sayuran dan saus (dressing), campurkan
    saat akan disantap. Baru dicampur ketika sandwich akan disantap.

    4. Tak ingin dapur kotor dengan segala macam "sampah" saat memasak? Saat memarut, taruh parutan di dalam kantung plastik tembus pandang/bening, baru parut buah/sayuran/keju di dalam kantong plastik tadi. Hasil parutan tidak akan berserakan ke mana-mana.

    5. Agar kuah sup, saus, dan segala air rebusan tidak tumpah saat dimasak dan membuat kotor kompor Anda, selipkan tusuk gigi di antara panci dan tutupnya. Air rebusan tak akan meluap keluar karena Anda sudah membuat"ruang" kecil sehingga udara bisa keluar.

    6. Tahukah Anda, akan lebih mudah dan bersih menggunakan benang gigi (dental floss) untuk memotong cheese cake atau keju daripada menggunakan pisau?

    (sumber: tabloidnova,no.904-20.Juni 2005)
  15. chocobokiller2

    chocobokiller2 IndoForum Junior E

    No. Urut:
    4326
    Joined:
    6 Aug 2006
    Messages:
    1.645
    Likes Received:
    66
    Trophy Points:
    48
    Occupation:
    Pelajar
    Location:
    --Coco Ivory--
    bole juga nih thread hehehehehe....masak omelet biar jadinya bagus diisi apa ja? klo gw kasi tomat bentuknya jelek banget
  16. T!T!~ch@/\/

    T!T!~ch@/\/ IndoForum Banned

    No. Urut:
    1035
    Joined:
    11 May 2006
    Messages:
    21.523
    Likes Received:
    1.324
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Owner LiRoNet and Founder Livindre
    Location:
    Surabaya
    gue tambahin tips nya deh /no1

    1. merica putih bisa mengusir hewan pengganggu
    2. minyak kelapa bersihkan pigura dnegan bersih
    3. jeruk nipis bersihkan termos /no1
  17. KaZeKaGe_TaSyA

    KaZeKaGe_TaSyA IndoForum Newbie E

    No. Urut:
    33176
    Joined:
    13 Feb 2008
    Messages:
    52
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    mo tanya dumz kk..

    klo mo masak sarden biar ga amis gmn yakz?
  18. rajaumbel

    rajaumbel IndoForum Junior B

    No. Urut:
    28558
    Joined:
    19 Dec 2007
    Messages:
    2.619
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    48
    Occupation:
    sang terpilih untuk menyelamatkan dunia ini
    Location:
    di hati pujaan hati
    bikin telor mata sapi yang sempurna dan sehat (ga pake minyak)

    rebus air di wajan teflon,
    terus masukin tuh telur pelan2...
    panas dari air rebusan tsb bakal bikin telur mateng,
    dan hasilnya pun sangat bagus,
    karena gapake minyak,jd lebih sehat,
    dan dengan teknik yang memadai warnanya akan bagus; bener2 putih n bener2 kuning.


    tips ngilangin bau duren di mulut n tangan...
    cuci tangan/usap2kan tangan di kulit duren bagian dalam(yang kontak sama daging nya itu lho).kalau pake bagian luar,bau duren juga bisa ilang,tapi keganti bau amis darah/gg

    kalau ngilangin bau duren di mulut,kumur aja pake air yang di"sentuh"kan ke kulit bagian dalam trsebut,,
  19. rajaumbel

    rajaumbel IndoForum Junior B

    No. Urut:
    28558
    Joined:
    19 Dec 2007
    Messages:
    2.619
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    48
    Occupation:
    sang terpilih untuk menyelamatkan dunia ini
    Location:
    di hati pujaan hati
    jamur,bombay,kornet,sosis,dsb,,
    klo gw sendiri seh tambah potongan cabe rawit,,

    lumayan kasih warna.hmm
  20. ai_xia Sung

    ai_xia Sung IndoForum Newbie C

    No. Urut:
    31298
    Joined:
    22 Jan 2008
    Messages:
    160
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Location:
    Indonesia - Palemban9
    Mw tambahin dikit nieh..

    1. BIAR GA NANGIS WKT POTONG BAWANG
    - hidupkan lilin dan taroh di dekat kita (sorry lupa, berlawanan arah or searah kita)
    dicoba aja lah..(ini aq liat dr Galileo galilei loh) pernah dibuktiin jg. Katanya, asap lilin
    itu yg mengalahkan aroma pedas bawang.

    2. MENGANGKAT KULIT TELUR YG TERJATUH DI ADONAN TELUR
    - nah..biasa kan kl kulit telur itu jatuh ke adonan, pst nya susah banget kan mw
    diangkat or diambil..pake sendok or tangan pun susah. Caranya, pakai kulit telur itu
    untuk mengangkatnya.. pst bisa n gampang. Udah di coba jg koq :)
    1 person likes this.

Share This Page

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG