• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Di tempat ini orang Yunani kuno simpan semua emas mereka!

facebookeb

IndoForum Senior A
No. Urut
210735
Sejak
9 Jan 2013
Pesan
7.471
Nilai reaksi
96
Poin
48
qVwLp.jpg
Bagi orang Indonesia 'tempoe doeloe', tempat paling aman menyimpan uang mungkin adalah di bawah kasur. Tetapi tidak bagi orang Yunani kuno, tempat mereka menyimpan semua uang ada di atap!

Ya, dari penelitian Universitas McMaster, terungkap bila atap kuil Yunani kuno, Parthenon, dulunya adalah sebuah brankas raksasa tempat orang Yunani di kota Athena menyimpan semua harta mereka. Bahkan, ilmuwan menyatakan atap Parthenon dulunya menyimpan sekitar 260 ton emas dan perak!

"Atap dari Parthenon adalah satu-satunya tempat yang cukup besar untuk menyimpan semua koin berharga," ungkap Profesor Universitas McMaster, Spencer Pope, LiveScience (30/06).

Berdasarkan penelitian, luas atap Parthenon ternyata mencapai 3 kali luas lapangan tenis dengan luas 950 meter persegi dan tinggi 3 meter. Menariknya, sisa-sisa tangga yang diperkirakan dipakai untuk membawa koin ke atas atap Parthenon juga masih ada sampai sekarang.

Pemakaian atap Parthenon sebagai brankas emas diyakini mulai dilakukan sekitar 434 tahun sebelum masehi. Saat itu kuil Parthenon mulai dipakai sebagai tempat pemujaan bagi Dewi Athena.

Di sekitar abad ke-5 sebelum masehi itu juga Athena, kota kuno tempat Parthenon berdiri, memasuki era kejayaannya. Athena saat itu disebut menjadi kota paling mendominasi di Yunani. Menurut penelitian arkeolog, kota itu menjadi pusat militer dan suka mengirimkan bantuan tentara ke kota lain dengan imbalan emas.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.