• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

7 Nutrisi penting yang dibutuhkan anak-anak

facebookeb

IndoForum Senior A
No. Urut
210735
Sejak
9 Jan 2013
Pesan
7.471
Nilai reaksi
96
Poin
48
Kesehatan seorang anak secara langsung terkait dengan pola makan mereka. Penerapan pola makan yang baik sejak usia dini sangat penting untuk perkembangan anak di masa depan. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang enam nutrisi penting dan sumber makanan terbaik untuk kesehatan anak-anak, seperti dilansir Health Me Up.

Protein

Protein diperlukan untuk untuk membangun sel, melawan infeksi, menghasilkan energi, dan mengangkut oksigen. Makanan kaya protein meliputi:

Daging tanpa lemak
Susu
Ikan
Telur
Kacang-kacangan
Buncis
Kedelai

Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber penting energi. Anak Anda harus makan lebih banyak pati dan serat selama masa pertumbuhan. Makanan kaya karbohidrat meliputi:

Beras merah
Sereal gandum dan roti
Kentang
Pasta

Lemak

Lemak merupakan sumber energi yang baik bagi anak-anak dan mudah disimpan dalam tubuh mereka. Makanan yang mengandung lemak sehat meliputi:

Produk olahan susu
Minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak kedelai, dan minyak bunga matahari
Daging
Lemak ikan
Kacang-kacangan

Kalsium

Untuk membangun tulang dan gigi yang sehat, anak-anak butuh asupan kalsium selama masa pertumbuhan. Kalsium juga penting untuk saraf, otot, dan fungsi jantung. Makanan kaya kalsium meliputi:

Susu
Yogurt
Keju
Es krim
Kuning telur
Brokoli
Sayuran hijau
Tahu

Besi

Besi sangat penting untuk kesehatan anak Anda. Besi dibutuhkan dalam produksi hemoglobin, pigmen pembawa oksigen dalam darah, dan mioglobin, pigmen yang menyimpan oksigen dalam otot. Makanan yang mengandung banyak zat besi antara lain:

Daging merah
Hati
Unggas
Bayam
Oats
Polong-polongan
Kacang-kacangan

Serat

Asupan serat yang cukup mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker di masa dewasa. Makanan yang mengandung banyak serat meliputi:

Sereal gandum
Buah-buahan dan sayuran
Jagung
Kacang-kacangan

Folat

Folat juga penting bagi anak-anak. Folat adalah vitamin B yang sangat penting untuk perkembangan tubuh yang sehat dan fungsi sel anak. Makanan kaya folat antara lain:

Sereal gandum
Sayuran berwarna hijau seperti brokoli dan bayam
Polong-polongan

Selama masa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan banyak nutrisi untuk tubuh mereka. Dengan begitu, tubuh mereka bisa tumbuh dengan sempurna dan sehat di masa dewasa.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.