• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Ini cara paling mudah sembunyikan data di smartphone Android!

facebookeb

IndoForum Senior A
No. Urut
210735
Sejak
9 Jan 2013
Pesan
7.471
Nilai reaksi
96
Poin
48
Apakah Anda mempunyai data di dalam smartphone Android yang tidak ingin dilihat oleh orang lain?

Langkah pertama harus dilakukan adalah mengakses aplikasi berkas atau 'File Explorer' yang ada di smartphone. Nah, bila Anda kesulitan menggunakan File Explorer bawaan smartphone, Anda bisa mengunduh File Explorer lain di Google Play Store, seperti ES File Explorer atau Root Explorer(bila smartphone Anda sudah di-root).

Sebelum menyembunyikan file atau folder yang Anda inginkan, sebaiknya terlebih dulu mengatur File Explorer Anda untuk dapat melihat data yang telah disembunyikan. Contohnya, bila Anda menggunakan ES File Explorer, Anda bisa masuk ke menu pengaturan lalu Pengaturan Tampilan, dan memberi tanda centang pada opsi 'Tampilkan file tersembunyi'.
81hi.jpg

Untuk membuat sebuah folder agar tidak terlihat saat diakses lewat 'multimedia' atau aplikasi lain, tinggal pilih folder yang Anda inginkan lalu ubah namanya dengan menambahkan tanda titik persis di depan nama sebelumnya.

Nah, mengingat Android termasuk OS berbasis Linux, maka secara otomatis "." akan membuat folder tersebut disembunyikan oleh sistem.

Jika proses tersebut berhasil, Anda akan melihat folder tadi akan menjadi sedikit tembus pandang atau warnanya memudar. Lalu, bagaimana cara menyembunyikan sebuah file saja?
bUBip.jpg

Lebih lanjut, bila Anda hanya menginginkan satu file saja yang disembunyikan, maka yang perlu dirubah adalah nama dari file tersebut.

Misalnya, Anda ingin menyembunyikan sebuah foto agar tidak terlihat di bagian multimedia, yang perlu dilakukan adalah merubah nama foto tersebut menjadi ".nomedia" tanpa tanda petik. Wala! Ikon file tersebut juga akan terlihat memudar, tanda proses 'hiding' telah berhasil.
7G2r.jpg
Anda tidak hanya bisa mengaplikasikan metode ini pada file foto atau video saja, namun pada berbagai jenis data seperti foto, video, hingga file e-book. Selamat mencoba!
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.