• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

5 Cara tepat menjaga kesehatan vagina

nurma

IndoForum Beginner A
No. Urut
170780
Sejak
25 Apr 2012
Pesan
1.296
Nilai reaksi
25
Poin
48
Ladies, jangan pernah abaikan kebersihan vagina kalian ya. Dengan menjaga kebersihan vagina, Anda akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan termasuk infeksi jamur, kanker serviks, dan masalah lainnya. Nah, berikut adalah beberapa cara untuk menjaga vagina tetap sehat.

1.Menjaga keseimbangan pH

Pemakaian bahan kimia dapat mengganggu kadar pH vagina, mengurangi keasaman dan memperbesar risiko terinfeksi bakteri. Normalnya, pH vagina sekitar 3,8-4,5.

Jika vagina memiliki bau yang kuat atau tidak sedap, hindari penggunaan sabun pembersih berbahan kimia keras pada vulva atau di dalam vagina, karena ini juga dapat mempengaruhi keseimbangan pH yang sehat.

2.Seks yang aman

Hindari seks bebas karena itu dapat mencegah Anda dari beragam penyakit menular seksual seperti HIV, herpes genital, sifilis, gonore, kutil kelamin, dan klamidia. Beberapa dari penyakit tersebut, seperti HIV dan herpes genital, tidak dapat disembuhkan. Human papillomavirus yang menyebabkan kutil kelamin, juga diketahui dapat menyebabkan kanker atau penyakit lainnya.

3.Mendeteksi gejala yang mencurigakan

Anda harus lebih waspada terhadap kesehatan organ intim Anda. Jika Anda menemukan tanda-tanda yang mencurigakan terjadi di area intim Anda, segera pergi ke dokter kelamin untuk memeriksakannya.

Jangan biarkan masalah itu menjadi berlarut-larut, sehingga akhirnya menjadi tambah parah. Anda juga disarankan untuk melakukan pap smear, yang bisa mendeteksi perubahan sel vagina yang mungkin mengindikasikan adanya kanker.

4.Memperhatikan pola makan

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi makanan yang Anda konsumsi juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan vagina dan reproduksi Anda. Karena itu, Anda pun disarankan untuk memperbanyak minum air dan mengonsumsi makanan sehat, seperti jus cranberry dan yoghurt.

Jus cranberry dan yoghurt juga merupakan makanan yang efektif dalam mengobati masalah kesehatan vagina. Mereka dapat membantu mencegah dan mengobati infeksi jamur vagina. Dan jika Anda mengalami kekeringan vagina, tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda harus makan lebih banyak produk kedelai, yang dapat membantu pelumasan alami.

5.Memilih pakaian dalam yang tepat

Vagina harus tetap bersih dan kering dan apa yang Anda kenakan dapat mempengaruhi itu. Jenis kain dari pakaian dalam Anda dapat meningkatkan panas dan kadar kelembapan di area vagina.

Hal tersebut berpotensi menyebabkan bakteri berlebih dan infeksi. Kenakan pakaian dalam yang terbuat dari katun di siang hari. Cobalah untuk tidak memakai celana ketat, dan segera mengganti pakaian renang Anda yang basah atau pakaian olahraga Anda yang sudah basah karena keringat.

Inilah lima cara tepat menjaga kesehatan vagina. Semoga bermanfaat!
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.