• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Sering nyeri otot? Ternyata ini 5 penyebabnya

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
Nyeri otot seringkali Anda rasakan ketika selesai berolahraga. Otot yang kaku karena kurang pemanasan terasa sangat menyakitkan sekali. Namun anehnya walaupun Anda tidak berolahraga, otot Anda tetap sering nyeri.

Apakah Anda mengalami hal yang sama? Dilansir dari dailymail.co.uk ternyata ini penyebabnya.

Kurangnya vitamin D
"Tubuh Anda terdiri dari sel yang memiliki reseptor vitamin D di dalamnya. Ketika Anda kekurangan vitamin D, otot menjadi lebih sensitif sehingga sering nyeri. Selain itu vitamin D juga dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D dalam tulang akan membuat tulang menjadi lemah dan tidak bisa mendukung kesehatan otot," terang Dr Deyo Famuboni, peneliti dari Inggris.

Kekurangan zat besi
Selain kekurangan vitamin D, penyebab umum dari nyeri otot adalah kurangnya zat besi dalam tubuh. Wanita sendiri sering mengalaminya ketika mereka sedang dalam masa menstruasi. Namun kekurangan zat besi ini bisa diredakan dengan konsumsi kacang-kacangan, bayam, ikan, dan telur.

Stres
Penyebab lain dari nyeri otot adalah stres. Sebab ketika Anda stres maka tubuh melepaskan hormon stres yang membuat otot-otot Anda menegang. "Bahkan ketika stres yang Anda derita termasuk stres kronis, maka otot Anda bisa sulit untuk digerakkan," ungkap Dr Marilyn Glenville, ahli kesehatan perempuan di Inggris.

Masalah medis lain
Beberapa masalah medis atau penyakit lain bisa menyebabkan nyeri otot seperti polymyalgia rematik atau arthritis. Kebiasaan sehari-hari yang salah juga bisa menyebabkan nyeri otot seperti sering memakai tas berat atau sepatu yang tidak nyaman.

Otot terkilir
Otot terkilir atau keseleo otot yang tidak segera ditangani juga mampu membuat Anda mengalami nyeri otot.

Nyeri otot memang tidak bisa dianggap sepele. Sebab nyeri otot bisa menghambat aktivitas Anda jika tidak diobati. Selain pengobatan medis, Anda bisa mengobati nyeri otot dengan selalu mengonsumsi makanan sehat yang mampu melumasi otot Anda.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.