• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Daftar Makanan Penting Pencegah Kolesterol

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
VTP7G.jpg
Kolesterol merupakan suatu kata penting yang telah ada di dalam pikiran bawah sadar kita untuk kita anggap sebagai musuh atau setidaknya sesuatu yang harus kita waspadai.

Kolesterol sebenarnya adalah senyawa kimia yang terdiri atas kombinasi lipid atau lemak, dan steroid. Ada high density lipoprotein (HDL), ada low density lipoprotein (LDL).

HDL sesungguhnya adalah jenis kolesterol yang justru bermanfaat bagi tubuh karena bekerja membersihkan dan melancarkan aliran darah.

Yang harus tetap kita pertahankan anggapan bawah sadar kita sebagai musuh dan harus kita perangi adalah LDL, kolesterol jahat yang dapat memicu penyumbatan dan memblokir aliran darah menuju otak.

Kadar LDL tinggi jelas menjadi momok. Timbunan kolesterol jahat meningkatkan risiko gangguan kesehatan jantung dan rentan memicu stroke.

Selain berolah raga, menjaga gaya hidup sehat serta melakukan tes darah secara berkala, melawan kolesterol jahat bisa di lakukan dengnan mengkonsumsi makanan yang tepat.

Berikut ini sejumlah makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

1. Ikan
so3G5.jpg
Ikan SalmonKonsumsi ikan setiap hari berdampak baik pada jantung, sendi dan daya ingat. Para ahli mengatakan kandungan Omega 4 pada ikan bekerja ampuh untuk itu. Selain mencegah berbagai macam penyakit, ikan juga menurunkan tingkat depresi.

Ikan juga mengandung omega 3 yang membantu menurunkan kadar kolesterol, menjaga pembuluh darah, serta mengurangi risiko terjadinya penggumpalan darah. Salmon, sarden dan tuna kaya asam lemak omega 3, ikan bisa menjadi pilihan terbaik pengganti daging sapi atau ayam dalam menu harian.

Jika Anda seorang vegetarian, maka memasukkan biji rami, dan kenari yang kaya akan Omega 3 dalam menu harian anda . Makanan super ini tinggi akan lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kolesterol.

2. Kedelai
kM6vF.jpg
Kedelai TahuSebuah penelitian medis menunjukkan bahwa memasukkan kedelai ke dalam menu diet harian, sangat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat . Anda dapat memilih kedelai utuh atau olahan seperti tempe, tahu, tofu, susu, atau yang lainnya.

3. Teh hijau
0fXxw.jpg
Teh HijauKekuatan antioksidan pada teh hijau ataupun teh hitam terbukti mampu mencegah berbagai penyakit. Termasuk menurunkan kolesterol. Penelitian di Jepang baru-baru ini menemukan bahwa pria yang meminum teh hijau secara teratur memiliki kolesterol yang lebih rendah daripada mereka yang tidak mengkonsumsinya sama sekali.

4. Cokelat Hitam
k2wgF.jpg
Cokelat HitamCokelat Hitam dengan kandungan kakao tinggi diatas 60 persen juga ampuh menurunkan kolesterol. Semakin tinggi kadar kakao, semakin efektif kerjanya. Untuk lebih mudah mengidentifikasi kemurnian cokelat, Anda dapat melihat dari warnanya. Semakin gelap cokelat artinya kandungan lemak dan gulanya semakin rendah.

5. Avokad
PI6hp.jpg
AlpukatSeperti minyak zaitun, avokad kaya lemak tak jenuh yang berperan menurunkan kolesterol jahat. Lemak tak jenuh tunggal, yang ditemukan dalam buah hijau lembut ini, juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Konsumsi buah mengandung vitamin E, vitamin B, dan asam folat, ini tentu harus dibarengi dengan komitmen menyingkirkan konsumsi lemak tak sehat.

6. Plum
pozul.jpg
PlumSelain merupakan sumber karbohidrat yang baik, plum mengandung serat serta zat fitokimia yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Potasium yang terkandung di dalamnya juga membantu menjaga kestabilan gula darah.

7. Kacang
1xpU0.jpg
Kacang AlmondPenelitian Louisiana State University, menunjukkan, kacang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu penurunan kolesterol jahat dalam darah. Dari semua jenis kacang, pilihan terbaik untuk meredam kadar kolesterol jahat adalah Kacang Almond

8. Semangka
4tC7o.jpg
SemangkaMenurut rekomendasi WHO, semangka bukan hanya sekedar buah segar pensuplai cairan tubuh tapi juga sebagai sumber vitamin C dan vitamin A yang baik, serta mengandung zat antioksidan juga likopen. Berperan menetralisasi radikal bebas, dan mengoksidasi kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah

9. Tomat
jxg3H.jpg
TomatPara ilmuwan mengatakan, tomat masak memiliki khasiat yang sama dengan statin, obat kimia yang lazim digunakan untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Mengasup dua ons pasta tomat atau setengah liter jus tomat sehari berfungsi sebagai pengontrol kolesterol pasien.

10. Gandum
ndk60.jpg
GandumKandungan betaglucan dan serat yang sangat tinggi pada gandum terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Oatmeal yang merupakan jenis gandum berserat tinggi bisa menjadi pilihan.

11. Apel
oqsS8.jpg
ApelSatu buah apel berukuran sedang mengandung sekitar 4 gram serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, atau sekitar 17 persen dari asupan yang direkomendasikan untuk menu harian. Dengan demikian mengkonsumsi sebuah apel sehari dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.

12. Sayuran hijau
lQVbx.jpg
Sayuran HijauSayur-sayuran hijau mengandung vitamin B kompleks dan niasin yang mencegah pembekuan arteri. Yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah : sayur bayam, seledri, kapri, brokoli, sawi hijau, paprika.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.