• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Internasional Ringgit anjlok, Malaysia perbanyak ekspor buah ke Singapura

facebookeb

IndoForum Senior A
No. Urut
210735
Sejak
9 Jan 2013
Pesan
7.471
Nilai reaksi
96
Poin
48
Menguatnya dolar Amerika (USD) tidak hanya menghantam nilai tukar Rupiah hingga tembus Rp 14.000 per uSD. Mata uang negara lain, seperti Malaysia juga melemah terhadap USD. Ringgit Malaysia sempat melemah ke level RM 4,23 per USD atau jatuh hingga 31 persen dalam satu tahun belakangan ini.

Melemahnya nilai tukar Ringgit Malaysia dimanfaatkan pemerintah setempat untuk meningkatkan ekspor pertanian ke Singapura. Pasalnya, nilai tukar Ringgit Malaysia terhadap dolar Singapura juga mengalami pelemahan.

Menteri Pertanian dan Asas Tani Malaysia, Datuk Seri Ahmad Shabery Cheek mengatakan ekspor produk berbasis pertanian dan buah-buahan ke Singapura ditargetkan mencapai RM 300 juta. Angka ini mencapai sekitar 20 persen dari target total ekspor ke Singapura yakni RM 4 juta.

"Pasti angka angka ini akan naik karena faktor valuta asing," katanya seperti dilansir dari media Bernama di Jakarta, Senin (31/8).

Ahmad Shabery mengatakan, melemahnya nilai tukar Ringgit Malaysia memberi untung ke Singapura karena mereka bisa menikmati buah-buahan Malaysia dengan harga yang murah. Dia juga mengatakan pelemahan nilai tukar menguntungkan petani Malaysia dan juga eksportir.

Menggenjot ekspor buah dan produk pertanian, Malaysia berencana membuat agrobazaar di Singapura. Langkah ini dinilai sangat baik untuk memperkenalkan buah khas Malaysia secara global.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.