• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

6 perpustakaan terbesar di dunia

wirapedia

IndoForum Beginner D
No. Urut
282669
Sejak
25 Feb 2014
Pesan
604
Nilai reaksi
11
Poin
18
Bagi mereka yang gemar membaca, perpustakaan menjadi salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi, selain toko buku. Di tempat ini, kita bisa menemukan berbagai jenis buku yang dapat digunakan sebagai referensi untuk mengerjakan tugas akhir perkuliahan atau untuk sekadar menambah wawasan. Nah, berikut adalah enam perpustakaan terbesar di dunia yang patut untuk Anda kunjungi, menurut data yang dirilis oleh Wikipedia. Mari kita simak bersama!

1.British Library, Inggris, London
YKSck.jpg
British Library menduduki urutan pertama dalam daftar perpustakaan terbesar di dunia. Ini adalah salah satu perpustakaan riset terkemuka di dunia yang memiliki sekitar 170 juta item dari berbagai negara dengan beragam bahasa dan format, baik itu dalam bentuk cetak maupun digital.

Tak tanggung-tanggung, koleksi perpustakaan nasional Inggris ini mencakup sekitar 14 juta buku, serta manuskrip dan benda-benda bersejarah yang berasal dari tahun 2000 SM. Koleksi perpustakaan yang berlokasi di London, Inggris, ini berupa buku, manuskrip, peta, surat kabar, paten dan rekaman suara.

2.Library of Congress, Amerika Serikat, Washington, D.C.
AptnF.jpg
Library of Congress secara de facto merupakan perpustakaan nasional Amerika Serikat, namun perpustakaan riset ini juga secara resmi melayani Kongres Amerika Serikat. Jumlah total item yang dikoleksi oleh perpustakaan ini mencapai 158.007.115.

Berlokasi di Washington, D.C, Amerika Serikat, Library of Congress kini dikepalai oleh James H. Billington dan memiliki 3224 staf. Budget yang dikeluarkan untuk biaya pengelolaan perpustakaan mencapai USD 598.402.000 atau sekitar Rp 6,8 T.

3.New York Public Library, Amerika Serikat, New York
viL8o.jpg
Dibangun pada tahun 1895, perpustakaan megah ini berada di New York City, New York, Amerika Serikat. New York Public Library memiliki sekitar 53,1 juta item yang menjadikannya perpustakaan umum terbesar kedua di Amerika Serikat dan juga terbesar ketiga di dunia.

Dikepalai oleh Ann Thornton, President and CEO New York Public Library saat ini adalah Anthony Marx. Perpustakaan ini mempekerjakan 3.147 staf. Sejarawan David McCullough menyebut New York Public Library sebagai salah satu dari lima perpustakaan terpenting di Amerika Serikat, termasuk Library of Congress, Boston Public Library, dan Perpustakaan Universitas Harvard dan Yale.

4.Russian State Library, Rusia, Moskow
YpI5D.jpg
Russian State Library merupakan perpustakaan nasional Rusia dan perpustakaan terbesar keempat di dunia. Berlokasi di Moskow, perpustakaan yang didirikan pada 1862 ini memiliki sekitar 44,4 juta item. Sejak tahun 1925, perpustakaan ini dinamakan V. I. Lenin State Library dan pada tahun 1992, nama perpustakaan tersebut diubah menjadi Russian State Library.

Perpustakaan ini mempekerjakan 1972 staf dan dikunjungi sekitar 1,17 juta orang setiap tahun. Pengunjung yang berusia di atas 18 tahun, baik itu warga Rusia atau bukan, diperbolehkan menggunakan 34 ruang baca di perpustakaan tersebut. Jumlah pengunjung Russian State Library mencapai sekitar 4000 orang setiap hari.

5.National Library of Russia, Rusia, Saint Petersburg
ZvP3R.jpg
National Library of Russia adalah perpustakaan umum tertua di Rusia yang didirikan oleh Catherine the Great pada tahun 1795. Berlokasi di Saint Petersburg, Rusia, perpustakaan ini mengoleksi sekitar 36,5 juta item dan mempekerjakan 1850 staf.

Perpustakaan nasional pertama di Rusia ini awalnya dikenal sebagai Imperial Public Library dari tahun 1795 sampai 1917. Kemudian berganti nama lagi menjadi State Public Library dari tahun 1925 sampai 1992. Koleksi National Library of Russia sebagian besar berupa buku, jurnal, koran, majalah, publikasi resmi, rekaman suara dan musik, basis data, peta, prangko, cetakan, gambar, naskah dan media.

6.National Diet Library, Jepang, Tokyo, Kyoto
7nQu0.jpg
Dibangun pada tahun 1948, National Diet Library adalah satu-satunya perpustakaan nasional di Jepang. Tujuan didirikannya perpustakaan ini adalah untuk membantu anggota parlemen Jepang dalam meneliti masalah-masalah kebijakan publik.

National Diet Library memiliki dua perpustakaan utama di Tokyo dan Kyoto, dan beberapa cabang perpustakaan lainnya di seluruh Jepang. Koleksi perpustakaan ini mencapai 35,6 juta item dan mempekerjakan 908 staf.

Inilah enam perpustakaan terbesar di dunia yang memiliki koleksi hingga puluhan juta item. Tertarik untuk berkunjung dan melihat koleksi mereka?
 
busyet banyak banget koleksinya
 
Ada perpusakaan umum gede kayak gini gak sih di Jakarta? Wa lom pernah lihat ada perpustakaan umum di Indo deh rasanya.. :-j
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.