• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Internasional Beli pesawat presiden tercanggih sedunia anyar, AS sediakan Rp 20 T

facebookeb

IndoForum Senior A
No. Urut
210735
Sejak
9 Jan 2013
Pesan
7.471
Nilai reaksi
96
Poin
48
OkwfJ.jpg
Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) menetapkan perusahaan Boeing sebagai penerima kontrak pembaruan pesawat kepresidenan atau biasa disebut Air Force One. Pesawat kenegaraan paling canggih ini akan selesai dirakit pada 2019, tapi bertugas paling cepat baru pada 2023.

Seperti dilansir Financial Times, Jumat (30/1), Presiden AS Barack Hussein Obama saat ini memakai jasa Boeing 747-200S. Masa bakti Air Force One yang bertugas sejak era Perang Teluk itu akan habis masa pakai idealnya pada 2017.

Pentagon memilih seri Boeing 747-8 yang superjumbo sebagai pengganti dengan alasan perlunya pesawat kepresidenan AS masa kini memakai teknologi empat mesin. Faktor lainnya, Boeing merupakan perusahaan dalam negeri sementara bila mencari spesifikasi yang diinginkan alternatif lainnya hanya Airbus, perusahaan Prancis.
tmX8.jpg
"Boeing 747-8 adalah pesawat yang sesuai keinginan kami, mengingat Air Force One adalah simbol dari Amerika Serikat dengan diproduksi di dalam negeri, maka ada beberapa kemampuan yang bisa disesuaikan dengan tugas-tugas presiden," kata Kepala Air Force One Deborah Lee James.

Harga Air Force One baru ini diperkirakan USD 368 juta (setara Rp 4,6 triliun). Ini di luar anggaran Pentagon mencapai USD 1,6 miliar (Rp 20,1 triliun) hingga 2019 yang bisa digunakan untuk menambah kemampuan manuver, fasilitas, serta pernak-pernik teknologi rahasia lainnya di 'Gedung Putih Melayang' itu.

Akan tetapi, dipastikan bahwa Obama tidak akan menikmati pesawat baru tersebut. Presiden penggantinya nanti pun baru menikmati Air Force One baru apabila terpilih untuk periode kedua.

Air Force One merupakan salah satu pesawat paling terkenal di dunia. Selain nyaman, teknologinya konon paling canggih di muka bumi. George W. Bush, setelah serangan teroris 11 September 2001 di New York, mengubah Air Force One menjadi komando militer.

Rapat-rapat penting juga kerap digelar menteri dan presiden AS di atas udara. Di luar kenyamanan kabin yang bagaikan kantor melayang, ada banyak fasilitas rahasia lain yang membikin pesawat tersebut sempat jadi obyek film Hollywood.
 
"Salah paham paling besar soal Air Force One adalah pesawat ini terkenal karena kemewahannya. Padahal kita tahu, pesawat ini punya kemampuan militer dan bisa diubah menjadi pusat komando negara darurat."

Demikian penjelasan Robert F. Dorr, penulis kedirgantaraan dari Amerika Serikat kemarin, menanggapi rencana pemerintahnya mengganti Air Force One lama yang akan purna tugas 2017. Seperti dilansir Financial Times, Jumat (30/1), Boeing kembali dipilih sebagai produsen pesawat presiden Negeri Adi Daya itu.

Boeing terpilih karena statusnya adalah perusahaan asli AS, dibanding Airbus yang asal Prancis. Dorr menyatakan Air Force One akan punya banyak rahasia, sehingga sudah ideal bila produsennya harus dari dalam negeri.

Memang secanggih apa sih pesawat yang ditunggangi Obama itu?

Air Force One Obama adalah seri Boeing 747-200B yang digunakan sejak 1987. Dengan mesin ganda, pesawat itu dirasa kurang efisien untuk bahan bakar. Ini sebabnya Pentagon mengusulkan pembelian baru pesawat jenis 747-8 yang lebih irit.

Tapi di luar konsumsi avtur, Air Force One jadul yang diwarisi Obama tetap paling canggih dibanding pesawat kepresidenan lain di bumi manusia.

Pesawat itu punya radar khusus yang bisa mendeteksi ancaman udara, termasuk misil. Air Force One selalu didesain punya cadangan avtur untuk terbang separuh bumi tanpa mengisi bahan bakar.

Bagasi pesawat paling terkenal sejagat ini dikendalikan otomatis, sehingga mustahil disusupi. Kapasitas gudang penyimpan jumbojet itu bisa memuat 2.000 jenis bahan makanan dalam satu waktu.

Air Force One sewaktu-waktu bisa menjadi rumah sakit melayang, karena ada fasilitas medis lengkap.

Presiden AS pun dapat mengubah pesawat ini jadi ruang rapat bagaikan kantornya di Gedung Putih, Washington D.C. Hal itu pernah dilakukan Presiden George W. Bush pada 2001, selepas serangan teroris ke gedung WTC. Sambil terbang kembali ke Ibu Kota, Bush mengubah Air Force One menjadi markas kendali untuk memimpin seluruh militer.

Di luar pernak-pernik kecil yang diceritakan pada publik, Pentagon enggan membocorkan kemampuan tempur pesawat presiden Negeri Paman Sam ini.

Film Hollywood berjudul "Air Force One" menggambarkan betapa banyak manuver yang bisa dilakukan pesawat itu. Namun juru bicara Pentagon mengaku semuanya cuma 'fiksi'. Tapi diyakini Air Force One punya kemampuan menghindari misil dan memiliki flare deteksi panas bila ada obyek mendekat dari udara.

Yang jelas, untuk mendapatkan pesawat tercanggih sedunia AS merogoh kocek tak sedikit. Untuk peremajaan pada 2019 mendatang, Pentagon harus keluar duit hingga USD 1,6 miliar (setara Rp 20,1 triliun).
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.