• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Gua di Bali ini dipercaya bisa bikin hamil

facebookeb

IndoForum Senior A
No. Urut
210735
Sejak
9 Jan 2013
Pesan
7.471
Nilai reaksi
96
Poin
48
3JPkW.jpg
Kabupaten Badung yang wilayahnya memanjang dari utara ke selatan Pulau Dewata tidak hanya kaya akan wisata alam pantai. Kabupaten terkaya di Bali ini juga punya julukan Kabupaten seribu gua.

Salah satunya gua Tirta Kereban Langit. Di dalam gua terdapat sumber mata air yang disucikan dan dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai air kehidupan untuk pasangan pasutri yang lama belum dikaruniai momongan (keturunan).

Pura gua Tirta Kereban Langit ini letaknya tidak jauh dari wilayah gedung megah milik pemerintahan Kabupaten Badung di wilayah sading, Mengwi. Kurang lebih hanya 13 km dari pusat kota Denpasar, dan jika mengambil jalur Denpasar-Gilimanuk akan ketemu arah jalan menuju Desa Sading.

Saat memasuki wilayah pedesaan, pada sisi bagian kiri jalan sudah terdapat plang papan nama yang tertulis besar arah menuju lokasi gua ini. Selain banyak dikunjungi umat yang sembahyang, pura ini juga banyak dikunjungi sejumlah wisatawan asing yang ingin melakukan ritual meditasi atau semedi.

"Di dalam gua sangat sejuk, udara masuk dari atas seperti menyirami ubun-ubun kepala pengunjung. Apalagi kalau siang hari seperti mendapat sebuah sinar suci wahyu dari Tuhan," kata Anom, salah seorang warga dekat lokasi gua, di desa Sading, Bali, Senin (30/3).

Pemangku di pura ini mengatakan, pada bagian atas gua terdapat lubang sehingga membuat udara segar dan matahari masuk ke dalam dan membuat mereka yang sembahyang atau meditasi merasa nyaman dan kerasan. Pura ini dinamakan dengan Pura Keraban Langit. Kerep berarti tedung (atap) dan langit artinya langit, yang artinya pura yang beratapkan langit.

"Di dalam gua bagian atas bolong, kalau tepat pada siang hari saat arah matahari ada di atas kepala pengunjung. Sinarnya masuk ke dalam lubang gua dan memecah ke seluruh ruangan, itulah bagian yang terindahnya, kata Mangku Lingsir di Pura ini.

Sebelum memasuki areal pura, pengunjung tidak bisa sembarangan asal masuk, melainkan harus dipandu oleh pemangku di pura tersebut. Karenanya di depan pintu gerbang masuk pura terpampang nomor HP milik pemangku Lingsir. pengunjung tinggal hubungi dalam waktu 10 menit sudah tiba di lokasi dan mengantarkan pengunjung. Tetapi sebelum masuk gua, pengunjung wajib mandi terlebih dahulu di lima mata air pancuran yang terdapat di sisi selatan pura. Barulah pengunjung diperkenankan masuk ke dalam gua.

Di dalam gua terdapat sumber mata air yang tidak pernah ada habisnya mengalir. Air ini sangat dipercaya memiliki mukjizat, salah satunya yang paling banyak meminta air suci ini untuk diminum adalah pasangan pasutri yang berharap cepat punya momongan.

"Kalau tidak ada tujuannya tidak boleh meminta air suci ini. Hanya boleh duduk untuk sembahyang saja dan meditasi. Kebanyakan yang minta air adalah mereka yang lama tidak punya anak dan selalu berhasil, ucap Pemangku memastikan bahwa air tersebut juga berfungsi untuk orang yang kena tenung (santet) dan bermasalah dengan kandungan.

Dalam prasasti Sading yang berangka tahun Isaka 923 (1001 Masehi), nama gua ini sudah disebutkan. Hanya saja, saat itu yang merupakan masa pemerintahan Raja Sri Udayana, Sading masih bernama Desa Bantiran. Baru pada tahun 1076 Masehi, Desa Bantiran berubah nama menjadi Desa Sading.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.