• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Tips mengendarai mobil manual

nozfra

IndoForum Newbie F
No. Urut
2726
Sejak
29 Jun 2006
Pesan
1
Nilai reaksi
0
Poin
1
Halo all, saya bikin thread ini tujuannya buat siapa aja yang udah mahir mengendarai mobil manual supaya bisa memberikan cara2 bagaimana mengendalikan kopling-gas-rem dalam berbelok ataupun dalam keadaan berjalan, karena saya lihat saat ini kebanyakan orang2 hanya bisa mengendarai mobil automatic, jadi saya berharap banyak orang yang bisa mengendarai mobil manual, memberikan tips mengendalikan kopling-gas-rem terhadap orang2 yang belum mahir, seperti saya:) , terima kasih
 
setau gw kalo manual musti injek kompling kalo mau masuk gigi 1 trus lepas kopling pelan" sambil injek gas... am i right????

ga tau lagi de... blm cukup umur sih buat nyetir mobil.. tapi pernah belajar.. /heh /heh
 
Maen feeling aja, kalo bisa iseng naek angkot, duduk didepan ajakin sopirnya ngobrol sambilan lu liatin cara dia nyetir, biasanya skill nyetir sopir angkot bagus2x
 
@peseknet:
hahaa... barusan gw mau kasih tips itu... iya, betul sekali angkot mikrolet tuh, paling seru kalo di jalan... ngebut2 mepet2 tapi gak nabrak....
 
Tips paling bagus = Belajar di sekolah kemudi

wakakakak, susah kali kasi tips dari kata2, gak langsung lageh

singkong + ragi = tape deeeee

kalo ketemu lsg lebih gampang /gg
 
iya sih kalo di skul kemudi pasti bisa... huehuehueuhe..... tapi bayarnya lumayan mahal... kek di pt.persemija itu harganya sekitar 600 rb buat 10 jam.. tapi kalo 5 jam 400 rb....

ya paling enak sih diajarin dulu ma bokap/supir ato siapa aj d... abis itu kalo dah mayan bisa masuk skul setir mobil... biar ga rugi... heuhuehuehue..
 
yup, yang bagus emang di ajarin dulu sama bokap/supir

kalo gw sih di ajarin sama bokap, kebetulan bokap gw itu tipe yang berani, jadi baru bentaran belajar di deket2 rumah, langsung di suruh bawa ke jalan raya

yang penting n yang paling penting ><
bawa mobil itu harus bisa parkir
 
wa nyumbang atu aja deh...
kalau pada waktu berbelok,perhatikan rpmnya.jgn terlau rendah,apalagi dalam keadaan kencang.biasanya mobil ga akan maksimal dlm menikung.dan injak rem secukupnya sebelum nikung,begitu masuk tikungan lepas rem dan injak lagi pedal gas secara bertahap.(posisi gigi disesuaikan)
mudah2an bermanfaat...maap kalau salah,tapi ini selalu wa terapkan pd waktu nyetir.
 
gw paling bingung ama supir2 yg keadaanna sedang kejepit
cth:samping mobil ada got gmn tu?
 
@ragnamons:
jelas dunk menjauh dari got saat tikungan, liatin spion mobil, apa ban belakang kejeblos atau gak pas belok. enaknya sih, ambil agak jauh nikungnya kalo ada got...
 
wa nyumbang atu aja deh...
kalau pada waktu berbelok,perhatikan rpmnya.jgn terlau rendah,apalagi dalam keadaan kencang.biasanya mobil ga akan maksimal dlm menikung.dan injak rem secukupnya sebelum nikung,begitu masuk tikungan lepas rem dan injak lagi pedal gas secara bertahap.(posisi gigi disesuaikan)
mudah2an bermanfaat...maap kalau salah,tapi ini selalu wa terapkan pd waktu nyetir.

ini bener kok, jadi injak gas biar mobilnya gak terlalu miring pas lewatin tikungan

hmm, ati2 juga loh supir juga gak semua nyupirinnya bagus gw liadin rata2 supir2 or supir temen gw nyetir nya jelek misalnya gigi 3 masih di 20km/jam katanya sih kalo gitu mesin mobil bisa rusak (down)
 
gw baru bisa nyetir seh, paling deg2an kl tikungan geto kan emang hrs agak rem, tp yg tmbh nyebelin itu knp angkot2 suka ngetem di pas tikungan dan dr arah sebaliknya jg ada mobil mau belok ke arah gw itu capee dehhhh...waktu itu nyaris gw tabrak tuh angkot hahahha...iye,kt bapak yg di ulisa jg bilang kl supir2 pribadi paling sering jalan pelan masuk gigi 3 itu bikin mesin cepat rusak ya...
 
ini bener kok, jadi injak gas biar mobilnya gak terlalu miring pas lewatin tikungan

hmm, ati2 juga loh supir juga gak semua nyupirinnya bagus gw liadin rata2 supir2 or supir temen gw nyetir nya jelek misalnya gigi 3 masih di 20km/jam katanya sih kalo gitu mesin mobil bisa rusak (down)

betul tu,,

sopir bokap gw dulu buat angkatan aja gigi 2, padahal boilnya cuma atoz,,
di kampung yang banyak polisi tidurnya aja pake gigi 2 terus,,
selalu bunyi ngelitik deh pokoknya
 
betul tu,,

sopir bokap gw dulu buat angkatan aja gigi 2, padahal boilnya cuma atoz,,
di kampung yang banyak polisi tidurnya aja pake gigi 2 terus,,
selalu bunyi ngelitik deh pokoknya

pakein pertamax dong, masa premium (mengurangi ngelitik)
Kl masih ngelitik itu berarti kebiasaan mengemudi aja, kopling jangan lepas langsung dong, pelan aja sambil gas dikit. Semakin kecil cc mobil apalagi pake ac, butuh dorongan gas lebih dalam :D.. ini mah masalah kebiasaan.. ga ada yg special.
 
yup, yang bagus emang di ajarin dulu sama bokap/supir

kalo gw sih di ajarin sama bokap, kebetulan bokap gw itu tipe yang berani, jadi baru bentaran belajar di deket2 rumah, langsung di suruh bawa ke jalan raya

yang penting n yang paling penting ><
bawa mobil itu harus bisa parkir
betul bos... selain itu juga mobil manual, harus bisa main 1/2 kopling pas tanjakan dan pas macet, biar mesin mobil ga mati atau malah nabrak yang dibelakang/depan /omg
 
klo gua pake dikit perasaan
yg pasti buat penumpang nyaman aja.
paling susah klo pas tanjakan macet.
usahakan putaran mesin jangan terlalu tinggi terlalu lama, boros BBM.
 
wew..

klo mobil manual, kenyamanan setirnya masi diragukan..

kalo org bkn btul2 ahli nyetir, pasti njut2an..
 
^
wew..
jgn gto donk mas..
hahahhaha.. jd malu../gg/gg
kalo matic, nyaman bawanya..
kalo manual, kenceng larinya..
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.