• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

5 Alasan untuk berhenti minum alkohol

steven yan

IndoForum Junior D
No. Urut
208832
Sejak
2 Jan 2013
Pesan
1.870
Nilai reaksi
23
Poin
38
vf6Ae.jpg

Bagi beberapa orang, atau mungkin banyak orang, minum alkohol adalah kebiasaan yang mereka miliki setiap hari. Sama seperti kebiasaan merokok, kebiasaan minum alkohol juga sulit dihilangkan. Meski begitu, ada baiknya untuk mengamati kembali apa yang akan terjadi pada tubuh Anda jika terus minum alkohol.

Alkohol telah lama diketahui buruk untuk kesehatan. Namun faktanya ini tak menghentikan orang untuk terus mengonsumsinya. Jika Anda masih butuh bukti untuk berhenti minum alkohol, perhatikan beberapa efek buruk alkohol pada kesehatan berikut ini, seperti dilansir olehDaily Health Post(23/10).

1. Merusak fungsi otak
Beberapa efek alkohol pada otak bersifat langsung dan segera. Tetapi ada juga efek jangka panjang yang bisa disebabkan oleh alkohol untuk otak. Alkohol akan merusak kemampuan ingatan seseorang, merusak saraf otak, serta membuat orang lebih mudah pingsan.

2. Osteoporosis
Berdasarkan Mayo Clinic, alkohol bisa meningkatkan risiko osteoporosis seseorang. Mengonsumsi dua gelas alkohol sehari bisa memicu osteoporosis. Hal ini disebabkan karena alkohol menghalangi kemampuan tubuh menyerap kalsium.

3. Kerusakan lever
Bukan rahasia lagi bahwa alkohol berpengaruh buruk untuk lever. Alkohol bisa menyebabkan kerusakan serius pada lever dan menghancurkan sel organ lever. Alkohol bisa memicu beberapa masalah lever seperti penumpukan lemak pada lever, cirrhosis yang menyebabkan lever menjadi keras, dan hepatitis.

4. Kanker
Terlalu sering mengonsumsi alkohol bisa memicu berbagai macam kanker seperti kanker payudara, lever, usus besar, kerongkongan, dan mulut. Meski hingga saat ini peneliti belum memahami benah mengapa alkohol bisa memicu kanker, namun ada beberapa teori yang mengungkap bahwa alkohol bisa merusak DNA, menurunkan tingkat folat, dan estrogen sehingga memicu kanker.

5. Kecanduan alkohol
Mengonsumsi alkohol dalam takaran sedang tampaknya tak membawa masalah pada kesehatan. Namun jika diteruskan, seseorang bisa mengalami kecanduan alkohol. Sama seperti orang yang kecanduan nikotin, terkadang orang yang sudah kecanduan alkohol akan mengalami beberapa gejala kecanduan jika tidak minum alkohol seperti gemetar, pusing, halusinasi, dan lainnya.

Itulah beberapa efek buruk alkohol untuk kesehatan tubuh. Efek tersebut sebaiknya dijadikan pertimbangan bagi Anda dan bisa menjadi alasan untuk segera berhenti minum alkohol secepatnya.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.