• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

6 Cara efektif untuk mencegah sakit punggung

AD5356QU

IndoForum Beginner C
No. Urut
281096
Sejak
27 Mei 2013
Pesan
794
Nilai reaksi
9
Poin
18
ZT3MF.jpg
Dengan bertambahnya usia, salah satu masalah kesehatan yang sering muncul adalah sakit punggung. Penelitian mengungkap bahwa 80 persen orang akan mengalami masalah sakit punggung baik ketika masih muda maupun ketika sudah beranjak tua.

Jika Anda termasuk orang yang mulai merasakan sakit punggung karena usia yang bertambah, coba beberapa tips ini untuk mengatasinya, seperti dilansir olehHealth Me Up(02/09).

1. Jangan membungkuk
Salah satu penyebab sakit punggung adalah postur tubuh yang buruk. Salah satunya adalah posisi tubuh yang membungkuk ketika duduk atau dalam waktu yang lama. Misalkan sala ketika Anda sedang menyikat gigi di wastafel dan membungkuk cukup lama. Ini akan memberikan tekanan pada punggung hingga 50 persen.

Posisi natural dari punggung adalah lurus, jadi coba semaksimal mungkin untuk menjaga postur tubuh seperti itu. Postur tubuh yang baik berarti kepala, pundak, pinggul, dan kaki Anda berada dalam garis lurus. Jadi lakukan postur itu sesering mungkin.

2. Tetap aktif
Bermalas-malasan di atas ranjang memang terlihat lebih menyenangkan daripada berolahraga. Namun jangan lakukan itu, terutama jika punggung sedang sakit. Penelitian mengungkap bahwa gaya hidup yang aktif justru lebih baik dilakukan ketika punggung sedang sakit. Bahkan berjalan-jalan santai selama 20 menit bisa membantu Anda menjaga kesehatan punggung dan membuat sirkulasi darah menjadi semakin lancar.

3. Gunakan penyangga punggung
Jika Anda termasuk orang yang terlalu banyak bekerja di depan komputer, kemungkinan Anda memiliki postur tubuh yang buruk dan sering membungkuk. Untuk mencegah sakit punggung, coba gunakan penyangga punggung. Namun para ahli hanya menyarankan penggunaan alat ini selama 15 - 30 menit sehari agar tubuh tak terlalu bergantung pada alat tersebut.

4. Bantal tambahan
Tidur telentang sangat baik untuk menjaga postur tubuh. Tambahkan juga bantal di bawah lutut untuk meningkatkan sirkulasi pada pundak Anda. Jika Anda suka tidur menyamping, gunakan bantal tambahan di antara paha. Ini akan menjaga darah tetap mengalir dan mencegah punggung sakit ketika tidur.

5. Panaskan
Ketika Anda mulai merasakan sakit punggung, coba gunakan alat penghangat. Letakkan penghangat pada bagian punggung sebelum punggung mulai terasa sakit. Lakukan itu selama 15 sampai 20 menit untuk membuat otot menjadi longgar dan membantu sirkulasi lebih lancar.

6. Meditasi
Meditasi tak hanya membantu membuat pikiran lebih tenang, tetapi juga bisa membantu Anda mengatasi sakit punggung. Duduk tenang, fokus pada pernapasan Anda selama beberapa menit dalam sehari akan membantu Anda merasa tenang dan rileks. Ini juga mencegah persendian dan punggung menjadi kaku.

Itu adalah beberapa cara yang bia Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi sakit punggung. Punggung yang sehat harus dijaga setiap hari dengan melakukan aktivitas yang baik dan selalu menjaga postur tubuh yang benar.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.