• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

5 Alasan untuk lebih sering berjemur di pagi hari!

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
IV1PH.jpg
Bicara tentang sinar matahari, yang ada di benak banyak orang barangkali adalah sinar UVA dan UVB yang buruk untuk kulit. Namun sinar matahari, terutama matahari pagi, juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Sinar matahari pagi adalah sumber vitamin D yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mencegah berbagai penyakit.

Manfaat sinar matahari pagi juga tak hanya terletak pada vitamin D saja. Berjemur di bawah sinar matahari pagi bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Tak percaya? Inilah beberapa alasan mengapa Anda harus lebih sering berjemur di bawah sinar matahari pagi, seperti dilansir oleh Boldsky (25/11).

1. Membuat tidur lebih nyenyak
Salah satu hal yang membuat tidur Anda lebih nyenyak adalah produksi hormon melatonin. Hormon melatonin adalah yang membantu Anda tidur nyenyak di malam hari. Sementara itu, produksi hormon melatonin bergantung pada paparan sinar matahari. Ini bergantung pada seberapa banyak sinar matahari yang Anda dapatkan di pagi hari.

2. Menurunkan berat badan
Salah satu manfaat dari sinar matahari adalah membantu menurunkan berat badan. Hal ini bisa dikaitkan dengan fakta bahwa jika Anda cukup tidur seperti pada poin satu, Anda akan lebih mudah menurunkan berat badan. Penelitian juga telah menunjukkan adanya kaitan yang signifikan antara banyaknya paparan sinar matahari dengan BMI seseorang.

3. Menguatkan tulang
Tak diragukan lagi bahwa vitamin D dalam sinar matahari dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Vitamin D akan membantu tubuh menyerap kalsium yang digunakan untuk memperkuat dan menyehatkan tulang. Vitamin D juga bisa didapatkan dari ikan, tapi sinar matahari adalah yang paling kaya dan paling mudah didapatkan.

4. Melindungi dari penyakit
Penelitian terbaru mengungkap bahwa orang yang kekurangan vitamin D seringkali lebih mudah sakit dan terkena penyakit parah seperti penyakit jantung dan kanker. Mereka juga menemukan bahwa vitamin D yang didapatkan dari sinar matahari lebih efektif dan bernilai dibandingkan dengan suplemen vitamin D.

5. Mencegah penyakit autoimun
Salah satu manfaat terbesar dari sinar matahari adalah perlindungan dari penyakit auto-imun. Sinar matahari mencegah sistem kekebalan tubuh menjadi terlalu reaktif dan hiperaktif. Ini adalah cara paling mudah dan murah untuk mencegah penyakit autoimun.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mendapat paparan sinar matahari di pagi hari. Jadi mulai besok jangan bermalas-malasan. Bangun pagi dan sambut sinar matahari yang menyehatkan tubuh Anda.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.