• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Tips dan Cara Merawat Aki Mobil

allodie

IndoForum Beginner B
No. Urut
105266
Sejak
21 Sep 2010
Pesan
1.020
Nilai reaksi
4
Poin
38
Tips Otomotif - Nah, ada beberapa hal yang patut diperhatikan, supaya aki mampu bekerja maksimal serta bernyawa lebih panjang. Berikut langkah-langkahnya merawat aki mobil:

1. Matikan Sistem Kelistrikan 

Ketika sedang memanaskan mobil, baiknya jangan nyalakan pendingin ruangan (AC) atau perangkat elektronik lain. Pasalnya, kondisi aki belum sepenuhnya terisi dengan listrik. Panaskan atau jalankan ken-daraan sekitar 5 hingga 10 menit, supaya aki bener-benar siap untuk menyuplai sistem kelistrikan. Kemudian setelah selesai berkendara, jangan lupa matikan semua komponen kelistrikan sebelum mesin dimatikan. Tujuannya adalah, supaya listrik pada aki tak berkurang serta memudahkan ketika menyalakan mesin.


2. Periksa Level Cairan Aki

Rajin-rajinlah periksa level air pada aki konvensional. Memeriksa level aki penting dilakukan jangan sampai di bawah level minimum/low level. Mengisi air pun tak boleh lebih dari upper level. Karena, pada saat aki panas, air akan tersembur keluar bersamaan dengan uap yang sangat bersifat korosit. Penambahan air aki ini menggunakan air aki murni bukan air aki zuur.
3. Perhatikan Kebersihan 

Perhatikan kebersihan permukaan aki pada kutub negatif dan positif. Saat terminal aki kotor, arus listrik tidak bisa mengalir sempurna yang mengakibatkan pasokan listrik kurang. Selain itu lambat laun akan merusak terminal. Jika terlihat kerak berwarna kehijauan dan juga kotoran pada terminal aki, segera bersihkan. Cara membersihkannya bisa dengan menggunakan air panas secukupnya kemudian menyikatnya dengan sikat kawat. Setelah dibersihkan, kencangkan baut kleman aki. Pastikan aki selalu dalam posisi yang ‘fix’ dan tidak bergeser-geser. Aki yang selalu berguncang saat kendaraan bergerak akan cepat rusak.

4. Pengecekan Daya Aki

Untuk mengecek apakah aki dalam kondisi yang sehat atau tidak, maka kita membutuhkan bantuan dari bengkel mobil atau spesialis aki. Hal ini dilakukan guna memeriksa apakah aki mobil masih bisa manghasilkan daya listrik sesuai spesifikasinya, serta bekerja dengan baik. Aki yang kekurangan daya akan mempengaruhi sistem kelistrikan mobil secara keseluruhan. Untuk aki MF, terdapat indikator yang berwarna hijau dan merah. Periksa apa bila indikator menyala merah, berarti harus segera diganti. Sebaliknya jika berwarna hijau, berarti aki masih layak pakai.


5. Cek Kebocoran 
Aki 

Periksa apakah terjadi kebocoran pada aki. Hal ini bisa terjadi pada badan aki maupun penutupnya. Jika terjadi kebocoran dan tidak segera diatasi maka bisa merusak bodi atau komponen kendaraan karena sifat cairan aki yang korosif. Kebocoran pada badan aki harus segera ganti dengan aki baru sedangkan jika terjadi hanya pada tutup saja, bisa dikencangkan atau diganti tutup aki yang baru.

6. Pemasangan 
Aki

Ketika hendak membuka aki, dahulukanlah melepas pengait pada kutub negatif, kemudian barulah lepas pengait positif. Sebaliknya saat memasang, dahulukan kutub positif baru negatif. Tujuannya supaya tidak terjadi korsleting.

Sumber
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.