• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

5 Fakta menarik peristiwa gerhana matahari langka di 20 Maret

Lampu Abang

IndoForum Beginner E
No. Urut
284246
Sejak
8 Jan 2015
Pesan
427
Nilai reaksi
10
Poin
18
hiAxp.jpg
Hari ini Bumi disuguhkan peristiwa gerhana matahari langka yang terjadi bertepatan dengan titik equinox matahari.

Gerhana matahari total ini sendiri dilaporkan bakal terjadi mulai pukul 08.00 GMT dengan puncak gerhana total terjadi pukul 09.30 GMT dan berakhir pada pukul 11.00 GMT.

Penasaran fakta menarik terkait gerhana matahari yang terjadi hanya empat kali dalam satu abad ini? Berikut ulasan selengkapnya.

1.Gerhana matahari terhalang awan

Ternyata tak hanya masyarakat Indonesia saja yang kecewa karena tak bisa melihat secara langsung peristiwa gerhana matahari total yang terjadi hari ini. Para penduduk di Inggris yang sebelumnya dilaporkan bisa melihat peristiwa alam langka ini secara langsung pun juga harus gigit jari.

Dilansir Independent (20/3), perkiraan cuaca di kawasan London dan sekitarnya dilaporkan sedang tak bersahabat. Pemandangan ke arah langit diprediksi akan tertutup awan yang cukup tebal.

Para ahli cuaca juga mengatakan jika di pekan ini, kawasan Inggris bakal dilewati suhu dingin yang bisa memicu terbentuknya awan yang menutupi pandangan di hampir seluruh wilayahnya.

Ahli meteorologi di negara tersebut sebelumnya juga telah mengkhawatirkan gangguan awan saat proses gerhana matahari terjadi. Berdasarkan lansiran tersebut, kekhawatiran ini terbukti benar hari ini dengan awan yang menutupi hampir seluruh wilayah London.

2.Terjadi bertepatan dengan supermoon

Gerhana matahari total ini juga terjadi bertepatan dengan peristiwa supermoon yang mana bulan akan berada berada lebih dekat dengan bumi. Supermoon ini akan tepat melewati titik edar matahari hari ini hingga bakal memunculkan peristiwa gerhana matahari total.

3.Hanya terjadi empat kali di abad ini

Gerhana matahari total yang bertepatan dengan titik equinox matahari ini juga disebut sebagai salah satu peristiwa astronomi langka.

Setelah 20 Maret, gerhana matahari equinox ini baru akan terjadi kembali pada 20 Maret 2034 mendatang. Selain itu, dalam satu abad ini peristiwa serupa akan terjadi di 2053 dan 2072 mendatang.


4.Bertepatan dengan titik equinox matahari

Peristiwa gerhana matahari total ini juga dilaporkan terjadi bertepatan dengan momen equinox matahari. Momen equinox matahari ini merupakan keadaan di mana matahari bakal berada tepat di titik ekuator sehingga waktu siang dan malam akan tepat sama 12 jam.

5.Hanya bisa dilihat di wilayah Inggris raya

Tergolong peristiwa alam langka, gerhana matahari total yang terjadi hari ini justru tak bisa dilihat banyak orang.

Gerhana matahari total ini hanya bisa diamati dari wilayah Atlantik Utara hingga laut Artik yang meliputi ujung selatan Greenland hingga Islandia serta Inggris. Masyarakat Indonesia pun menjadi salah satu yang tak akan bisa menyaksikan peristiwa gerhana matahari langka ini secara langsung.
 
sayangnya gak terlihat di Indonesia,padahalkan peristiwa langka ya gan.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.