• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Coba 6 hobi murah meriah ini untuk mengatasi stres!

facebookeb

IndoForum Senior A
No. Urut
210735
Sejak
9 Jan 2013
Pesan
7.471
Nilai reaksi
96
Poin
48
Kesibukan yang menyita waktu, pikiran, dan tenaga setiap hari membuat manusia di zaman modern rawan menderita stres. Hampir semua orang yang memiliki aktivitas padat menderita stres atau depresi.

Meskipun terdengar sepele, stres merupakan kondisi yang perlu segera diatasi agar tidak sampai membawa dampak negatif pada kesehatan tubuh dan pikiran kita.

Dari sekian banyak solusi anti stres yang bisa kita pilih, menekuni hobi merupakan salah satu yang paling mudah untuk dilakukan. Sebab mengerjakan sesuatu yang kita sukai bisa membantu mengalihkan pikiran dari sumber stres. Selain itu bisa menyegarkan otak agar bisa kembali produktif saat kembali ke rutinitas keesokan harinya.

Ingin mencoba beberapa hobi baru sebagai sarana pelepas stres? Cobalah salah satu hobi yang seru dan menyenangkan berikut.

1. Travelling
Travelling merupakan salah satu aktivitas paling menyenangkan yang bisa Anda coba. Kunjungi tempat-tempat baru untuk menyegarkan pikiran.

Jika Anda tidak punya waktu luang terlalu banyak, tidak perlu bepergian ke tempat yang jauh. Cukup pergi ke tempat-tempat di dalam kota yang tidak biasa Anda datangi. Misalnya makan di restoran yang bukan tempat langganan Anda saat makan siang atau berkendara dengan rute yang tidak biasa Anda lewati saat berangkat dan pulang kantor.

2. Membaca
Membaca adalah salah satu hiburan yang paling murah dan praktis. Anda bisa membangkitkan imajinasi melalui cerita dalam buku hanya bermodalkan sebuah buku.

Selain menghibur, membaca juga dapat mengalihkan pikiran dari kecemasan yang sedang Anda rasakan.

Baca buku yang Anda anggap menarik dan mudah dinikmati setiap kali mulai suntuk. Kalau malas membawa-bawa buku, Anda bisa memilih ebook. Berkat perkembangan teknologi, sekarang Anda bahkan bisa membaca buku melalui gadget Anda. Jadi Anda tetap bisa meluangkan waktu untuk hobi ini di manapun Anda berada.

3. Yoga
Yoga merupakan salah satu olah raga yang paling cocok untuk meredakan stres. Gerakan-gerakannya yang sederhana bisa membantu melemaskan otot yang tegang dan menenangkan pikiran. Selain tubuh jadi lebih rileks, Anda pun bisa tidur lebih nyenyak.

4. Bermain game
Saat sedang suntuk atau marah, games bisa jadi cara yang sehat untuk menyalurkan emosi. Menghajar monster atau kebut-kebutan lewat game pasti lumayan untuk meredakan emosi.

Jadi, dengan main game Anda bisa melampiaskan emosi tanpa menyakiti orang lain. Asal jangan terlalu lama memainkannya, ya. Sebab menurut hasil penelitian bermain game berbau kekerasan dalam jangka waktu yang terlalu lama justru bisa memancing perilaku anarkis.

5. Mendengarkan musik
Mendengarkan musik setiap sore hari atau ketika berangka kerja membuat kondisi psikologis seseorang menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian di University of Gothenburg, mendengarkan musik yang disukai setiap hari bisa menurunkan tingkat stres.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Depression and Anxiety, terapi musik memiliki efek menenangkan yang sama dengan terapi pijatan. Peneliti menemukan bahwa partisipan yang melakukan terapi pijatan selama lebih dari 12 minggu memiliki tingkat stres yang sama dengan orang yang mendengarkan musik.

6. Menulis
Curhatan di jurnal atau blog pribadi juga bisa jadi solusi untuk meredakan stres. Sebab menulis merupakan cara mudah untuk menuangkan pikiran dan perasaan.

Itulah 6 hobi murah meriah yang bisa Anda coba untuk mengatasi stres. Kalau hobi di atas tidak sesuai dengan minat Anda, aktivitas apa yang biasa Anda lakukan untuk mengatasi stres?
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.