• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

8 Penyebab tubuh cepat lelah

kis

IndoForum Junior E
No. Urut
281032
Sejak
23 Mei 2013
Pesan
1.661
Nilai reaksi
36
Poin
48
TDVX0.jpg
Lelah adalah hal yang wajar dialami seseorang setelah melakukan banyak aktivitas sehari-hari. Namun cepat lelah dan rasa lelah yang terasa terus-menerus datang tentu bukan hal yang biasa. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang merasa lelah berkepanjangan. Bisa jadi karena kurang tidur atau bangun terlalu siang.

Selain hal-hal tersebut, rasa lelah yang berkepanjangan juga bisa menjadi gejala penyakit dan masalah kesehatan. Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang bisa membuat tubuh cepat lelah, seperti dilansir oleh Boldsky (31/08).

1. Dehidrasi
Ini adalah salah satu alasan mengapa Anda merasa cepat lelah. Ketika melakukan banyak aktivitas, orang seringkali lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya. Setidaknya kebutuhan cairan tubuh seseorang adalah sebanyak 1,5 persen berat badannya.

2. Kekurangan vitamin B12
Ketika tubuh cepat lelah, bisa jadi tubuh sedang kekurangan vitamin B12. Vitamin B12 diperlukan bagi sel darah merah untuk menjaga fungsi saraf. Kekurangan vitamin ini akan menurunkan suplai oksigen pada tubuh dan membuat Anda cepat lelah.

3. Stres
Stres juga bisa jadi salah satu penyebab kenapa tubuh merasa cepat lelah. Terdapat hormon stres yang memang harus tinggi di siang hari, namun harus menurun di malam hari. Jika di malam hari hormon ini cukup tinggi, maka Anda tak akan bisa beristirahat dengan baik dan membuat Anda merasa cepat lelah.

4. Penyakit jantung
Penyakit jantung juga salah satu penyebab mengejutkan dari tubuh yang cepat lelah. Namun ini bukan berarti setiap kali merasa lelah berarti Anda memiliki penyakit jantung. Sakit jantung bisa membuat Anda kesulitan bernapas dan merasa selalu lelah. Jika Anda merasa tubuh cepat lelah dan diikuti dengan gejala lain yang mirip penyakit jantung, bisa jadi jantung Anda memang bermasalah.

5. Tingkat zat besi
Hal aneh lainnya yang bisa membuat tubuh cepat lelah adalah tingkat zat besi yang rendah. Orang yang kekurangan zat besi biasanya akan merasa cepat lelah dan lesu. Jika ini yang menjadi penyebabnya, salah satu cara terbaik adalah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi. Namun selain kekurangan zat besi, kelebihan zat besi juga bisa membuat orang merasa cepat lelah. Jadi, sebaiknya cek dulu apakah Anda kekurangan atau kelebihan zat besi.

6. Terlalu banyak olahraga
Tak usah ditanyakan lagi, melakukan olahraga secara berlebihan tentu memang bisa membuat tubuh cepat lelah. Tak hanya cepat lelah, terlalu sering berolahraga juga bisa membuat Anda merasa lelah terus-menerus. Karena itu, sebaiknya perhatikan waktu yang seimbang untuk beraktivitas, berolahraga, dan beristirahat.

7. Kurang olahraga
Tak hanya terlalu banyak olahraga yang bisa membuat Anda merasa cepat lelah, tetapi juga jika Anda kurang olahraga. Kurang olahraga, terutama ketika Anda merasa stres akan membuat tubuh lebih cepat lelah dan membuat Anda tak ingin melakukan apapun sepanjang hari.

8. Infeksi saluran kemih
Rasa lelah adalah gejala yang sering tibul ketika Anda mengalami infeksi saluran kemih. Biasanya hal ini terjadi ketika Anda mengonsumsi obat untuk menyembuhkan infeksi ini. Jika infeksi saluran kemih penyebab rasa lelah yang Anda rasakan, yang harus dilakukan adalah istirahat dan mengonsumsi banyak air.

Itulah beberapa masalah kesehatan yang bisa membuat tubuh cepat lelah. Apakah saat ini Anda tengah merasa tubuh cepat lelah? Jika iya, coba cek salah satu masalah kesehatan di atas. Bisa jadi salah satu masalah tersebut adalah penyebabnya.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.