• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

10 Makanan ini bisa lindungi kulit dari efek buruk sinar matahari

nurma

IndoForum Beginner A
No. Urut
170780
Sejak
25 Apr 2012
Pesan
1.296
Nilai reaksi
25
Poin
48
FT5y.jpg
Sebagai manusia modern yang aktif, seringkali kita tidak bisa menghindari aktivitas yang membuat kulit bersentuhan dengan sinar matahari. Padahal, paparan sinar matahari secara berlebihan bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Tetapi pengaruh buruk sinar matahari bisa dicegah dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan mengoleskan sunscreen atau tabir surya sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari. Produk ini cukup efektif untuk menangkal sinar UVA dan UVB yang bisa memberikan pengaruh buruk bagi kulit. Entah itu penuaan dini, penggelapan kulit, atau kanker kulit.

Anda juga bisa memaksimalkan perlindungan terhadap kulit dengan menyantap makanan penuh nutrisi yang disarankan situs Health With Food dan Independent.ie berikut.

1. Ikan salmon

Salmon termasuk ikan yang kaya akan kandungan astaxanthin, antioksidan yang 1000 kali lebih efektif daripada vitamin E. Antioksidan ini bisa melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari.

2. Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin yang bisa memperbaiki sekaligus menjaga kondisi kulit. Allicin juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas perusak kulit.

3. Tomat

Lycopene merupakan antioksidan yang cukup kuat. Ia bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Lycopene ini bisa ditemukan dalam buah tomat merah. Penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi 40 gram tomat merah setiap hari memiliki risiko kerusakan kulit akibat sinar ultra violet 40 persen lebih rendah.

4. Wortel

Kandungan beta karoten dalam wortel tidak hanya mampu melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Tetapi juga bisa memperbaiki kondisi sel kulit yang rusak.

5. Semangka

Sama seperti tomat, semangka juga mengandung lycopene. Kandungan lycopene dalam semangka bahkan lebih tinggi daripada tomat merah mentah. Selain itu, semangka juga mengandung choline dan vitamin C yang berperan dalam memperbaiki kondisi kulit.

6. Ceri

Ceri kaya akan antioksidan yang memproduksi melatonin. Melatonin ini berfungsi untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultra violet. Selain itu melatonin juga merangsang regenerasi sel.

7. Delima

Anda pasti sudah pernah mendengar kalau pomegranate atau buah delima merah mengandung antioksidan yang lebih banyak daripada buah jeruk dan teh hijau.

Mencegah kerusakan collagen pada kulit dan merangsang regenerasi hingga lapisan kulit terdalam. Anthocycanin di dalamnya dapat melindungi sel kulit dan memperbaiki kondisi kulit.

8. Almond

Almond kaya akan vitamin E dan selenium. Vitamin E menetralkan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan mencegah penuaan dini, salah satu efek negatif yang dibawa sinar ultra violet.

9. Dark chocolate

Dark chocolate dengan kandungan kakao 75 persen yang kaya akan flavonoid yang dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk eksternal.

Tetapi batasi konsumsi cokelat hitam ini agar tidak melebihi 175 gram dalam seminggu.

10. Teh hijau

Teh hijau mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG), antioksidan kuat yang bekerja lebih baik dalam melindungi kulit dibandingkan vitamin C dan vitamin E.

Rajin minum teh hijau minimal dua kali sehari akan membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Itulah 8 makanan penuh antioksidan yang bisa membantu Anda menjaga kulit dari pengaruh buruk sinar matahari.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.