• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Manfaat Daun Yang Berada Di Sekitar Kita

galau adv

IndoForum Beginner A
No. Urut
281582
Sejak
25 Jun 2013
Pesan
1.172
Nilai reaksi
24
Poin
38




Daun Sirih
FCmcu.jpg
Sirih (Piper betle:latin) merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Tanaman Sirih terbagi dua jenis, yang pertama sirih bewarna hijau dan yang kedua sirih bewarna merah (Piper ornatum:latin). Sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka), didalamnya terkandung zat tannin, alkaloid, saponin dan flavonoid yg memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan kita, Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap, Jenis tanaman ini mampu mengobati berbagia macam penyakit yang kita derita.


Berikut beberapa manfaat dari daun sirih:
-Menghilangkan Jerawat: ( Rebus 2-4 lembar daun sirih yg sudah dicuci dengan air secukupnya. Diamkan hingga dingin, air tadi kemudian dipakai untuk membasuh wajah. Lakukan hingga jerawat kempis).

-Mengobati Sakit Gigi: ( Caranya sama seperti diatas, bedanya air rebusan dipakai buat berkumur-kumur selama 5 menit).

-Mengobati Bronchitis: ( Caranya rebus 5-7 lembar daun sirih yg sudah dicuci dengan segelas air putih. Setelah dingin, minum empat sendok makan air rebusan tadi secara rutin 3x sehari).

-Mengobati Sakit Jantung: ( Caranya rebus 3-5 lembar daun sirih yg sudah dicuci bersama segelas air putih. Rebus selama 10 menit, setelah agak hangat langsung dihabiskan, minumlah sebelum makan).

-Mengobati Keputihan: (Caranya rebus 5-7 lembar daun sirih merah yg sudah dicuci bersih dengan air secukupnya, gunakan air rebusan tadi untuk membersihkan daerah *** agan)

Daun Sirsak
OsNKM.jpg
Sirsak (Annona Muricata:latin) merupakan tumbuhan yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam.

Daun sirsak ternyata mengandung banyak manfaat untuk bahan pengobatan herbal, dan untuk menjaga kondisi tubuh. Dibalik manfaatnya tersebut ternyata tak lepas dari kandungannya yang banyak mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin.

Kandungan senyawa ini merupakan senyawa yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, bisa sebagai obat penyakit atau untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat daun sirsak ternyata 10.000 kali lebih kuat kandungan dan kemampuannya dari kemoterapi dalam mengobati kanker.

Berikut beberapa manfaat dari daun Sirsak:
-Mengobati Kanker: (Caranya 10 lembar daun sirsak yg tua dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum 2 kali per hari selama 2 minggu. Minumlah secara teratur.

-Mengobati Bisul: (Caranya Ambil daun sirsak yang masih muda sebanyak 5 sampai 10 helai lalu tumbuk sampai agak halus, tempelkan di tempat yang terkena bisul hinggal bisul mengering.)

-Mengobati Rematik: (Caranya tumbuk halus beberapa daun sirsak, taruh di tempat yg sakit itu).

Daun Seledri
9CvlI.jpg
Seledri (Apium graveolens:latin) telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu sebagai unsur pengobatan dan penyedap masakan. Kandungan utamanya adalah butilftalida, sebagai pembawa aroma yg kuat. Seledri (terutama buahnya) sebagai bahan obat telah disebut-sebut oleh Dioskurides serta Theoprastus dari masa Yunani Klasik dan Romawi sebagai "penyejuk perut". Veleslavin (1596) memperingatkan agar tidak mengonsumsi seledri terlalu banyak karena dapat mengurangi air susu.

Seledri disebut-sebut sebagai sayuran anti-hipertensi. Fungsi lainnya adalah sebagai peluruh (diuretika), anti reumatik serta pembangkit nafsu makan (karminativa). Umbinya memliki khasiat yang mirip dengan daun tetapi digunakan pula sebagai afrodisiaka (pembangkit gairah seksual).

Berikut beberapa manfaat daun Seledri
-Mengobati Batuk: (Caranya seledri utuh, cuci bersih kemudian potong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Saring, campur madu kemudian bagi air rebusan tadi jadi dua. Minum pagi dan sore hari.)

-Mengobati Hipertensi: (Caranya 100 gr seledri, tumbuk alus, rebus dengan segelas air sampai mendidih, saring minum pagidansore hari.)


Daun Singkong
hUKr0.jpg
Singkong atau ketela pohon (Manihot utilissima:latin) dalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.

Selain dari kandungan gizi daun singkong khasiat daun singkong juga banyak, yaitu untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang dapat diobati dengan memanfaatkan daun singkong dan cara mengolahnya.

Berikut beberapa manfaat daun Singkong:
-Mengobati Sakit Kepala: (Caranya: Beberapa daun pucuk, tumbuk halus, kompres/tempelkan pada kepala yg sedang sakit.)

-Mengobati Diare: (Caranya: Daun singkong seikat. Rebus daun singkong tersebut diair dengan air 900cc, sampai airnya berkurang menjadi 450cc Saring lalu ambil airnya
Bagi air ramuan tersebut menjadi dua bagian dan minum dua kali sehari pagi dan malam )

-Mengobati Rasa Lapar: (Caranya rebus daun yg muda, kemudian sajikan bersama sambal sebagai teman lalap)


Daun Sambiloto
R2PI.jpg
Sambiloto (Andrographis paniculata:latin) digunakan untuk mencegah pembentukan radang, memperlancar air seni (diuretika), menurunkan panas badan (antipiretika), obat sakit perut, kencing manis, dan terkena racun. kandungan senyawa kalium memberikan khasiat menurunkan tekanan darah. Manfaat duan sambiloto dapat mengatasi hepatitis, infeksi saluran empedu,disentri basiler, tifoid, diare, influenza, radang amandel (tonsilitis), abses paru, radang paru (pneumonia), radang saluran napas (bronkhitis), radang ginjal akut (pielonefritis akut), radang telinga tengah (OMA), radang usus buntu, sakit gigi,demam, malaria,kencing nanah (gonore), kencing manis (DM), TB paru, skrofuloderma, batuk rej an (pertusis), sesak napas (asma), darah tinggi (hipertensi), kusta (morbus hansen = lepra), leptospirosis, keracunan jamur, singkong, tempe bongkrek, makanan laut, kanker: penyakit trofoblas seperti kehamilan anggur (mola hidatidosa) dan penyakit trofoblas ganas (tumor trofoblas), serta tumor paru.

Pemakaian daun Sambiloto:

-Keringkan terlebih dahulu daun sambiloto sebanyak 10-20g, bisa direbus atau digiling hingga halus lalu diseduh, minum 3-4 kali sehari atau 4-6 tablet apabila serbuk yang halus tadi dimasukan ke dalam kapsul.
-Untuk mengobati kanker digunakan cairan infus, injeksi, atau tablet.
- Untuk pemakaian luar, daun segar direbus lalu airnya digunakan untuk cuci atau digiling halus dan dibubuhkan ke tempat yang sakit, seperti digigit ular berbisa, gatal-gatal, atau bisul.

Beberapa manfaat daun Sambiloto:
-Mengobati Flu: (Caranya: Bubuk kering sambiloto sebanyak 1 g diseduh dengan cangkir air panas. Setelah dingin diminum sekaligus, Lakukan 3 – 4 kali sehari. )

-Mengobati Demam: (Caranya: Daun sambiloto segar sebanyak 1 genggam ditumbuk. Tambahkan 1/2 cangkir air bersih, saring lalu minum sekaligus. Daun segar yang digiling halus juga bisa digunakan sebagai tapal badan yang panas.)

-Mengobati Malaria: (Caranya: sgenggam daun sambilito direbus dengan 4 cangkir air sampai airnya tinggal separuh diminum setengah gelas 3 kali sehari. )

-Mengobati TBC (Caranya: Daun sambiloto kering digiling menjadi bubuk. Tambahkan madu secukupnya sambil diaduk rata lalu dibuat pil dengan diameter 0,5 cm. Pil ini Ialu diminum dengan air matang. Sehari 2 – 3 kali, setiap kali minum 15 – 30 pil.)

Daun Salam
JBEN.jpg
Salam (Syzygium polyanthum: latin) nama pohon penghasil daun rempah yang digunakan dalam masakan Nusantara. Daun ini dicampurkan dalam keadaan utuh, kering atau pun segar, dan turut dimasak hingga makanan tersebut matang.

Kandungannya yakni pada daun salam kering terdapat sekitar 0,17% minyak esensial, dengan komponen penting eugenol dan metil kavikol (methyl chavicol) di dalamnya. Ekstrak etanol dari daun menunjukkan efek antijamur dan antibakteri, sedangkan ekstrak metanolnya merupakan anticacing,

Rempah ini memberikan aroma herba yang khas namun tidak keras. Di pasar dan di dapur, salam kerap dipasangkan dengan laos alias lengkuas. Secara tradisional, daun salam digunakan sebagai obat sakit perut, mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain.

Beberapa manfaat daun Salam:
-Mengobati Sakit Maag (Caranya: Ambil 15 lembar daun salam kemudian cuci bersih.Rebuslah daun salam dengan 2 liter air, tambahkan gula aren selama 15 menit.Biarkan ramuan tersebut sampai dingin.Minumlah setiap hari sampai perih lambung hilang.)

-Untuk Diet (Caranya: Rebus 2 gelas air dan setelah mendidih masukkan daun salam masak hingga air yang digunakan untuk merebus tinggal setengahnya lalu angkat dan sajikan ketika sudah dingin.

-Mengobati Asam Urat (Caranya: 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. )

-Mengobati Kolesterol tinggi (Caranya: 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian arinya diminum secara teratur. Untuk melancarkan peredaran darah, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 350 cc. Lalu ramuan disaring dan diminum sebanyak dua kali sehari.)

Daun Pare
thwn.jpg
Pare (Momordica charantia:latin) Tanaman ini tumbuh merambat atau memanjat dengan sulur berbentuk spiral, banyak bercabang, berbau tidak enak. Walaupun tidak enak, tetapi ini tumbuhan memiliki banyak khasiat, terutama daunnya. Sejak zaman purba pare digunakan untuk merawat penderita kencing manis karena terbukti berkhasiat hipoglikemik melalui insulin nabati yang mengurangi kandungan gula dalam darah dan air kencing.

Dalam ramuan tradisional, buah peria ditumbuk hingga menghasilkan cairan pahit atau merebus daun serta buahnya sehingga menghasilkan air yang dapat diminum secara langsung. Sebagai obat diabetes, buah peria dapat disajikan sebagai teh karena terbukti tidak memiliki efek samping terhadap sistem pencernaan sehingga tepat dikonsumsi oleh penderita yang mengalami konstipasi.

Beberapa manfaat daun Pare:
-Mengencangkan Payudara (Caranya: Siapkan beberapa helai daun pare yang masih segar (tidak dimakan ulat). Cuci bersih daun pare tersebut setelah itu daun pare tersebut kita remas-remas sampai mengeluarkan air selanjutnya remasan daun pare tersebut kita sapukan ke kedua payudara sampai rata sambil diurut-urut pelan (cara mengurutnya dari pangkal payudara sampai keujung/puting) Biarkan sampai kering, baru setelah itu cuci dengan air sampai bersih. Lakukan minimal 3x dalam seminggu.)


Daun Pisang
gUKSR.jpg
Pisang merupakan tanaman yang sangat familiar dengan kita. Selain buahnya enak dimakan, ternyata daunnya dapat dijadikan pembungkus berbagai macam bahan makanan.[

Beberapa manfaat daun Pisang
-Membungkus makanan (Caranya iris daun pisang secukupnya, lipat rapi dan tusuk pakai lidi/hekter)

-Makanan ternak (Caranya: potong daun pisang, berikan ke ternak )

Daun Pegagan
vHcIJ.jpg
Pegagan (Centella asiatica: latin) tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, Pegagan berasa manis, bersifat mendinginkan, memiliki fungsi membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, peluruh kencing (diuretika), penurun panas (antipiretika), menghentikan pendarahan (haemostatika), meningkatkan syaraf memori, anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi dan stimulan. Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid).

Manfaat pegagan lainnya yaitu meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki; mencegah varises dan salah urat; meningkatkan daya ingat, mental, dan stamina tubuh; serta menurunkan gejala stres dan depresi. Pegagan pada penelitian di RSU Dr. Soetomo Surabaya dapat dipakai untuk menurunkan tekanan darah, penurunan tidak drastis, jadi cocok untuk penderita usia lanjut.

Beberapa manfaat daun Pegagan:
-Mengobati Batuk Kering: (Caranya: Segenggam penuh pegagan segar dilumatkan, peras. Ditambah air dan gula batu secukupnya. Minum.)

-Mengobati Campak: (Caranya: 60 -120 gram pegagan direbus, minum secara rutin 1 kali sehari.)

-Mengobati Cacingan: (Caranya: Rebus 27 gr pegagan segar dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus saat hangat.)

Daun Mint
WnlR.jpg
Daun Mint sering digunakan pada pasta gigi, bahan makanan dan minuman. Selain itu daun mint juga dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Beberapa manfaat daun Mint:
-Ampuh Atasi Gangguan Pencernaan
-Ampuh Mengurangi Resiko Alergi
- Ampuh Mengatasi Bau Mulut

Daun Meniran
no6Js.jpg
Meniran terbagi menjadi dua jenis. yang pertama Meniran hijau (Phyllanthus urinaria: latin) dan meniran merah (Phyllanthus urinaria:latin). Salah satu produk untuk meningkatkan siistem imun memakai bahan ini loh, Padahal meniran bisa didapatkan dimana saja, daripada mahal yuk kita buat sendiri.

Beberapa manfaat daun Meniran:
-Menambah sistem Imun: (Caranya: segenggam tanaman meniran, cuci bersih,tumbuk sampai halus. rebus dengan segelas air putih sampai mendidih. Minum pagi dan sore tiap hari)

-Mengobati Batuk: (Caranya: ahan Utama: 3 – 7 batang tanaman meniran lengkap (akar, batang,
daun, bunga) Bahan dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus dan
direbus dengan 3 sendok makan air masak, hasilnya dicampur
dengan 1 sendok makan madu sampai merata. diminum sekaligus dan dilakukan 2 kali sehari)

-Ahli tanaman obat tradisional Prof Hembing, menawarkan penyembuhan hepatitis B dengan meniran. Resepnya, 60 gram daun meniran dicampur beberapa tanaman obat lain, lalu direbus dengan 1 liter air sampai airnya tinggal 200 cc. Air rebusan ini diminum dua kali sehari selama tujuh hari berturut-turut. belum ada obat modern yang sanggup menyembuhkan hepatitis B dengan jitu. Yang paling ideal adalah mencegah hepatitis B dengan vaksinasi.)


Daun Kemangi
YVU4Z.jpg
Kemangi (Ocimum cilratum: latin) biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng. Khasiat kemanggi sangat banyak sekali, bukan hanya dari akarnya daun dan bijinya juga berkhasiat untuk kesehatan, diantara khasiat daun kemangi adalah mempu memperkuat daya tahan hidup sperma, mencegah kemandulan, menurunkan gula darah, antihepatitis, merangsang saraf dan analeptik.


Daun Alfalfa
5a3gz.jpg
Alfalfa (Medicago sativa: latin) merupakan daun yang bernilai tinggi bagi kesehatan Berikut manfaat daun Alfalfa


Membantu tubuh dalam melawan virus (seperti virus influenza)
Mengurangi resiko timbulnya radang sendi dan reumatik
Dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi
Mencegah timbulnya kadar gula darah yang tinggi
Menurunkan resiko terkena stroke dan menghambat penurunan fungsi syaraf
Memperbaiki fungsi kognitif bermanfaat bagi kesehatan gusi
Mencegah sesak nafa dan mengurangi stress
Menghilangkan kelelahan dan keletihan
Mampu mencegah timbulnya penyakit kanker, mampu mengendalikan pertumbuhan tumor dan membantu penyembuhan penyakit kanker


 
tahunya ya cuma daun sirih aja
 
yang daun pisang kok gambarnya kaya gitu gan ??? :D
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.