• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

5 Sebab jalinan persahabatan putus begitu saja

facebookeb

IndoForum Senior A
No. Urut
210735
Sejak
9 Jan 2013
Pesan
7.471
Nilai reaksi
96
Poin
48
gn62m.jpg
Hampir semua orang memiliki atau setidaknya pernah memiliki sahabat. Beberapa cukup beruntung karena berhasil mempertahankan untuk selamanya. Namun tak jarang pula yang harus berakhir dalam hitungan tahun, bahkan bulan.

Sebuah persahabatan bisa berakhir karena berbagai alasan. Apa saja? Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan persahabatan berakhir.

1. Sepihak

Kadang kita merasa seperti menjadi satu-satunya pihak yang berusaha keras agar sebuah hubungan bisa berhasil.

Hal seperti ini juga bisa terjadi dalam persahabatan. Dan saat kita sudah merasa terlalu lelah dalam berusaha (tanpa diimbangi usaha yang sama dari sahabat), kita pun memutuskan untuk berhenti.

2. Pengkhianatan

Tak ada yang lebih menyakitkan daripada dikhianati oleh orang yang kita pedulikan. Kebohongan, komentar buruk di belakang kita, atau mencuri sesuatu yang menjadi milik kita (entah itu barang atau kesempatan promosi di tempat kerja misalnya) cukup untuk membuat kita tidak ingin memaafkan untuk selamanya.

3. Jarak

Persahabatan sejati seharusnya tidak akan terpengaruh oleh jarak dan waktu. Namun pada kenyataannya jalinan pertemanan yang paling akrab pun bisa berakhir karena jarak. Entah itu jarak yang sesungguhnya atau jarak emosional yang timbul karena kurangnya waktu bersama dan visi yang mulai berbeda.

4. Sahabat terlalu bergantung

Kadang persahabatan bisa terasa menyesakkan. Itulah yang terjadi jika salah satu pihak dalam hubungan pertemanan itu terlalu bergantung kepada yang lain.

Hanya kerena dua orang memutuskan bersahabat, bukan berarti mereka harus kehilangan independensi dan menginvasi hak satu sama lain untuk berinteraksi dengan orang lain di luar persahabatan itu sendiri.

5. Energi negatif

Ada beberapa orang yang seakan memancarkan energi negatif dari diri mereka. Hari-hari mereka dipenuhi keluhan, amarah, dan kebencian terhadap segala hal di sekitar. Dan tentu saja, yang jadi tempat untuk mencurahkan seluruh energi negatif itu adalah orang terdekat alias sahabat.

Dan sesabar-sabarnya seorang sahabat, ia pasti juga punya batas kesabaran. Jika titik batas kesabaran itu sudah terlampaui, berakhirlah sudah persahabatan.

Itulah lima alasan yang bisa menyebabkan sebuah persahabatan berakhir.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.