• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Kenali penyebab borosnya konsumsi daya baterai smartphone

Lampu Abang

IndoForum Beginner E
No. Urut
284246
Sejak
8 Jan 2015
Pesan
427
Nilai reaksi
10
Poin
18
Perangkat smartphone saat ini terus berkembang dengan membawa ukuran layar yang lebih jernih dan, prosesor yang lebih cepat, dan kamera dengan sensor lensa besar. Namun dari semua perkembangan tersebut, ada satu aspek yang tidak jauh berubah, yaitu baterai Li-ion. Hal inilah yang menyebabkan saat ini banyak smartphone canggih namun tidak bisa terlepas dari powerbank atau charger.

Namun, sebenarnya borosnya baterai smartphone ini dapat diketahui penyebabnya. Berikut 5 penyebab umum borosnya baterai smartphone Anda.

1.Koneksi smartphone

Koneksi smartphone seperti WiFi, Bluetooth, atau GPS yang selalu dalam kondisi aktif menjadi salah satu penyedot daya baterai paling ganas.

Maka, untuk menghemat daya baterai, non-aktifkan konektivitas tersebut ketika tidak perlukan. Dengan cara ini maka umur daya baterai bisa lebih panjang.

2.Jaringan

Jaringan juga menjadi salah satu penyebab baterai smartphone menjadi boros. Hal ini terjadi ketika kualitas jaringan di sekitar Anda buruk. Dalam kondisi ini smartphone akan bekerja jauh lebih keras untuk mendapatkan sinyal dan hal inilah yang membuat daya baterai cepat habis.

Untuk menyiasati hal ini, sebaiknya Anda masuk ke pengaturan dan pada menu network mode pilih menu 'Auto Mode' yang mana smartphone akan secara otomatis menangkap sinyal terbaik, meski koneksi internet akan menjadi korban.

3.Display

Layar smartphone yang di-setting dengan pencahayaan maksimal serta waktu aktif layar yang lama tentu akan membuat baterai smartphone lebih boros.

Untuk mengakali masalah ini, maka kurangilah kadar kecerahan smartphone ketika dalam ruangan dan setting waktu aktif layar dalam jangka waktu pendek.

4.Pengisian baterai

Borosnya baterai smartphone juga bisa disebabkan cara pengisian daya yang salah. Seperti mengisi baterai sambil diselingi bermain game atau menelepon. Hal ini menyebabkan suhu smartphone akan meningkat, dan suhu panas inilah yang membuat sell dalam baterai cepat rusak.

5.Aplikasi penyedot koneksi internet

Penyebab kelima borosnya baterai smartphone adalah banyaknya aplikasi penyedot koneksi internet yang di sebuah perangkat smartphone.

Selain menyedot kuota internet, aplikasi seperti Skype, Yahoo Messenger, ataupun Google+ yang membutuhkan koneksi internet terus menerus, aplikasi ini juga rakus menyedot daya baterai smartphone.

Sebaiknya hapuslah sejenis aplikasi di atas dari smartphone Anda jika aplikasi tersebut tidak begitu diperlukan.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.