• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

7 Langkah mudah untuk menjaga kesehatan ginjal

facebookeb

IndoForum Senior A
No. Urut
210735
Sejak
9 Jan 2013
Pesan
7.471
Nilai reaksi
96
Poin
48
D4rpw.jpg
Setiap organ yang ada di dalam tubuh Anda memiliki peranan penting masing-masing. Salah satu jenis organ yang paling sering dilupakan adalah ginjal. Ginjal adalah dua organ yang berbentuk seperti kacang berukuran sekepalan tangan manusia. Terletak di bawah tulang rusuk di kedua sisi tulang belakang, ginjal memiliki beberapa fungsi penting seperti membersihkan tubuh dari berbagai racun dan menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh. Selain itu, ginjal juga penting dalam pengaturan tekanan darah, sel darah merah, serta zat asam dalam tubuh.

Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan dan kebersihan ginjal Anda.

Olahraga
Olahraga merupakan cara yang paling mudah dan penting untuk menjaga kebersihan ginjal. Sebab olahraga dapat memastikan bahwa setiap fungsi di dalam tubuh Anda berjalan dengan baik.

Konsumsi makanan sehat
Mengonsumsi makanan sehat penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Sebab makanan sehat sangatlah kecil kandungan racun di dalamnya. Sehingga ginjal Anda tidak bekerja terlalu berat untuk menyaring racun.

Menjaga tekanan darah
Karena ginjal juga memainkan peranan penting untuk menjaga sirkulasi darah, sehingga sebaiknya Anda selalu menjaga tekanan darah Anda. Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Menjaga kadar gula
Diabetes dan masalah ginjal memiliki keterkaitan. Banyak penderita diabetes yang kemudian memiliki masalah dengan ginjal mereka. Sehingga menjaga kadar gula adalah salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan ginjal mereka.

Minum banyak air
Asupan cairan sangat penting agar ginjal Anda berfungsi dengan baik. Minimnya cairan di dalam tubuh Anda hanya akan menyebabkan masalah pada ginjal sehingga minum banyak air agar ginjal Anda menjadi sehat.

Berhenti merokok
Merokok dapat memperlambat aliran darah ke ginjal yang mampu mengganggu kesehatan ginjal. Oleh karena itu jika Anda memiliki kebiasaan merokok, segera hentikan agar ginjal Anda berfungsi dengan baik.

Tidak mengonsumsi obat secara sembarangan
Obat-obatan yang Anda konsumsi mampu memperberat kerja ginjal. Sehingga jangan pernah mengonsumsi obat secara sembarangan. Pastikan bahwa Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter saat akan mengonsumsi suatu obat.

Ginjal Anda harus dijaga kesehatannya sama seperti organ tubuh penting lainnya. Lakukan tips di atas agar kesehatan ginjal dan tubuh Anda secara keseluruhan menjadi terjaga.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.