Revelation
IndoForum Senior A
- No. Urut
- 80589
- Sejak
- 20 Sep 2009
- Pesan
- 7.499
- Nilai reaksi
- 220
- Poin
- 63
1. Jembatan Banpo (Korea Selatan) : Jembatan Air Mancur
Tanggal 9 September 2008, Jembatan Banpo di Seoul (Korea Selatan) menjalani operasi facelift besar-besaran: sebuah air mancur 10.000 selang yang membentang di kedua pinggirnya. Setelah dipasang, jembatan ini berubah menjadi atraksi turis besar, ketika jembatan ini menembakkan 190 ton air per menit menggunakan air sungai di bawahnya.
2. Jembatan Millau (Perancis): Jembatan Tertinggi di Dunia
Setinggi 1.125 kaki di atas Lembah Tarn di selatan Perancis, mengarungi Jembatan Millau bisa dikatakan seperti terbang. Karya Foster & Partners ini sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel, memakan tiga tahun untuk pembangunan dan dibuka pada umum tahun 2004. Selain memberikan pemandangan lembah di bawahnya, ketika awan terbentuk di bawah jembatan, Millau bukanlah rute bagi orang yang takut ketinggian! Jembatan Millau memiliki panjang total 8.071 kaki dengan rentangan tunggal terpanjang 1.122 kaki dan kejelasan maksimum di bawah adalah 886 kaki; jadi jembatan ini sangat indah dalam bentuk miniatur ataupun bentuk aslinya. Dek jembatan ditopang oleh 7 pilon dan berbobot 36.000 ton. 7 menara, masing-masing setinggi 292 kaki dan berbobot 700 ton, dipasang ke pilon penopang.
3. Henderson Waves (Singapura): Jembatan Pejalan Kaki Terindah
Pada ketinggian 36 meter atau 12 tingkat dari permukaan jalan, jembatan ini merupakan jembatan pejalan kaki tertinggi di Singapura. Jembatan sepanjang 300 meter ini menghubungkan taman di Mount Faber dan Telok Blangah Hill.
4. Jembatan Teluk Hangzhou (Cina): Jembatan Lintas Lautan Terpanjang di Dunia
Melintasi Teluk Hangzhou berdirilah jembatan lintas lautan terpanjang di dunia, dengan panjang 35,673 kilometer (22 mil) dengan enam lajur jalan tol dua arah. Jembatan ini dibangun untuk menangani kemacetan lalu lintas di wilayah yang sedang berkembang pesat, memotong waktu tempuh antara Shanghai dan Ningbo dari empat jam menjadi 2,5 jam.
5. Rolling Bridge (Britania Raya): Jembatan yang dapat menggulung sendiri
Dirancang oleh Heatherwick Studio, Rolling Bridge pemenang penghargaan ini terletak di Paddington Basin, London. Daripada menggunakan mekanisme jembatan terbuka konvensional, yang terdiri dari elemen rigid tunggal yang naik untuk membolehkan kapal lewat, Rolling Bridge menggulung diri hingga dua ujungnya bertemu. Ketika dalam posisi horizontal, jembatan ini merupakan jembatan pejalan kaki besi dan kayu normal; terbuka penuh, jembatan ini membentuk lingkaran di satu sisi yang berbeda dari posisi lurusnya.
Dua belas meter panjangnya, jembatan ini dibuat oleh delapan bagian besi dan kayu, dan dibuat melengkung oleh tenaga hidrolik yang dipasang di handrail setiap bagian.
6. Jembatan Oliveira (Brazil): Jembatan kabel berbentuk X pertama di dunia
Jembatan Octavio Frias de Oliveira yang melintasi Sungai Pinheiros di São Paulo, Brazil dibuka bulan Mei 2008. Setinggi 138 meter (450 kaki), dan menghubungkan Marginal Pinheiros dengan Jornalista Roberto Marinho Avenue. Desainnya unik dengan 2 dek melengkung melintas satu sama lain melalui menara penopang berbentuk X.
7. Wind and Rain Bridge (Cina): Jembatan Bangsa Dong
Wind and Rain Bridge adalah simbol arsitektor bangsa minoritas Dong. Wind and Rain Bridhe di Diping adalah yang terbesar dalam jenisnya di Provinsi Guizhou, dimana komunitas Dong terbesar Cina menetap. Jembatan ini sepanjang 50 meter dan pertama dibangun tahun 1894 selama Dinasti Qing 100 tahun yang lalu. Tetapi, struktur aslinya terbakar dalam kebakaran besar 1959 dan yang dilihat pengunjung saat ini adalah pembuatan ulangnya yang selesai tahun 1964.
Merupakan arsitektur kayu murni yang terdiri dari pilar, purlin dan baluster dalam berbagai ukuran dan bentuk. Badan jembatan terbagi menjadi tiga bagian, yang terbesar di tengah berbentuk menara drum Cina tradisional. Pilaster dan eave jembatan dihiasi dengan bunga dan pahatan dan jembatan ini sangat unik.
8. Tower Bridge (Britania Raya): Jembatan Victorian Paling Terkenal dan Terindah
Selesai tahun 1894 oleh Horace Jones dan Wolfe Barry. Tower Bridge (dinamai sesuai dua menara mencolok setinggi 141 kaki dan Tower of London di dekatnya) adalah salah satu markah tanah terkenal di London dan salah satu yang terindah di dunia. Jembatan sepanjang 800 kaki ini memiliki spasi 28 kaki bila tertutup tapi terbuka di tengahnya hingga mencapai 140 kaki yang membolehkan kapal berlayar di Thames. Di hari-hari dimana barang dipindahkan melalui laut daripada udara jembatan ini dinaikkan sekitar 50 kali setiap harinya. Tower Bridge menggunakan 432 pekerja yang membangunnya selama 8 tahun. Pada waktu itu mereka menenggelamkan 70.000 ton beton ke dalam 2 pier besar, menempatkan 2 struktur penopang ke tempatnya yang masing-masing berbobot 1.000 ton dan menghiasi seluruh jembatan dengan batu Portland dan granit Cornish untuk menutupi 11.000 ton besi di bawahnya.
9. Jembatan Air Magdeburg (Jerman): Jembatan Air Terbesar di Eropa
Jembatan Air Magdeburg menghubungkan bekas Jerman Timur dan Barat di Sungai Elbe, dan dibangun sebagai bagian dari proyek penyatuan kembali Jerman. Sepanjang 1 km, jembatan air senilai 500 juta euro ini membolehkan kapal angkut sungai menghindari kanal panjang yang padat di sepanjang Elbe. Pengapalan sering terhadang di jembatan ini bila tanda air sungai berada di tingkat terendah.
10. Ponte Vecchio (Italia): Jembatan Tertua dan Terkenal
Ponte Vecchio di Florence adalah salah satu atraksi turis terkenal di Italia, dan dianggap sebagai jembatan lengkung batu tertua di Eropa, meskipun banyak bagian yang lebih tua. Sebenarnya dibangun dari kayu hingga akhirnya dihancurkan oleh banjir tahun 1333, dan dua belas tahun kemudian jembatan dibangun kembali menggunakan batu. Terkenal karena banyak pertokoan, jembatan ini merumahkan setiap orang mulai pedagang dan tukang daging Abad Pertengahan hingga toko cinderamata dan penjual karya seni.
Other ....
Jembatan Suramadu (Surabaya, Indonesia)
Jakarta, 10/6/2009 (Kominfo-Newsroom) – Megaproyek Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dengan Madura sepanjang 5.438 m, Rabu (10/6) pagi diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di sisi Bangkalan, Madura.
Jembatan terpanjang di Asia Tenggara ini meliputi causeway sisi Surabaya sepanjang 1.458 meter dan causeway sisi Madura sepanjang 1.818 meter. Panjang keseluruhan bentang tengah 2.162 meter yang terdiri dari dua approach bridge masing-masing 672 meter dan main bridge sepanjang 818 meter.
Panjang jalan pendekat di jembatan yang mulai dibangun pertengahan tahun 2002 dan rampung 100% pada 6 Juni 2008 itu, di sisi Surabaya 4,35 km dan d sisi Madura 11,50 km.
Menurut Menteri PU, Djoko Kirmanto, setelah diresmikan akan dilakukan uji coba di mana masyarakat yang melintas di jembatan itu tidak dipungut bayaran. Dari hasil uji coba yang kemungkinan berlangsung selama satu minggu sampai satu bulan itu akan diketahui tentang kelayakan jembatan itu sebagai jalan tol.
Kelayakan jembatan, katanya, meliputi kemulusan kualitas jalan, trafik pengguna jembatan dibanding dengan penyeberang dengan kapal feri dan pengaturan volume kendaraan saat lalu lintas menuju jembatan padat.
Meski selama uji coba masyarakat tidak dipungut bayaran, tetapi mereka tetap harus mematuhi aturan yaitu kecepatan nyaman untuk kendaraan roda dua 40 km/jam, rambu-rambu lalu lintas, penutupan jembatan ketika cuaca dan iklim tidak mendukung standar keamanan untuk dilintasi.
Setelah uji coba, akan diberlakukan tarif yang ditetapkan oleh Departemen PU dan Departemen Perhubungan yang menurut Menteri PU akan lebih murah 40-60% dari biaya menyeberang dengan kapal feri.
Besaran tarif itu akan berkisar Rp30 ribu untuk kendaraan roda empat dengan empat penumpang dan Rp3.000 bagi kendaraan roda dua.
Dari seluruh anggaran Jembatan Suramadu senilai Rp 2,7 triliun, provinsi Jatim hanya kebagian di sisi Madura dan Sisi Surabaya, sedangkan bentang tengah dibiayai pemerintah pusat.
Sayangnya jembatan kebanggaan Republik Indonesia ini tidak lolos dari ulah tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab yang dengan tega mencopot mur - mur serta baut - baut yang terpasang hanya untuk dijual kiloan .
Tanggal 9 September 2008, Jembatan Banpo di Seoul (Korea Selatan) menjalani operasi facelift besar-besaran: sebuah air mancur 10.000 selang yang membentang di kedua pinggirnya. Setelah dipasang, jembatan ini berubah menjadi atraksi turis besar, ketika jembatan ini menembakkan 190 ton air per menit menggunakan air sungai di bawahnya.
2. Jembatan Millau (Perancis): Jembatan Tertinggi di Dunia
Setinggi 1.125 kaki di atas Lembah Tarn di selatan Perancis, mengarungi Jembatan Millau bisa dikatakan seperti terbang. Karya Foster & Partners ini sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel, memakan tiga tahun untuk pembangunan dan dibuka pada umum tahun 2004. Selain memberikan pemandangan lembah di bawahnya, ketika awan terbentuk di bawah jembatan, Millau bukanlah rute bagi orang yang takut ketinggian! Jembatan Millau memiliki panjang total 8.071 kaki dengan rentangan tunggal terpanjang 1.122 kaki dan kejelasan maksimum di bawah adalah 886 kaki; jadi jembatan ini sangat indah dalam bentuk miniatur ataupun bentuk aslinya. Dek jembatan ditopang oleh 7 pilon dan berbobot 36.000 ton. 7 menara, masing-masing setinggi 292 kaki dan berbobot 700 ton, dipasang ke pilon penopang.
3. Henderson Waves (Singapura): Jembatan Pejalan Kaki Terindah
Pada ketinggian 36 meter atau 12 tingkat dari permukaan jalan, jembatan ini merupakan jembatan pejalan kaki tertinggi di Singapura. Jembatan sepanjang 300 meter ini menghubungkan taman di Mount Faber dan Telok Blangah Hill.
4. Jembatan Teluk Hangzhou (Cina): Jembatan Lintas Lautan Terpanjang di Dunia
Melintasi Teluk Hangzhou berdirilah jembatan lintas lautan terpanjang di dunia, dengan panjang 35,673 kilometer (22 mil) dengan enam lajur jalan tol dua arah. Jembatan ini dibangun untuk menangani kemacetan lalu lintas di wilayah yang sedang berkembang pesat, memotong waktu tempuh antara Shanghai dan Ningbo dari empat jam menjadi 2,5 jam.
5. Rolling Bridge (Britania Raya): Jembatan yang dapat menggulung sendiri
Dirancang oleh Heatherwick Studio, Rolling Bridge pemenang penghargaan ini terletak di Paddington Basin, London. Daripada menggunakan mekanisme jembatan terbuka konvensional, yang terdiri dari elemen rigid tunggal yang naik untuk membolehkan kapal lewat, Rolling Bridge menggulung diri hingga dua ujungnya bertemu. Ketika dalam posisi horizontal, jembatan ini merupakan jembatan pejalan kaki besi dan kayu normal; terbuka penuh, jembatan ini membentuk lingkaran di satu sisi yang berbeda dari posisi lurusnya.
Dua belas meter panjangnya, jembatan ini dibuat oleh delapan bagian besi dan kayu, dan dibuat melengkung oleh tenaga hidrolik yang dipasang di handrail setiap bagian.
6. Jembatan Oliveira (Brazil): Jembatan kabel berbentuk X pertama di dunia
Jembatan Octavio Frias de Oliveira yang melintasi Sungai Pinheiros di São Paulo, Brazil dibuka bulan Mei 2008. Setinggi 138 meter (450 kaki), dan menghubungkan Marginal Pinheiros dengan Jornalista Roberto Marinho Avenue. Desainnya unik dengan 2 dek melengkung melintas satu sama lain melalui menara penopang berbentuk X.
7. Wind and Rain Bridge (Cina): Jembatan Bangsa Dong
Wind and Rain Bridge adalah simbol arsitektor bangsa minoritas Dong. Wind and Rain Bridhe di Diping adalah yang terbesar dalam jenisnya di Provinsi Guizhou, dimana komunitas Dong terbesar Cina menetap. Jembatan ini sepanjang 50 meter dan pertama dibangun tahun 1894 selama Dinasti Qing 100 tahun yang lalu. Tetapi, struktur aslinya terbakar dalam kebakaran besar 1959 dan yang dilihat pengunjung saat ini adalah pembuatan ulangnya yang selesai tahun 1964.
Merupakan arsitektur kayu murni yang terdiri dari pilar, purlin dan baluster dalam berbagai ukuran dan bentuk. Badan jembatan terbagi menjadi tiga bagian, yang terbesar di tengah berbentuk menara drum Cina tradisional. Pilaster dan eave jembatan dihiasi dengan bunga dan pahatan dan jembatan ini sangat unik.
8. Tower Bridge (Britania Raya): Jembatan Victorian Paling Terkenal dan Terindah
Selesai tahun 1894 oleh Horace Jones dan Wolfe Barry. Tower Bridge (dinamai sesuai dua menara mencolok setinggi 141 kaki dan Tower of London di dekatnya) adalah salah satu markah tanah terkenal di London dan salah satu yang terindah di dunia. Jembatan sepanjang 800 kaki ini memiliki spasi 28 kaki bila tertutup tapi terbuka di tengahnya hingga mencapai 140 kaki yang membolehkan kapal berlayar di Thames. Di hari-hari dimana barang dipindahkan melalui laut daripada udara jembatan ini dinaikkan sekitar 50 kali setiap harinya. Tower Bridge menggunakan 432 pekerja yang membangunnya selama 8 tahun. Pada waktu itu mereka menenggelamkan 70.000 ton beton ke dalam 2 pier besar, menempatkan 2 struktur penopang ke tempatnya yang masing-masing berbobot 1.000 ton dan menghiasi seluruh jembatan dengan batu Portland dan granit Cornish untuk menutupi 11.000 ton besi di bawahnya.
9. Jembatan Air Magdeburg (Jerman): Jembatan Air Terbesar di Eropa
Jembatan Air Magdeburg menghubungkan bekas Jerman Timur dan Barat di Sungai Elbe, dan dibangun sebagai bagian dari proyek penyatuan kembali Jerman. Sepanjang 1 km, jembatan air senilai 500 juta euro ini membolehkan kapal angkut sungai menghindari kanal panjang yang padat di sepanjang Elbe. Pengapalan sering terhadang di jembatan ini bila tanda air sungai berada di tingkat terendah.
10. Ponte Vecchio (Italia): Jembatan Tertua dan Terkenal
Ponte Vecchio di Florence adalah salah satu atraksi turis terkenal di Italia, dan dianggap sebagai jembatan lengkung batu tertua di Eropa, meskipun banyak bagian yang lebih tua. Sebenarnya dibangun dari kayu hingga akhirnya dihancurkan oleh banjir tahun 1333, dan dua belas tahun kemudian jembatan dibangun kembali menggunakan batu. Terkenal karena banyak pertokoan, jembatan ini merumahkan setiap orang mulai pedagang dan tukang daging Abad Pertengahan hingga toko cinderamata dan penjual karya seni.
Other ....
Jembatan Suramadu (Surabaya, Indonesia)
Jembatan terpanjang di Asia Tenggara ini meliputi causeway sisi Surabaya sepanjang 1.458 meter dan causeway sisi Madura sepanjang 1.818 meter. Panjang keseluruhan bentang tengah 2.162 meter yang terdiri dari dua approach bridge masing-masing 672 meter dan main bridge sepanjang 818 meter.
Panjang jalan pendekat di jembatan yang mulai dibangun pertengahan tahun 2002 dan rampung 100% pada 6 Juni 2008 itu, di sisi Surabaya 4,35 km dan d sisi Madura 11,50 km.
Menurut Menteri PU, Djoko Kirmanto, setelah diresmikan akan dilakukan uji coba di mana masyarakat yang melintas di jembatan itu tidak dipungut bayaran. Dari hasil uji coba yang kemungkinan berlangsung selama satu minggu sampai satu bulan itu akan diketahui tentang kelayakan jembatan itu sebagai jalan tol.
Kelayakan jembatan, katanya, meliputi kemulusan kualitas jalan, trafik pengguna jembatan dibanding dengan penyeberang dengan kapal feri dan pengaturan volume kendaraan saat lalu lintas menuju jembatan padat.
Meski selama uji coba masyarakat tidak dipungut bayaran, tetapi mereka tetap harus mematuhi aturan yaitu kecepatan nyaman untuk kendaraan roda dua 40 km/jam, rambu-rambu lalu lintas, penutupan jembatan ketika cuaca dan iklim tidak mendukung standar keamanan untuk dilintasi.
Setelah uji coba, akan diberlakukan tarif yang ditetapkan oleh Departemen PU dan Departemen Perhubungan yang menurut Menteri PU akan lebih murah 40-60% dari biaya menyeberang dengan kapal feri.
Besaran tarif itu akan berkisar Rp30 ribu untuk kendaraan roda empat dengan empat penumpang dan Rp3.000 bagi kendaraan roda dua.
Dari seluruh anggaran Jembatan Suramadu senilai Rp 2,7 triliun, provinsi Jatim hanya kebagian di sisi Madura dan Sisi Surabaya, sedangkan bentang tengah dibiayai pemerintah pusat.
Sayangnya jembatan kebanggaan Republik Indonesia ini tidak lolos dari ulah tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab yang dengan tega mencopot mur - mur serta baut - baut yang terpasang hanya untuk dijual kiloan .