• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Diserang bun upas, lahan pertanian di Dieng jadi salju

facebookeb

IndoForum Senior A
No. Urut
210735
Sejak
9 Jan 2013
Pesan
7.471
Nilai reaksi
96
Poin
48
1VFXI.jpg
Fenomena Bun Upas atau Frost kembali terjadi di areal pertanian wilayah Dieng Banjarnegara Jawa Tengah. Akibatnya puluhan hektare tanaman kentang yang menjadi mayoritas andalan warga Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur Banjarnegara Jawa Tengah tidak bisa panen.

"Bulan Agustus ini memang waktunya bun upas terjadi. Memang sudah banyak yang tahu kalau bulan ini ada bun upas, tetapi petani tetap nekat. Jadinya ya merugi," ujar seorang petani kentang, Hartono (56), Sabtu (30/8).

Ia mengemukakan, fenomena bun upas sering terjadi beberapa tahun belakang. Meski sudah berusaha ditanggulangi, namun petani tidak bisa mengatasi persoalan bun upas. Tak hanya petani, warga sekitar, Udin (40) juga mengakui saat ini di Dieng cuacanya kering, namun di malam hari hingga pagi bisa mencapai nol derajat celcius.

"Ya memang saat ini kalau setiap musim kemarau selalu ada bun upas. Biasanya terjadi saat malam hari hingga pagi hari. Sehingga petani memilih ke lahan saat matahari meninggi," ujarnya.

Dari pantauan Merdeka.com, udara dingin terasa menusuk saat berada di sekitar areal Kompleks Candi Arjuna yang dikelilingi perkebunan warga. Banyak tanaman produktif yang ditanami petani kekeringan hingga membusuk karena adanya fenomena bun upas.

Bun Upas biasanya muncul pada suhu udara dini hari di bawah nol derajat celcius. Biasanya, bun upas muncul di pagi hari menyerupai butiran es. Sehingga pada lahan pertanian di Dieng terlihat seperti hamparan salju.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.