• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Pertama di Indonesia, Bus dengan Mesin "e-ticketing" di Dalamnya

facebookeb

IndoForum Senior A
No. Urut
210735
Sejak
9 Jan 2013
Pesan
7.471
Nilai reaksi
96
Poin
48
Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD) dalam waktu dekat akan meluncurkan bus kota pertama di Indonesia yang memasang mesin e-ticketing di dalamnya. Peluncuran bus itu dijadwalkan pada 10 Agustus 2015.

Direktur Utama PPD Pande Putu Yasa mengatakan, bus yang akan mereka luncurkan akan digunakan untuk layanan bus transjabodetabek. Jumlah total busnya mencapai 78 unit.

"Tanggal 10 Agustus kita mau soft launching yang 78 unit ini di Cawang. Mudah-mudahan Pak Menteri berkenan hadir. Bus yang akan diluncurkan menerapkan sistem model baru, tappingnya di dalam bus. Ada CCTV dan GPS juga," kata Pande di Ungaran, Jawa Tengah, Rabu (29/7/2015).

Menurut Pande, 78 unit bus yang akan diluncurkan nantinya akan dioperasikan untuk melayani rute dari Jakarta menuju Bekasi, Depok, dan Tangerang. Ia menyebut, pembukaan rute ke ketiga kota penyangga tersebut melanjutkan perkembangan layanan transjabodetabek tahap awal yang telah beroperasi secara resmi sejak Oktober 2014.

Tahap awal layanan transjabodetabek melayani rute Jakarta ke Tangerang Selatan, tepatnya Ciputat-Blok M.

"Kalau yang baru nanti yang dari Bekasi berangkatnya dari Harapan Indah pemberhentian akhir di Kemayoran; dari Depok berangkatnya dari Terminal Depok-PGC-Grogol; kalau dari Tangerang berangkatnya dari Poris Plawad pemberhentian akhir di Kemayoran," ujar Pande.

Pande mengatakan, tarif yang akan dikenakan dalam layanan transjabodetabek yang menuju Bekasi, Depok, dan Tangerang, masih sama seperti yang dikenakan di rute Tangerang Selatan, yakni Rp 9.000.

Ia menyebut transjabodetabek akan melewati busway dan akan teintegrasi dengan transjakarta. Dengan demikian, ia memastikan penumpang transjabodetabek tidak akan terkena biaya tambahan bila melanjutkan perjalanan dengan transjakarta.

Hal yang sama berlaku untuk penumpang transjakarta yang naik transjabodetabek di dalam busway.

"Kalau naik dari halte transjakarta memang ada biaya Rp 3.500 saat masuk halte. Tapi selama di dalam busway, penumpang tidak perlu membayar lagi. Dikenakan penambahan Rp 9.000 kalau sudah mulai ke luar Kota Jakarta," ujar dia.

"Jadi kalau naik transjabodetabek dari Grogol, belum kena biaya Rp 9.000 selama belum lewat UKI Cawang. Setelah lewat UKI baru bayar. Bayarnya tidak tunai, tapi tapping di dalam bus. Nanti di dalam bus sudah ada petugas yang melayani e-ticketing. Orang mau beli bisa, mau ngisi ulang bisa," kata Pande.

Lebih lanjut, Pande mengatakan, sosialisasi terhadap penggunaan mesin e-ticketing di dalam bus sudah mereka lakukan di rute Blok M-Ciputat. Ia menyebut saat ini penumpang transjabodetabek rute Blok M-Ciputat sudah diberi pilihan untuk melakukan pembayaran melalui mesin e-ticketing yang ada di dalam bus.

"Dan saat peluncuran 78 bus tanggal 10 Agustus nanti kita juga akan bagikan kartu gratis sebanyak 500-1.000 lembar sebagai bentuk sosialisasi," ucap Pande.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.