• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

5 Hal yang Membuat Anda Sulit Dapat Kerja

galau adv

IndoForum Beginner A
No. Urut
281582
Sejak
25 Jun 2013
Pesan
1.172
Nilai reaksi
24
Poin
38
oxiVD.jpg
Baru lulus kuliah. Gelar sarjana sudah di tangan. Saatnya untuk mencari pekerjaan. Tapi kok setelah berusaha melamar ke sana ke mari, belum ada satu pun yang mau memberikan pekerjaan? Ladies, sebagai orang yang baru lulus, mencari pekerjaan bisa jadi hal yang cukup menyulitkan dan butuh perjuangan. Kira-kira apa saja sih yang bisa membuat kita sulit dapat pekerjaan? Atau kenapa sih belum ada perusahaan yang mau menerima kita?

  • Tidak Menyesuaikan Surat Lamaran dengan Posisi Pekerjaan yang Ditawarkan
Jika Anda mengirimkan surat lamaran ke berbagai perusahaan, jangan membuat surat lamaran yang seragam. Setiap surat lamaran harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Tak perlu juga mencantumkan semua pengalaman dalam resume Anda, cukup cantumkan pengalaman yang sekiranya mendukung Anda untuk mendapatkan posisi pekerjaan yang ditawarkan.

  • Tidak Mengedit Bahasa dan Ejaan Tulisan Anda
Surat lamaran Anda akan sulit untuk dilirik apabila Anda telah melakukan kesalahan dalam penulisan. Penggunaan bahasa yang tidak tepat atau salah ejaan bisa menjadi bencana untuk Anda. Jadi pastikan Anda selalu mengedit surat lamaran Anda sebelum Anda mengirimkannya.

  • Profil di Dunia Maya Tidak Mendukung
Di zaman internet ini, penting untuk memiliki profil yang baik di dunia maya. Pihak dari perusahaan bisa saja mengecek Anda melalui Google, mencari tahu informasi lebih banyak tentang diri Anda. Setidaknya buatlah profil profesional tentang diri Anda di, misalnya, LinkedIn.

  • Tidak Menggali Informasi Lebih Dalam
Saat pada akhirnya Anda mendapatkan panggilan wawancara, jangan lupa untuk menggali informasi lebih dalam tentang perusahaan tersebut. Setidaknya Anda harus tahu visi dan misi perusahaan tersebut. Jadi ketika wawancara, pewawancara bisa melihat keseriusan Anda untuk bekerja di perusahaan itu.

  • Kurang Proaktif
Cobalah lakukan yang berbeda. Daripada hanya mencari lowongan pekerjaan yang dibuka perusahaan, cobalah untuk bertanya pada perusahaan apakah mereka membuka lowongan pekerjaan. Buat daftar perusahaan yang membuat Anda tertarik lalu kirimkan email ke pihak SDM atau manajer tentang apakah ada lowongan atau posisi yang sesuai dengan latar belakang Anda. Anda juga bisa menggunakan kenalan atau jejaring Anda. Tanyakan pada mereka apakah sekiranya ada perusahaan yang membutuhkan jasa seperti yang Anda miliki saat ini.

Satu lagi hal yang kelihatannya sepele tapi sangat penting, yaitu alamat email Anda. Apabila Anda mengirimkan surat lamaran melalui email, gunakan alamat email yang mudah dibaca atau sebaiknya sesuai dengan nama lengkap Anda. Profesionalisme itu bisa dilihat dari hal-hal sederhana seperti alamat email.

Jika Anda percaya dengan pengalaman, kemampuan, dan keahlian Anda, maka Anda pasti akan mendapat pekerjaan. Tapi jika belum juga mendapatkan pekerjaan, bagaimana jika mencoba untuk menciptakan pekerjaan saja?
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.