• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

5 Khasiat jeruk nipis untuk kebugaran tubuh

wirapedia

IndoForum Beginner D
No. Urut
282669
Sejak
25 Feb 2014
Pesan
604
Nilai reaksi
11
Poin
18
BI0Eu.jpg
Jeruk nipis dikonsumsi di seluruh dunia dalam bentuk sorbet, minuman, koktail, acar, selai, jeli, makanan ringan, permen dan juga digunakan dalam masakan. Ada banyak jenis jeruk yang ditemukan di seluruh dunia, terutama di daerah tropis dan yang memiliki iklim Mediterania. Berikut adalah lima khasiat jeruk nipis untuk kebugaran tubuh, seperti dilansir organicfacts.net.

1.Untuk pencernaan

Jeruk nipis dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Flavonoid, senyawa yang ditemukan dalam minyak wangi yang diekstrak dari jeruk nipis, dapat merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu dan asam. Dan jeruk nipis kaya akan flavonoid yang dapat merangsang gerak peristaltik - gerakan yang terjadi pada otot-otot saluran pencernaan.

2.Diabetes

Menurut American Diabetes Association, jeruk nipis dan buah citrus lainnya dianggap sebagai makanan super untuk mengendalikan diabetes.

Serat larut yang ditemukan dalam jeruk nipis membuatnya menjadi makanan yang ideal untuk membantu mengatur penyerapan tubuh dari gula ke dalam aliran darah, mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang bisa menjadi masalah serius untuk pasien diabetes.

Juga, jeruk nipis dan buah citrus lainnya memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti mereka tidak akan menyebabkan lonjakan kadar glukosa.

3.Baik untuk jantung

Serat larut yang ditemukan dalam jeruk nipis dapat membantu penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah dan menghilangkan kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Serat larut juga dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah, yang bisa mencegah komplikasi penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

4.Mengatasi Arthritis

Salah satu dari banyak penyebab arthritis adalah kelebihan asam urat yang menumpuk di tubuh. Asam urat adalah salah satu produk limbah dalam tubuh. Kadar asam urat yang terlalu tinggi dapat memicu rasa sakit dan peradangan.

Asam sitrat yang ditemukan dalam buah citrus seperti jeruk nipis dapat melarutkan asam urat yang dikeluarkan melalui urine. Jeruk nipis umumnya juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat digunakan untuk menenangkan peradangan.

5.Demam

Jika seseorang menderita demam, air jeruk nipis dapat menjadi obat herbal yang mujarab. Vitamin C yang ditemukan dalam jeruk nipis secara alami dapat menurunkan suhu tubuh.

So, tunggu apalagi? Ada banyak bahan alami di sekitar Anda yang bisa dimanfaatkan menjadi obat. Anda tidak perlu selalu tergantung pada obat-obatan kimia, karena itu tentu memiliki efek samping pada tubuh.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.